Palestina: Indonesia Bukan Hanya Teman, tapi Saudara!

Indonesia sumbangkan hasil penjualan tiket untuk Palestina

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola Palestina (PFA) semringah tim nasionalnya mendapat sambuta hangat di tanah air. Mereka menilai, Indonesia sudah bukan lagi dianggap sebagai teman, lebih dari itu yakni saudara.

Sebagaimana diketahui, Timnas Palestina dijadwalkan bakal bentrok dengan Timnas Indonesia dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo pada Rabu, 14 Juni 2023. Belum bertanding, mereka sudah merasakan sambutan hangat baik dari PSSI dan masyarakat Indonesia sejak pertama kali datang.

“Indonesia bukan hanya teman, tetapi saudara. Dan kami senang datang ke sini [Indonesia],” kata asisten Wakil Presiden PFA, Susan Shalabi, dikutip ANTARA.

1. PFA berterima kasih atas sambutan yang diberikan Indonesia

Palestina: Indonesia Bukan Hanya Teman, tapi Saudara!the-afc.com

Susan juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Terlebih, dukungan dan kecintaan mereka terhadap negaranya tak pernah surut.

“Terima kasih banyak. Saya begitu mengapresiasi apa yang sudah dilakukan masyarakat Indonesia saat mendukung palestina, termasuk kepada Presiden dan Wakil Presiden RI, termasuk juga asosiasi sepak bolanya [PSSI],” ujar Susan.

“Saya begitu respek dengan masyarakat Indonesia. Kami tak akan melupakan itu [Indonesia melepas kesempatan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20]. Waktu itu kami juga ikut sedih karena mereka tak jadi mendapatkan kesempatan itu,” lanjut dia.

2. Palestina tak mementingkan hasil pertandingan

Palestina: Indonesia Bukan Hanya Teman, tapi Saudara!Sejumlah pesepak bola Timnas Palestina melakukan pemanasan saat latihan perdana di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (11/6/2023). Latihan tersebut dalam rangka persiapan jelang FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia pada Rabu (14/6/2023). (ANTARA/Moch Asim)

Di sisi lain, Timnas Palestina juga terus melakukan persiapan sebaik mungkin jelang duel melawan Timnas Indonesia. Latihan terus dilakukan Mohammed Rashid dan kolega di Surabaya. 

Namun demikian, bagi Palestina hasil duel melawan Timnas Indonesia tak mengejar target berlebih. Baginya, kalah dan menang bukan jadi tujuan utama. Lebih dari itu, mereka menikmati pertandingan di atas lapangan saja melawan negara yang sudah mereka anggap saudara.

“Saya tak mencari siapa yang menang atau kalah, kami bersaudara,” beber Susan saat mendampingi latihan Timnas Palestina di Surabaya.

3. Indonesia akan sumbangkan sebagian penjualan tiket untuk Palestina

Palestina: Indonesia Bukan Hanya Teman, tapi Saudara!Logo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan pihaknya bakal menyumbangkan 10 persen hasil penjualan tiket Indonesia lawan Palestina ke masyarakat Palestina. Hal itu jadi sebentuk dukungan dari tanah air untuk perjuangan masyarakat Palestina.

"Saya, Pak Wali Kota Surabaya, dan para Exco PSSI memutuskan sekitar 10 persen hasil penjualan tiket Indonesia lawan Palestina, akan kami sumbangkan untuk perjuangan rakyat Palestina yang hari ini memang masih berjuang," kata Erick dalam sesi jumpa pers di Surabaya pada Selasa, 6 Juni 2023. 

Erick menyatakan FIFA Matchday antara Indonesia dan Palestina nanti bukan sebatas pertandingan semata. Laga ini menjadi salah satu bentuk nyata sikap Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya