PSS Sleman vs Bhayangkara FC: Tuan Rumah Harus Tampil Kolektif

Bhayangkara FC waspadai ledakan tuan rumah

Jakarta, IDN Times - Juara Liga 2 musim lalu, PSS Sleman, kembali akan diuji konsistensinya kala bentrok dengan Bhayangkara FC dalam lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2019 pekan kelima di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (21/6).

Calon lawannya ini bukanlah tim semenjana. Hal itu bisa dilihat dari performa apik juara liga 1 2017 lalu dalam tiga laga perdananya. Walau kehilangan poin di markas Bali United, mereka bisa tampil cukup baik. Hal itu tak lepas dari gaya main yang diusung oleh Bhayangkara FC.

1. Seto menilai Bhayangkara FC diisi pemain berkualitas

PSS Sleman vs Bhayangkara FC: Tuan Rumah Harus Tampil KolektifIDN Times/Tunggul Kumoro

Tak pelak, pelatih PSS, Seto Nurdiantoro mengintruksikan pemainnya agar tampil lebih kreatif dan mengandalkan kolektivitas tim di lapangan. Arahan tersebut bukanlah tanpa sebab, menurut Seto, Alsan Sanda dan kolega merupakan kesebelasan dengan kekuatan merata di setiap lini karena dihuni pemain berkualitas hampir di semua posisi.

"Bhayangkara FC diisi pemain-pemain dengan kualitas mumpuni. Kualitas kerja samanya bagus ditopang dengan kecepatan pemain sayapnya dan memiliki gelandang yang berperan penting," kata Seto dilansir laman resmi klub.

Baca Juga: Hadapi PSS Slaman, Bhayangkara FC Siapkan Amunisi Penuh

2. Seto siapkan antitesis untuk melawan Bhayangkara FC

PSS Sleman vs Bhayangkara FC: Tuan Rumah Harus Tampil Kolektifpss-sleman.co.id

Namun demikian, sang lawan diyakini Seto tetap memiliki kelemahan. Hal itu sudah dianalisis olehnya dan tim pelatih, termasuk saat Bhayangkara FC dikalahkan Bali United. Sehingga, ia optimistis bisa memiliki antitesis untuk menghadapi gaya main yang diusung klub berjuluk The Guardians.

Seto ingin pemainnya sebanyak mungkin menciptakan peluang dan memaksimalkan sentuhan akhir agar pemain tak membuang peluang percuma. Lalu, ia anak-anaknya bisa memperagakan permainan dengan bola-bola pendek dikolaborasikan dengan umpan langsung yang menusuk ke jantung pertahanan lawan.

3. Bhayangkara FC datang dengan kekuatan penuh

PSS Sleman vs Bhayangkara FC: Tuan Rumah Harus Tampil KolektifInstagram/bhayangkarafc

Sementara, sang tamu tak gentar walau harus berlaga di hadapan puluhan ribuan pendukung PSS yang dikenal militan itu. Mereka meyakni tak akan terpengaruh teror yang diberikan Slemania atau Brigata Curva Sud (BCS) --sebutan pendukung PSS-- sepanjang laga berlangsung.

Apalagi, rasa percaya diri Bhayangkara FC tengah bagus-bagusnya karena di laga terakhir bisa meraih kemenangan mutlak atas Barito Putera. Ditambah, kali ini mereka datang dengan skuat lengkap dan siap menurunkan pemain terbaiknya.

"Kami sudah membawa skuat terbaik di sini, dan saya mau pemain fokus, itu saja. Saya tak mau bicara tentang kekuatan tuan rumah, yang terpenting anak-anaknya bermain sesuai harapannya agar memetik target yang diusung," kata pelatih Bhayangkara FC, Alfredo Vera.

Baca Juga: Kontra Bhayangkara FC, Sejumlah Pemain PSS Sleman Kurang Fit

4. Bhayangkara FC harus waspadai ledakan Skuat Elang Jawa

PSS Sleman vs Bhayangkara FC: Tuan Rumah Harus Tampil KolektifIDN Times/Tunggul Kumoro

Di luar faktor non teknis, Bhayangkara FC memang wajib mewaspadai ledakan tuan rumah. Hal itu sudah pernah dirasakan oleh Arema FC dalam laga pembukaan Liga 1 sebelumnya, di mana mereka kesulitan menghadapi permainan kolektif penuh semangat yang ditunjukkan penggawa Elang Jawa.

"Ya PSS memang belum kalah, beda dengan kami, tetapi kami sudah latihan dan siap untuk memperoleh poin besok," tukas dia.

 

Perkiraan Susunan Pemain
PSS Sleman (4-3-3): Try Hamdani Goentara; Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Alfonso De La Cruz, Jajang Sukmara; Sidik Saimima, Ricky Kambuaya, Brian Ferreira; Rangga Muslim, Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo.

Bhayangkara FC (4-4-2): Awan Setho; I Putu Gede, Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman; Flavio Beck Junior, M Hargianto, Lee You Jun; Iham Udin Armaiyn, Dendy Sulistyawan, Ramiro Fergonzi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya