Persipura Bisa Jadi Batu Sandungan Persija ke Papan Atas

Persija butuh kemenangan untuk bersaing di papan atas

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio, memastikan timnya akan tampil habis-habisan untuk meraih tiga poin dalam laga lanjutan Liga 1 2021/22. Dia pun tak mau menganggap remeh lawan Persija kali ini, yakni Persipura Jayapura dalam pertandingan yang akan digelar pada Selasa (11/1/2022).

Persipura sampai saat ini masih limbung dan terjebak di zona degradasi di klasemen sementara Liga 1 hingga memasuki pekan ke-18. Walau Persija berada jauh di atas skuad Mutiara Hitam, tepatnya di peringkat enam, Alessio menilai hal itu tak jadi jaminan anak asuhnya bisa menang mudah dalam laga nanti.

"Mereka punya pemain-pemain dengan kemampuan yang bagus dan memiliki kecepatan, seperti (Yohanes) Pahabol dan (Gunansar) Mandowen. Tak pelak, kami harus fokus dalam lapangan dan bekerja keras di pertandingan untuk bisa meraih kemenangan," kata Alessio dalam sesi konferensi pers, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Administrasi Beres, Makan Konate Siap Tampil Buat Persija

1. Persija butuh kemenangan

Persipura Bisa Jadi Batu Sandungan Persija ke Papan AtasPemain Persija Marco Motta melakukan selebrasi saat rekannya Marko SImic mencetak gol dalam duel melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Alessio memang tak mau Persija tersandung dalam laga nanti. Selain kemenangan dalam laga nanti cukup penting untuk bisa memperpendek jarak poin dengan tim papan atas, Persija enggan peringkatnya merosot, karena jarak dua tim di bawahnya sangat dekat.

"Saya berpikir ini adalah pertandingan yang penting. Kami mencoba untuk mendapatkan poin demi bersaing di papan atas klasemen. Kami harus menghadapi ini dengan cara yang benar, fokus dan pendekatan baik dalam permainan serta tekad. Saya tidak punya cara lain untuk menghadapi pertandingan nanti," ujar pelatih asal Italia itu.

Bukan tanpa alasan Alessio mengungkapkan itu. Pada pertandingan sebelumnya kontra PSIS Semarang, dia cukup marah dengan performa Persija di lapangan, terutama saat babak pertama. Dia bahkan sempat menyemprot para pemain di ruang ganti. Beruntung, para pemain bisa melakukan perubahan hingga bisa menutup pertandingan dengan kemenangan.

2. Tanpa Rohit Chand dan Tony Sucipto

Persipura Bisa Jadi Batu Sandungan Persija ke Papan Atasliga-indonesia.id

Namun, Persija tak akan turun dengan beberapa pemain utamanya dalam pertandingan nanti. Rohit Chand harus menepi akibat cedera dan pemain senior, Tony Sucipto, pun harus absen lantaran akumulasi kartu. Sehingga, Alessio harus menyiapkan pemain baru untuk laga nanti.

Seharusnya, tim pelatih tak perlu khawatir. Sebab, beberapa pemain bisa jadi opsi untuk membuat Persija tampil oke di lapangan. Terlebih, beberapa pemain berpengalaman, seperti Ahmad Bustomi hingga Makan Konate sudah dipastikan bisa tampil dalam laga nanti.

3. Waspadai kebangkitan Persipura

Persipura Bisa Jadi Batu Sandungan Persija ke Papan AtasLiga-Indonesia.id

Yang perlu diwaspadai Persija dalam laga nanti adalah semangat Persipura untuk menang. Maklum, mereka sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi. Sehingga, mereka dipastikan tampil mati-matian untuk bisa meraih kemenangan dalam pertandingan nanti.

Persipura memang membutuhkan kemenangan untuk bisa keluar dari zona merah. Mereka sampai saat ini masih berada di peringkat 17 dengan raihan 14 poin. Setidaknya, tiga poin tambahan bisa memangkas jarak dengan tim-tim di atasnya hingga perlahan menyalip dan bisa masuk ke papan tengah. 

Duel antara kedua tim pun diprediksi bakal berjalan sengit. Mengingat kedua tim punya misi menang untuk bisa mewujudkan tujuannya di Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Pelatih Sempat Marah-marah saat Persija Bekuk PSIS

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya