Persija, Bali United, dan PSM Berkandang di Bantul, Ini Alasannya

Persija punya kenangan manis di Bantul

Jakarta, IDN Times - Tiga tim Liga 1 sudah dipastikan akan berkandang di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020. Ketiga tim tersebut adalah Persija, Bali United, dan PSM.

Persija memilih SSA lantaran dianggap lebih aman ketimbang menggelar pertandingan di Jakarta. Maklum, tingkat penyebaran COVID-19 di Ibu Kota masih cukup tinggi.

"Melangsungkan laga di Jakarta yang masih belum stabil (karena virus corona) menjadi beban yang sangat berat. Terlebih, yang luar biasa kompetisi bakal berjalan kurang dari enam bulan dan menyisakan 32 pertandingan," ujar Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus.

1. Persija punya performa bagus saat main di Bantul

Persija, Bali United, dan PSM Berkandang di Bantul, Ini AlasannyaDuel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Selain itu, Bantul juga dianggap memiliki tuah yang baik bagi Macan Kemayoran. Stadion tersebut menjadikan salah satu faktor konsistensi Persija meraih kemenangan sampai berhasil menjadi kampiun pad aLiga 1 2018.

Ketajaman mesin gol Persija pun cukup baik selama bermain di sana. Dikutip laman resmi Liga Indonesia, Persija berhasil melesakan bola ke gawang lawan sebanyak 13 kali saat berstatus sebagai tuan rumah atau tamu.

Bahkan catatan itu masih lebih bagus ketimbang saat bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang hanya mencetak 10 gol dari delapan laga. Tentunya dengan fakta tersebut, Persija berharap Stadion Sultan Agung bisa memberikan hasil positif dilanjutkan kompetisi Liga 1 2020.

2. Bali United mengungsi karena Stadion I Wayan Dipta akan direnovasi

Persija, Bali United, dan PSM Berkandang di Bantul, Ini AlasannyaStadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali (IDN Times/Reynaldi Wiranata)

Bali United juga harus keluar dari rumahnya untuk menyelesaikan kompetisi musim ini, karena Stadion I Wayan Dipta bakal direnovasi untuk digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. Mereka memilih Bantu lantaran punya fasilitas yang cukup lengkap untuk kebutuhan tim mengarungi kompetisi.

Pemilihan SSA memang tak lepas dari pelatih Stefano 'Teco' Cugurra yang sudah sangat paham mengenai kondisi di sana. maklum, saat Persija jadi musafir dua tahun silam, Teco masih jadi nakhoda yang berhasil membawa mereka jadi kampiun.

3. PSM tak bisa berkandang di Makassar karena Liga 1 digelar di Pulau Jawa saja

Persija, Bali United, dan PSM Berkandang di Bantul, Ini AlasannyaPSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Berbeda dengan dua tim lain, PSM memang tak diberi pilihan untuk bisa menggunakan kandangnya. Sebab, PSSI sudah memutuskan jika kompetisi hanya akan digelar di Pulau Jawa, sehingga mereka tak bisa menggunakan stadion Mattoangin untuk berkompetisi sampai akhir musim ini.

Pengelola SSA pun sudah memberikan lampu hijau kepada Persija, Bali United, maupun PSM untuk menggunakan stadion tersebut sebagai home base sementara. Mereka pun menjamin kualitas rumput bakal tetap terjaga walau Persija, PSM, dan Bali United menggunakannya nanti.

Baca Juga: Ryuji Utomo Dipanggil Timnas, Persija: Kami Bangga!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya