Pemain Republik Ceko Jakub Jankto Mengaku Seorang Gay

Jankto sempat bermain di Sampdoria dua musim

Jakarta, IDN Times - Pemain asal Republik Ceko, Jakub Jankto, mengungkapkan rahasia jika dirinya seorang gay. 

Hal tersebut dia ungkapkan melalui unggahan di media sosialnya pada Senin, 13 Februari 2023. Menurut dia, sudah waktunya menunjukkan kepada khalayak jika preferensi seksualnya adalah menyukai sesama jenis.

“Hai, saya Jakub Janko. Seperti orang lain, saya punya kekuatan. Saya punya kelemahan. Saya punya keluarga. Saya punya teman," kata Jankto dalam video yang diunggah melalui akun Instagram-nya.

1. Jankto ingin hidup bebas

Dia mengaku, selalu berusaha bekerja sebaik mungkin di setiap kesempatan. Dia memastikan selalu menjunjung tinggi profesionalitas saat merumput di lapangan, termasuk dalam gairahnya bermain sepak bola. 

“Sama seperti orang-orang lainnya, saya juga ingin hidup dalam kebebasan. Tanpa ketakutan. Tanpa prasangka. Tanpa kekerasan. Namun dengan cinta. Saya penyuka sesama jenis dan saya tidak ingin lagi menyembunyikan diri saya,” ujar Jankto.

Baca Juga: Soichiro Kozuki, Pemain Sepak Bola yang Mentereng di Usia 22 Tahun

2. Jankto sempat bermain untuk Sampdoria

Jankto sendiri saat ini merupakan pemain Sparta Praha. Dia datang sebagai pemain pinjaman sejak musim lalu, setelah direkrut Getafe pada musim 2022 silam.

Sebelumnya, pemain berusia 27 tahun ini membela Sampdoria pada 2019. Dua tahun berselang dia memilih hengkang ke LaLiga untuk membela Getafe. 

Bersama Timnas Republik Ceko, Jankto juga tercatat sudah mencatatkan menit bermain. Total, sudah 45 kali dia membela negaranya di ajang tersebut. 

3. Banyak pemain sepak bola sudha mengaku seorang gay

Sepak bola dan preferensi seks acap mengundang pro-kontra di lapangan hijau. Saat Piala Dunia 2022, Qtar yang jadi tuan rumah ajang bergengsi itu, jadi sorotan lantaran melarang atribut LGBT berkibar di tribune stadion.

Sebelum, pemain Blackpool Jake Daniels juga mengungkapkan hal yang sama dengan Jakub Jankto. Dia mengaku seorang gay. Hal serupa juga diungkapkan pemain Adelaide United, Josh Cavallo pada 2021 silam.

Baca Juga: Biodata dan Profil Noah Schnapp, Aktor Stranger Things Mengaku Gay

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya