Pemain U-20 Bakal Wajib Dimainkan di Liga 1, Begini Respons Klub

Bhayangkara apresiasi PSSI jika pemain U-20 main di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Liga 1 2020 hampir dipastikan bakal kembali bergulir mulai September atau Oktober 2020 mendatang. Ada beberapa regulasi baru yang akan diberlakukan nanti, seperti mewajibkan klub memainkan pemain U-20.

Bhayangkara FC menyambut usulan tersebut. Sebab mereka menilai PSSI harus menyiapkan pemain U-20 yang matang dalam tempaan kompetisi sehingga siap saat harus membela timnas.

1. COO Bhayangkara FC menilai regulasi yang mewajibkan pemain U-20 bisa membantu perkembangan pemain

Pemain U-20 Bakal Wajib Dimainkan di Liga 1, Begini Respons KlubMuhammad Supriadi. Instagram.com/officialpersebaya

COO Bhayangkara FC, Kombes Pol Sumardji, menilai pemain muda akan terbantu dan mendapatkan efek positif dengan aturan wajib dimainkan oleh klub saat kompetisi berjalan.

“Itu yang harusnya diterapkan, setuju sekali kalau pemain muda diberikan jam main, itu yang penting. Regulasi itu di kompetisi lanjut kalau bisa diterapkan,” kata Sumardji.

Dengan banyaknya kesempatan bermain, pemain U-20 bisa meningkatkan kemampuan dan pengalaman di lapangan. Selain itu, keuntungan lain didapatkan PSSI, karena mereka bisa dengan mudah menilai para pemain yang masuk bidikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2020.

2. Persija sudah siapkan pemain yang bakal ditampilkan di Liga 1

Pemain U-20 Bakal Wajib Dimainkan di Liga 1, Begini Respons Klubpssi.org/Herka Yanis P

Selain Bhayangkara FC, Persija juga mendukung usulan terkait kewajiban klub menggunakan pemain muda. Terlebih, mereka juga sudah memiliki nama-nama pemain yang acap kali hilir mudik masuk Timnas Indonesia kelompok umur dan tampil di pelbagai ajang internasional.

Sejauh ini ada lima pemain Persija yang bahkan masuk pemusatan latihan (TC) virtual Timnas Indonesia U-19. Mereka adalah Sutan Zico, Figo Sapta, Braif Fatari, Risky Sudirman, dan Sandi Arta Samosir. Hanya saja, baru Braif dan Risky saja yang sudah terdaftar sebagai pemain senior di Liga 1 musim ini.

Asisten pelatih Persija, Sudirman mengungkapkan, dirinya telah merekomendasikan beberapa nama potensial. Di sisi lain, pelatih kepala, Sergio Farias juga sudah mengantongi nama pemain muda Macan Kemayoran yang kualitasnya sangat baik.

3. Persib masih menunggu kepastian regulasi dari PSSI

Pemain U-20 Bakal Wajib Dimainkan di Liga 1, Begini Respons KlubIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara manajemen Persib masih menunggu kepastian regulasi dari PSSI. Karena itu Direktur Persib, Teddy Tjahyono, belum bisa memberikan gambaran apa pun. Tapi jika klub memang harus memainkan pemain U-20 dalam pertandingan demi Timnas Indonesia, dirinya mendukung aturan tersebut.

Hanya saja Persib masih menunggu bagaimana mekanisme yang diterapkan PSSI terkait hal ini. Mereka bakal mengikuti apa yang jadi keputusan terbaik, terlebih semua diutamakan demi menghasilkan Timnas Indonesia yang kuat dan bisa berprestasi di Piala Dunia U-20.

Sejauh ini, dua pemain Persib juga tengah menjalani TC virtual dengan Timnas U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong. Mereka adalah Beckham Putra Nugraha yang berstatus sebagai pemain Persib Senior dan kiper muda Persib, Erlangga Setyo.

Baca Juga: Persib Bandung Siap Gelar Latihan dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya