Mengintip Skuat Belanda di Piala Eropa 2020, Tak Ada Virgil van Dijk!

Timnas Belanda bakal jadi tuan rumah babak penyisihan Grup C

Jakarta, IDN Times - Timnas Belanda resmi mengumumkan skuat untuk Piala Eropa 2020. Menariknya, pelatih Frank de Boer tak memasukan nama bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk, dalam 26 pemain pilihannya.

Sejauh ini Virgil masih belum pulih dari cedera yang menghantamnya musim ini. Ia bahkan harus absen hingga akhir musim bersama Liverpool. Walhasil, masih harus fokus melakukan pemulihan cedera ketimbang tampil di hajat sepak bola antarnegara Eropa itu.

Sebagai gantinya, Frank de Boer memanggil bek Manchester City, Nathan Ake. Keputusan ini sempat membuat publik mengkritisi keputusannya. Maklum, Ake jarang mendapatkan menit bermain di City, karena hanya bisa tampil delapan kali saja musim ini.

Tak hanya itu, ia juga masih dihantui cedera hamstring yang membekapnya musim ini. Sehingga, kondisi semakin diragukan untuk bisa membela Timnas Belanda.

Baca Juga: Ini Kabar Teranyar Kondisi Cedera Virgil van Dijk

1. Ryan Gravenberch jadi salah satu pemain muda yang dipercaya Frank de Boer

Mengintip Skuat Belanda di Piala Eropa 2020, Tak Ada Virgil van Dijk!twitter.com/ChampionsLeague

Selain itu, ada nama bek Juventus Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij (Inter Milan), Daley Blind (Ajax Amsterdam) , dan Denzel Dumfries (PSV Eindhoven). Mereka bakal melengkapi barisan belakang Timnas Belanda di Piala Eropa edisi ke-60 ini bersama Joel Veltman (Brighton), Patrick van Aanholt (Crystal Palace), Jurriën Timber (Ajax), dan Owen Wijndal (AZ).

Frank de Boer juga secara mengejutkan memanggil gelandang Manchester United, Donny van de Beek. Padahal, sang pemain jarang mendapatkan kesempatan bermain sejak pindah ke Old Trafford. Ia kalah bersaing dari pemain MU lainnya.

Ada satu gelandang muda potensial berusia 19 tahun yang dibawa Frank de Boer, yakni Ryan Gravenberch. Pemain Ajax Amsterdam itu, bermain sangat baik musim ini di Eredivisie, bahkan ia menjadi tulang punggung di lini tengah De Klassieker.

Pada 2018 silam, Ryan mendapatkan gelar Abdelhak Nouri Trofee, yakni penghargaan bagi pemain muda dengan talenta terkuat di Akademi Ajax. Hal itu membuatnya promosi dan mendapatkan kontrak profesional perdana sepanjang karier sepak bolanya.

2. Bakal jadi tuan rumah Grup C Piala Eropa 2020

Mengintip Skuat Belanda di Piala Eropa 2020, Tak Ada Virgil van Dijk!Instagram.com/oranjejogja

Memasuki Eredivisie 2018, Ryan tampil perdana untuk Ajax saat bentrok dengan bebuyutannya PSV Eindhoven. Walau saat itu kalah, ia berhasil memecahkan rekor klub sebagai pemain termuda yang tampil di ajang resmi, yakni saat berusia 16 tahun 130 hari. Ia menghentikan rekor Clarence Seedorf pada 1992 silam (16 tahun 242 hari).

Sementara, Lini depan Belanda akan mengandalkan Memphis Depay (Monaco) dan Luuk de Jong (Barcelona). Keduanya bakal diuji kemampuannya oleh negara-negara pesaing di Grup C Piala Eropa 2020.

Timnas Belanda memang tak berada di grup yang terlalu berat saat mentas di ajang ini. Mereka bersaing dengan Ukrainan, Austria, dan Makedonia Utara untuk memperebutkan tiket ke fase gugur. Seluruh laga itu nantinya bakal digelar di Belanda, tepatnya di Johan Cruyff Arena. 

3. Daftar lengkap pemain Timnas Belanda

Daftar pemain Timnas Belanda di Euro 2021

Kiper
Jasper Cillessen (Valencia), Maarten Stekelenburg (Ajax Amsterdam), Tim Krul (Norwich City),

Bek
Matthijs de Ligt (Juventus), Daley Blind (Ajax Amsterdam), Stefan de Vrij (Inter Milan), Nathan Aké (Manchester City), Denzel Dumfries (PSV), Jurriën Timber (Ajax Amsterdam), Patrick van Aanholt (Crystal Palace), Joël Veltman (Brighton), Owen Wijndal (AZ Alkmaar).

Gelandang
Donny van de Beek (Manchester United), Georginio Wijnaldum (Liverpool), Frenkie de Jong (Barcelona), Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam), Davy Klaassen (Ajax Amsterdam), Marten de Roon (Atalanta), Teun Koopmeiners (AZ Alkmaar).

Penyerang
Memphis Depay (Lyon), Luuk de Jong (Sevilla), Wout Weghorst (Wolfsburg), Quincy Promes (Spartak Moskva), Steven Berghuis (Feyenoord),Donyell Malen (PSV Eindhoven), Cody Gakpo (PSV Eindhoven).

Baca Juga: 7 Pemain Timnas Indonesia yang Dinaturalisasi dari Belanda, Siapa?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya