Pecundangi Home United, Ivan Kolev Puji Skuat Macan Kemayoran

Marko Simic persembahkan gol untuk Rizki Darmawan

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta selangkah lebih dekat menuju babak utama Liga Champions Asia 2019. Sebab, skuat Macan Kemayoran berhasil menaklukan tuan rumah Home United dengan skor 1-3 pada babak kualifikasi pertama yang dihelat di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2).

Trigol yang mengantarkan Persija melangkah ke fase selanjutnya diciptakan oleh gol bunuh diri pemain tuan rumah, Wai Loon menit ke-9. Sedangkan, dua gol lainnya dilesakkan masing-masing, oleh pemain pinjaman dari Madura United, Alberto 'Beto' Goncalves (54') lewat kepalanya dan Marko Simic enam menit sebelum laga usai.

Sementara, kubu tuan rumah hanya bisa memperkecil skor lewat pemain andalannya, Song Ui-young pada menit ke-43.

1. Baru sebentar tangani tim, Ivan Kolev puji permainan Persija

Pecundangi Home United, Ivan Kolev Puji Skuat Macan Kemayoranpersija.id

Pelatih Persija, Ivan Kolev, tak segan memuji penampilan anak asuhnya yang tampil gemilang dalam laga tadi melebihi ekspektasinya. Padahal, dirinya merasa baru beberapa pekan saja menangani klub asal Ibu Kota tersebut.

“Saya hanya bersama tim selama tiga minggu saja. Namun, saya menemukan bagaimana tim ini sudah mempunyai cara bermain yang luar biasa. Tentunya kami berterima kasih kepada pemain yang tetap kompak di dalam dan di luar pertandingan,” ujar eks pelatih PS TIRA itu dalam sesi konferensi pers.

2. Persija tak terpengaruh statistik pertemuan sebelumnya

Pecundangi Home United, Ivan Kolev Puji Skuat Macan KemayoranLiga-Indonesia.id

Ia pun cukup senang timnya bisa tampil tanpa beban saat duel dengan Home United. Maklum, Persija punya trauma tersendiri usai musim lalu harus dipecundangi klub elite Singapura tersebut. “Sekali lagi tim bermain luar biasa. Kekalahan musim lalu seperti tidak membuat mereka terpengaruh,” kata pelatih berusia 61 tahun tersebut.

3. Simic: Kemenangan ini lebih kepada bagaimana saya memotivasi diri sendiri

Pecundangi Home United, Ivan Kolev Puji Skuat Macan KemayoranANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pemain yang menutup kemenangan Persija, Marko Simic, enggan menyebut kalau timnya tampil gemilang karena semata untuk membalas kekalahan musim lalu. Menurut pemain asal Kroasia itu, dirinya tak memikirkan hal tersebut yang terpenting adalah memenangkan laga demi meraih tiket ke fase selanjutnya.

"Kemenangan ini lebih kepada bagaimana saya memotivasi diri sendiri dalam pertandingan ini. Ketika mencetak gol rasanya luar biasa dan itu berkat kerja keras semua. Kerja keras tim, bebernya.

4. Simic persembahkan golnya untuk Rizki Darmawan

Pecundangi Home United, Ivan Kolev Puji Skuat Macan KemayoranTwitter/@Persija_Jkt

Ia pun menyebut, gol yang dicetaknya dipersembahkan untuk Rizki Darmawan yang sedang merayakan ulang tahun. "Gol ini buat Rizki, agar bisa kembali tersenyum," bebernya, karena musim lalu Rizki sempat menjadi kambing hitam atas kekalahan Persija di Piala AFC 2018 karena gawangnya harus bobol sebanyak enam kali.

Tak lupa, Simic pun mendoakan mantan rekannya tersebut mendapatkan klub baru untuk bisa tetap tampil di Liga 1. Terlebih, Simic menilai, Rizki memiliki kemampuan dan potensi yang cukup bagus sebagai penjaga gawang yang usianya masih cukup muda.

5. Persija membayar lunas kekalahan di AFC Cup edisi sebelumnya

Pecundangi Home United, Ivan Kolev Puji Skuat Macan Kemayoranthefootballsack.com.au

Hasil ini membuat Persija membayar lunas kekalahan yang diraih dari klub yang sama di ajang AFC Cup 2018. Sebagaimana diketahui, Simic dan kolega harus menelan pil pahit kala gugur di fase semifinal ASEAN, sebab mereka harus menelan kekalahan sebanyak dua kali, yakni 3-2 (tandang) dan 1-3 (kandang).

Hasil ini juga membuat Persija naik setingkat menuju babak utama. Hanya saja, mereka akan mendapatkan lawan yang lebih sulit di babak kedua nanti karena akan bersua klub Australia, Newcastle Jet pada 12 Februari mendatang.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya