Persebaya vs TIRA-Persikabo: Berharap Tak Sampai Adu Tos-tosan

RD lebih senang TIRA-Persikabo tak bertemu Persebaya

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya akan melanjutkan kiprahnya di Piala Presiden 2019. Tampil pada babak delapan besar, skuat Bajul Ijo ini akan bersua tim kuda hitam, TIRA-Persikabo dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (29/3).

Duel kedua tim sebenarnya bukan yang pertama dalam turnamen kali ini, sebab Persebaya dan TIRA-Persikabo sudah pernah bentrok di babak penyisihan yang helat di Kota Kembang pada 12 Maret lalu. Hasilnya, kedua tim sama kuat karena laga berkesudahan dengan skor 0-0.

1. RD ingin menguji mental para pemain TIRA-Persikabo di kandang Persebaya

Persebaya vs TIRA-Persikabo: Berharap Tak Sampai Adu Tos-tosanIDN Times/Galih Persiana

Dalam duel edisi kedua ini, dipastikan tak akan ada lagi hasil seri. Salah satu tim akan memenangkan pertandingan untuk memastikan langkahnya lolos ke babak semi final. Tak pelak, pertarungan di atas lapangan hijau nanti diprediksi akan berjalan panas.

"Pertandingan ini tentu sangat menentukan bagi kedua kesebelasan. Tapi, Persebaya bermain di depan pendukungnya sendiri, tentu itu membuat mereka superior. Saya ingin menguji mental pemain dengan skema yang saya siapkan," kata pelatih TIRA-Persikabo, Rahmad Darmawan, yang juga akrab disapa RD ini.

Baca Juga: Hadapi Delapan Besar, Lima Pemain Persebaya Diragukan Bisa Tampil

2. RD lebih senang bersua klub lain di babak delapan besar ketimbang Persebaya

Persebaya vs TIRA-Persikabo: Berharap Tak Sampai Adu Tos-tosanIDN Times/Galih Persiana

Eks juru latih Sriwijaya FC tersebut juga mengungkapkan bahwa dirinya tak akan tinggal diam. Ia mengaku tim pelatih sudah menyiapkan strategi yang berbeda. Menurutnya, duel nanti jadi tantangan tersendiri karena timnya di pertemuan pertama gagal mencetak gol ke gawang Persebaya.

Hanya saja, RD sedikit menyayangkan di babak delapan besar ini harus bersua Persebaya. Sebab, kata dia, jika harus memilih, ia lebih senang bertemu lawan baru karena bisa mencoba lawan-lawan bervariasi di persiapan pra-musim.

3. Djanur anggap persiapan timnya sudah matang

Persebaya vs TIRA-Persikabo: Berharap Tak Sampai Adu Tos-tosanpialapresiden.id

Di sisi lain, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, merasa lebih tenang menghadapi babak delapan besar kali ini. Sebab, dirinya mengklaim memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan persiapan. Sehingga, Persebaya jauh lebih siap tampil berhadapan dengan TIRA-Persikabo untuk kedua kalinya.

"Kalau ditanya persiapan, tentunya kami sudah siap. Sejak putaran grup di Bandung, lalu main lagi di 8 besar, kami punya cukup waktu bahkan sempat libur, karena tersedianya waktu yang ada. Kami sangat siap dan pemain juga insyaallah sudah bisa diturunkan," ujar Djanur, sapaan akrab Djadjang.

4. Untuk antisipasi, Djanur sudah siapkan eksekutor tendangan penalti

Persebaya vs TIRA-Persikabo: Berharap Tak Sampai Adu Tos-tosanDok. IDN Times/Istimewa

Walau demikian, Djanur tetap mewaspadai tim yang diarsiteki koleganya tersebut. Sebagaimana diketahui, TIRA-Persikabo memang muncul dengan kekuatan mengejutkan di turnamen pra-musim yang sudah digelar untuk keempat kalinya tersebut. Mereka berhasil lolos di fase penyisihan dengan menyingkirkan tim favorit juara, Persib Bandung.

Oleh sebab itu, Djanur pun menyiapkan skema adu penalti jika kedua tim tampil imbang selama 120 menit laga berjalan. Kami berusaha menyiapkan eksekutor terbaik penalti. Tapi, pelatih kelahiran Majalengka tersebut berharap Persebaya bisa menyelesaikan pertandingan kali ini tanpa drama tos-tosan.

 

Perkiraan susunan pemain
 
Persebaya Surabaya (4-3-3): Abdul Rohim; Novan Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Damian Lizio; Manuchehr Jalilov, Amido Balde, Irfan Jaya.

TIRA-Persikabo (4-4-2): Angga Saputro; Rifad Marasabessy, Kurshed Beknazarov, Vava Mario Yagalo, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Parfait Essengue, Guntur Triaji, Osas Saha; Ciro Henrique, Loris Arnau.

Baca Juga: RD Sesumbar Bisa Kandaskan Persebaya di Gelora Bung Tomo

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya