PSSI Bertemu Jokowi dan Minta Bantuan dari 3 Kementerian, Apa Saja Ya?

PSSI diminta lakukan persiapan menghadapai Piala Dunia U-21

Jakarta, IDN Times - Pengurus federasi sepak bola tertinggi Indonesia, PSSI menyambangi Istana Presiden untuk bersua dengan Joko "Jokowi" Widodo pada Senin (16/12). Apa saja yang mereka bahas?

Sejumlah pengurus anyar PSSI yang datang langsung dalam pertemuan itu diantaranya adalah Mochamad Iriawan alias Iwan Bule (Ketum PSSI), Iwan Budianto (Waketum I),  Ratu Tisha Destria (Sekjen), ditemani rekan-rekan Exco PSSI, Haruna Soemitro, Yoyok Sukawi, Endri Erawan, Ahmad Riyadh, dan Dirk Soplanit.

1. PSSI bahas persiapan Piala Dunia U-21 2021 yang dihelat di Indonesia

PSSI Bertemu Jokowi dan Minta Bantuan dari 3 Kementerian, Apa Saja Ya?Presiden Jokowi menerima PSSI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 16 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Banyak hal yang dibicarakan bersama Jokowi dalam pertemuan itu, terutama mengenai masa depan sepak bola Indonesia.

Iwan Bule secara spesifik membeberkan isi pembicaraan para pengurus PSSI dengan Jokowi itu. Menurut dia, selain melaporkan hasil Kongres PSSI dan memperkenalkan pengurus baru, mereka juga membicarakan hal lainnya, seperti, persiapan Indonesia menyongsong Piala Dunia U-20 2021.

"Mengenai siapa pemainnya nanti, kemudian kami jelaskan sekarang pemainnya ada di Timnas U-19 yang sudah masuk list nama yang akan disiapkan nanti. Ditambah pemain Garuda Select yang sedang berlatih di Inggris," kata Iwan Bule kepada awak media.

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Jokowi: Siapkan Baik-baik!

2. PSSI ingin bekerja sama dengan beberapa kementerian

PSSI Bertemu Jokowi dan Minta Bantuan dari 3 Kementerian, Apa Saja Ya?Pengurus PSSI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 16 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Tak hanya itu, terkait Inpres Nomor 3 Tahun 2019 soal percepatan sepak bola, Iwan dan kolega juga memohon kepada Jokowi agar unsur pemerintahan terkait bisa dengan cepat membantu PSSI. Karena PSSI butuh beberapa kementerian untuk diajak bekerja sama terkait Inpres tersebut.

"Kami meminta kerja sama tambahan, pertama dengan Kementerian Pariwisata yang berkaitan dengan reservasi, lalu ada Kementerian PUPR yang nanti akan menyiapkan infrastruktur sepak bola, kemudian Kementerian Ketenagakerjaan," kata mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu.

3. Jokowi minta sepak bola Indonesia bisa berprestasi

PSSI Bertemu Jokowi dan Minta Bantuan dari 3 Kementerian, Apa Saja Ya?Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 13 Desember 2019 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Iwan pun menyebut, Jokowi secara pribadi meminta agar sepak bola terus bisa dikembangkan dan punya prestasi bagus, agar sesuai keinginan masyarakat. Terlebih, sepak bola jadi salah satu olahraga yang amat digemari oleh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Undang PSSI ke Istana Negara, Jokowi Beri Pesan Khusus ke Iwan Bule

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya