Comscore Tracker

Persela Lamongan, Underdog yang Berpotensi Beri Kejutan

Aji Santoso ahli dalam mengorbitkan pemain muda

Jakarta, IDN Times - Persela Lamongan bisa dibilang merupakan tim yang konsisten bertahan dalam persaingan ketat di Liga 1. Meski prestasi yang diraih tak begitu mentereng, Persela adalah tim yang layak dinobatkan sebagai underdog karena acap kali menyulitkan tim-tim raksasa yang menghadapinya.

Kini, asa yang sama kembali dikobarkan Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air musim ini. Dengan target yang tak begitu muluk-muluk, mereka akan tetap tampil lepas mengejar hasil terbaik di akhir kompetisi.

1. Musim lalu Persela garang di kandang, tapi...

Persela Lamongan, Underdog yang Berpotensi Beri KejutanInstagram/@perselafc

Musim lalu, Persela Lamongan memang tak menunjukkan performa gemilang. Ahmad Baasith dan kolega cuma bisa finis di urutan ke-13 hingga berakhirnya kompetisi. Hal itu disebabkan karena inkonsistensi performa pemainnya saat melakukan laga tandang.

Tercatat, cuma sekali Persela meraih kemenangan saat berstatus sebagi tamu. Sisanya, 13 menderita kekalahan dan tiga kali meraih hasil imbang dalam 17 pertandingan away yang dijalani tim besutan Aji Santoso itu.

Hal itu bertolak belakang dengan penampilan Persela jika mentas di Stadion Surajaya, Lamongan, yang notabene adalah markasnya. Mereka begitu digdaya musim lalu. Bagaimana tidak, tak sekali pun Persela meraih kekalahan dalam 17 laga kandang yang dijalani dengan 10 kali menang dan tujuh kali imbang.

Baca Juga: Aji Berikan Sinyal Alex Akan Gabung dengan Persela Lamongan

2. Ingin perubahan, Aji ganti semua legiun asing Persela musim lalu

Persela Lamongan, Underdog yang Berpotensi Beri Kejutaninstagram/@perselafc

Hal itulah yang coba diubah oleh Aji Santoso agar Persela bisa tampil lebih baik jika melakoni laga tandang. Selain dari sisi mental, ia melakukan perubahan dalam hal komposisi pemain musim ini dengan memasukkan pemain muda potensial, Hambali Tolib, dan mengganti semua legiun asingnya musim lalu.

Selain itu, usai ditinggal duo winger lincah, Saddil Ramdani (pindah ke Pahang FA) dan Fahmi Al-Ayubi (menyeberang ke Bali United), Aji juga langsung mendatangkan, Anis Nabar yang juga dikenal memiliki kecepatan, serta kembali mengandalkan pemain muda yang diorbitkannya musim lalu, Sugeng Effendi.

Melihat komposisi pemain yang ada, kemungkinan pelatih berusia 49 tahun itu akan menggunakan taktik yang sama untuk menghadapi Liga 1 musim ini. Aji akan tetap mengandalkan kecepatan pemain sayapnya yang ditopang formasi 4-3-3 dalam setiap laga.

Hanya saja, apakah juru gedor asing anyar mereka, Alex Goncalves, bisa setajam Loris Arnaud? Hal itulah yang masih jadi tanda tanya besar para LA Mania, sebutan pendukung Persela, karena Alex tak memiliki rekam jejak yang produktif setiap musimnya, plus ia juga dikenal bukan penyerang dengan tipikal seorang target man.

3. Aji diharapkan perbaiki performa Persela dan kembali orbitkan pemain muda

Persela Lamongan, Underdog yang Berpotensi Beri KejutanInstagram/@perselafc

Harapan tinggi tentu dibebankan kepada Aji Santoso, dengan pengalamannya sebagai pemain dan menakhodai beberapa klub Liga 1, Aji diminta bisa memperbaiki performa Persela dibandingkan musim lalu. Paling tidak, Persela bisa bertengger di posisi 10 besar atau langsung merangsek ke lima besar musim ini.

Yang pasti ditunggu tentu keahliannya dalam mengorbitkan pemain muda. Apalagi, kali ini juga Persela tetap banyak memasukkan pemain muda dalam skuatnya. Walau tak dihuni pemain bintang, setidaknya LA Mania bisa bangga jika Persela tampil konsisten dengan mengandalkan pemain-pemin yang masih hijau.

4. Persela sudah menunjukkan performa bagus di Piala Presiden 2019

Persela Lamongan, Underdog yang Berpotensi Beri KejutanInstagram/@perselafc

Performa Persela sebetulnya sudah cukup membuat kejutan. Hal itu bisa dilihat dari permainannya di turnamen pra-musim bertajuk Piala Presiden 2019 lalu, di mana mereka bisa lolos ke fase gugur sebagai juara grup meski akhirnya terhenti di babak perempat final oleh Madura United.

Jika Persela tetap konsisten mempertahankan performa seperti di Piala Presiden kemarin, bukan tak mungkin kejutan selanjutnya akan mereka lahirkan di Liga 1 musim ini.

5. Susunan pemain Persela di Liga 1 2019

Persela Lamongan, Underdog yang Berpotensi Beri KejutanInstagram/@perselafc

Inilah skuat Persela Lamongan di Liga 1 2019:

 

Kiper: Dian Agus Prasetya, DwiKuswanto, Rez Agus Febrian

Bek: Birrul Walidan, Mawouna Amevor Kodjo (asing), Arif Satria, Eky Taufik, Samsul Arifin, Muchammad Zaenuri.

Gelandang: Ahmad Baasith, Kei Hirose (asing Asia), Sendy Pratama, Hambali Tolib, Malik Risaldi, Riyatno Abiyoso, Ahmad Arthur Sena, Lucky Wahyu, Delvin Rumbio, Rafael Gomes de Oliveira (asing)

Penyerang: Anis Nabar, Alex Goncalves (asing), Sugeng Effendi, Ghifari Vaiz Aditya, Muhammad Ridwan.

Baca Juga: Laga Uji Coba, Persela Lamongan Kalahkan Persela U-18 dengan Skor 14-1

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Just For You