Layakkah Pep Guardiola Disebut Pelatih Terbaik Dunia Saat Ini?

Pep, pelatih Spayol pertama di Premier League yang melakukan back to back

Jakarta, IDN Times - Pep Guardiola berhasil mengantarkan Manchester City mempertahankan gelar Premier League pada musim 2018/2019. Hasil itu pun membuat pelatih asal Spanyol itu mampu mencatatkan rekor anyar dalam karier kepelatihannya.

Pertama, Pep berhasil melakukan back to back ketiganya di kompetisi yang berbeda. Sebab, di Premier League, eks pelatih Barcelona itu mampu meraih gelar dua kali beruntun, yakni edisi 2017/2018 dan di musim ini.

1. Pep berhasil melakukan back to back di tiga kompetisi berbeda

Layakkah Pep Guardiola Disebut Pelatih Terbaik Dunia Saat Ini?Bbc.co.uk

Hal itu melengkapi capaian serupa yang diraihnya kala masih melatih klub sebelumnya. Bahkan, ia mampu membawa timnya menjadi juara tiga kali beruntun, bersama Barcelona di La Liga (2008/2009, 2009/2010, 2010/2011) dan saat menakhodai Bayern Munich (2013/2014, 2014/2015, 2015/2016).

Keberhasilan Pep membawa The Citizens, julukan Manchester City, menjadi juara dua musim beruntun, juga membuatnya sekaligus berhasil mengoleksi delapan gelar liga sepanjang karier kepelatihannya.

Baca Juga: Guardiola Targetkan Manchester City Cetak Hattrick Gelar Liga Inggris 

2. Sepanjang karier melatihnya, cuma dua kali Pep gagal persembahkan gelar

Layakkah Pep Guardiola Disebut Pelatih Terbaik Dunia Saat Ini?welt.de

Hal itu membuat dirinya memang layak dikatakan sebagai salah satu pelatih terbaik di masa ini. Ditambah lagi, jarang sekali dirinya gagal memberikan gelar liga, sebab dalam sepak terjang karier kepelatihan profesionalnya selama 11 tahun, cuma dua kali saja Pep mengalami kegagalan yaitu pada La Liga edisi 2011/2012 (Barcelona) dan Premier League 2016/2017 (Manchester City).

Walau dibilang gagal persembahkan gelar liga, prestasinya pun tak bisa dibilang jelek. Sebab, di La Liga, dirinya mampu membawa Barcelona masih nangkring di posisi runner up. Selanjutnya, di Premier League, Pep tetap bisa membawa Vincent Kompany dan kolega mengakhiri kompetisi di posisi ketiga.

Hanya bersama The Bavarian, julukan Bayern Munich, Guardiola tak pernah mengenal kata gagal dalam hal merebut gelar liga. Pelatih 48 tahun itu selalu berhasil merebut gelar Bundesliga selama tiga musim melatih Arjen Roben dkk. pada 2013 hingga 2016.

3. Samai rekor Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson

Layakkah Pep Guardiola Disebut Pelatih Terbaik Dunia Saat Ini?twitter.com/MirrorFootball

Yang membuat prestasi Pep semakin istimewa adalah dirinya mampu menyamai rekor yang pernah diraih juru taktik hebat lainnya di Premier League, seperti Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho, yang sama-sama berhasil melakukan back to back pada kompetisi paling elite di Inggris itu.

Dilansir dari Marca, jika ditotal secara keseluruhan, hebatnya prestasi Pep ini semakin terlihat istimewa, sebab dirinya mampu menyamai rekor yang pernah diraih juru taktik hebat lainnya di Premier League seperti Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho yang sama-sama berhasil melakukan back to back di kompetisi paling elite di Inggris itu

Capaian Pep sendiri hanya kalah dari Sir Alex Ferguson saja karena yang bersangkutan berhasil mengumpulkan 49 trofi. Plus, hal itu membuatnya jadi pelatih Spanyol pertama yang bisa memenangkan gelar dua tahun beruntun di Liga Inggris.

4. Ernesto Valverde akui kehebatan Pep dalam meramu sebuah tim

Layakkah Pep Guardiola Disebut Pelatih Terbaik Dunia Saat Ini?fcbarcelona.com

Setuju atau tidak, wajar rasanya jika sederet rekor di atas membuat Pep ditasbihkan jadi salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Hal serupa pun dilontarkan oleh pelatih Barcelona saat ini, Ernesto Valverde.

“Menurut saya Guardiola adalah salah satu manajer hebat saat ini. Tak ada keraguan akan hal tersebut,” ujar Valverde dikutip dari fotmob.com.

Baca Juga: [FOTO] Jalan Manchester City Menuju Takhta Premier League 2018/2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya