Comscore Tracker

Meski Menang  8-0, Indra Sjafri Masih Beri Catatan untuk Timnas U-22

Timnas bermain terburu-buru pada babak pertama

Jakarta, IDN Times - Rasa syukur dipanjatkan pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri usai timnya membantai Brunei Darussalam tanpa ampun 8-0 dalam laga lanjutan Grup B babak penyisihan SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12).

"Alhamdulillah seperti target yang dicanangkan menang lawan Brunei Darussalam dengan banyak gol tecapai. Hasil ini tentu berkata kerja keras pemain," kata Indra dalam sesi konferensi pers usai laga.

Namun demikian, pelatih berdarah Minang tersebut masih memberikan catatan. Menurut dia, para penggawa Timnas U-22 sebetulnya bisa mencetak lebih banyak gol lagi dalam duel tadi lantaran banyak kesempatan yang tercipta dibuang sia-sia. Hanya saja, tetap rasa syukur ia panjatkan dengan hasil maksimal tersebut.

1. Angin sempat membuat Timnas U-22 kesulitan pada babak pertama

Meski Menang  8-0, Indra Sjafri Masih Beri Catatan untuk Timnas U-22Timnas U-22 berhasil mengalahkan Brunei 8-0 pada pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras

Skuat Garuda Muda sedikit kesulitan saat memulai permainan. Zulfiandi dan kolega tampil terburu-buru usai unggul satu gol, beruntung di pengujung babak pertama Timnas U-22 bisa menambah pundi-pundi golnya dan menutup laga dengan keunggulan tiga gol.

Sehingga, para pemain bisa tampil lebih tenang usai turun minum.

Tak hanya itu, Indra juga merasakan bahwa angin memberikan kesulitan tersendiri bagi Timnas U-22. Hal itu membuat pemainnya sedikit kesulitan mengendalikan permainan. Walhasil, para pemainnya mencoba dengan umpan-umpan langsung panjang yang ternyata membuat Timnas U-22 tampil tak efektif.

"Kami sudah ungkapkan masalah angin jadi perhatian, ternyata angin jadi masalah, kami banyak kesalahan, bola datang lalu kami passing, tapi jadi ngawur. Tapi walau demikian kami syukuri, dengan cuaca seperti ini kami menang delapan gol," ujar eks pelatih Bali United tersebut.

Baca Juga: Bantai Brunei 8-0, Indonesia Geser Thailand di Grup B SEA Games 2019!

2. Babak kedua, Indra Sjafri melakukan perubahan untuk timnya

Meski Menang  8-0, Indra Sjafri Masih Beri Catatan untuk Timnas U-22ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Beruntung pada babak kedua Indra jeli melakukan beberapa perubahan. Ia sengaja menarik Asnawi naik di atas garis tengah dan menggunakan tiga bek saat menyerang, yakni Bagas Adi, Andy Setyo, dan Nurhidayat.

Sementara Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri bergantian mengisi penyerang sayap untuk membombardir pertahanan Brunei Darussalam.

Tak sia-sia delapan gol tercipta dalam laga tersebut. Masing-masing gol diperoleh lewat hattrick OSvaldo Haay (11', 46', dan 72'), Egy Maulana Vikri (40', 81'), Saddil Ramdani (49'), Witan Sulaeman (68'), dan Andy Setyo (77'). Sebaliknya, Brunei Darussalam tak bisa berbuat apa-apa hingga jadi bulan-bulanan Timnas U-22.

3. Timnas U-22 tinggal hadapi Laos

Meski Menang  8-0, Indra Sjafri Masih Beri Catatan untuk Timnas U-22Penyerang Timnas U-22, Egy Maulana Fikri diadang pemain Vietnam dalam laga ketiga Grup B SEA Games, Minggu (1/12). Dok PSSI

Hasil ini membuat Timnas U-22 berhasil merebut kembali posisi kedua Grup B dengan poin enam dan surplus gol 11. Mereka unggul selisih gol satu atas Thailand yang menang 2-0 atas Laos sebelum Timnas U-22 Tampil. Sedangkan, Vietnam semakin digdaya di puncak klasemen dengan torehan empat kemenangan dan meraih 12 poin.

Selanjutnya, Timnas U-22 bakal melangsungkan laga penentuan menghadapi Laos di Stadion Binan pada Kamis (5/12). Mereka wajib meraih kemenangan untuk memuluskan jalan menuju fase semifinal SEA Games 2019 tanpa menunggu hasil laga lain antara Vietnam yang berhadapan dengan Thailand pada waktu yang sama.

Baca Juga: Timnas U-22 vs Brunei SEA Games 2019: Garuda Muda Wajib Pesta Gol!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya