Comscore Tracker

Piala Wali Kota Solo Digelar, Klub Sultan Berebut Hadiah Ratusan Juta

Persib hingga Bali United tampil di Piala Wali Kota Solo

Jakarta, IDN Times - Para pencinta sepak bola tanah air kembali bakal dimanjakan pertandingan sepak bola klub lokal. Turnamen Piala Wali Kota Solo 2021 bakal jadi turnamen pramusim yang bakal digelar di Solo, Jawa Tengah pada 20-26 Juni 2021.

Sebanyak delapan tim bakal bertarung untuk jadi yang terbaik. Empat tim dari Liga 1, Persib, Arema FC, Bhayangkara FC, Bali United. Sementara empat sisanya dari klub Liga 2, yakni tuan rumah Persis Solo, Rans Cilegon FC, PSG Pati, dan Dewa United.

“Tujuan kami melihat animo yang tinggi di Indonesia, terutama di Liga 2 yang banyak pemilik baru, harus dipupuk semangatnya. Tentu ini akan memberikan warna lagi untuk persepakbolaan Indonesia,” kata Ketua Organizing Committee, Cahyadi Wanda dalam sesi konferensi pers, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: 8 Tim Peserta Piala Wali Kota Solo, Ada Klub Kaesang dan Raffi Ahmad

1. Piala Wali Kota Solo 2021 memperebutkan uang ratusan juta

Piala Wali Kota Solo Digelar, Klub Sultan Berebut Hadiah Ratusan JutaANTARA FOTO/Maulana Surya

Turnamen pramusim ini rencananya bakal digelar menggunakan format knockout. Jadi nantinya setiap tim langsung menghadapi laga hidup-mati saat menjalani pertandingan. Jika mereka gagal menang, sudah dipastikan langsung tersingkir dari ajang yang pertama kali digelar ini.

Namun tak perlu khawatir, setiap tim yang berlaga di Piala Wali Kota Solo bakal tetap mendapatkan match fee walaupun nantinya tersingkir lebih dulu. Sejak pertandingan pertama, baik pemenang atau yang kalah, bakal mendapatkan uang dengan porsi yang berbeda.

Selain itu, para pemenang dalam ajang ini juga bakal mendapatkan hadiah yang cukup menggiurkan. Juara pertama bakal meraup Rp500 juta , runner-up Rp300 juta, juara tiga dapat Rp200juta juara tiga, dan yang keempat bakal mengantongi Rp100 juta.

“ Lebih menarik lagi, kami akan berikan match fee di laga pertama sejumlah Rp75 juta bagi pemenang, dan 45 juta bagi yang kalah,” ujar Cahyadi.

2. Gibran Rakabuming Raka sebut turnamen ini sebagai ajang pemanasan

Piala Wali Kota Solo Digelar, Klub Sultan Berebut Hadiah Ratusan JutaPutra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Seluruh laga di Piala Wakil Kota Solo sendiri rencananya bakal digelar di Stadion Manahan. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pun sangat antusias menyambut tamu-tamunya yang bakal bertanding di sana. 

Ia juga menyebut pergelaran turnamen ini merupakan ajang untuk meramaikan demam sepak bola yang tengah terjadi di Indonesia, karena Liga 1 dan Liga 2 sudah mendapat lampu hijau untuk bisa digelar, dan adanya Piala Eropa 2020.

“Setidaknya, ajang ini bisa dimanfaatkan para kontestan untuk menyiapkan diri menuju kompetisi resmi yang bakal segera dihelat. “Kenapa kita adakan sebelum Liga 1 dan Liga 2, agar pemain sedikit pemanasan. Apalagi beberapa klub tengah melakukan persiapan (membeli pemain baru seperti Persis),” ujar Gibran.

Baca Juga: Tertutup, Staf Khusus Temui Gibran di Solo, Sampaikan Arahan Jokowi

3. Jadwal lengkap Piala Wali Kota Solo 2021

Piala Wali Kota Solo Digelar, Klub Sultan Berebut Hadiah Ratusan JutaPemain Persija Jakarta berdesak-desakan dengan pemain PSM Makassar saat terjadi tendangan sudut pada Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Babak penyisihan

Minggu, 20 Juni 2021
15.15 WIB - Persis Solo vs PSG Pati (Laga 1)
18.00 WIB - Arema FC vs Persib Bandung (Laga 2)

Senin, 21 Juni 2021
15.15 WIB - Dewa United vs RANS United (Laga 3)
18.00 WIB - Bhayangkara Solo FC vs Bali United (Laga 4)

Babak Gugur

Rabu, 23 Juni 2021
15.15 WIB - Semifinal 1: Pemenang Laga 1 vs Pemenang Laga 3
18.00 WIB - Semifinal 2: Pemenang Laga 2 vs Pemenang Laga 4
Sabtu, 26 Juni 2021
15.15 WIB - Perebutan Tempat Ketiga: Kalah Semifinal 1 vs Kalah Semifinal 2
18.00 WIB - Final: Pemenang Semifinal 1 vs Pemenang Semifinal 2

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya