Comscore Tracker

Resmi! Ezra Walian Sudah Bisa Bela Timnas Indonesia

Proses alih status Ezra di FIFA sudah selesai

Jakarta, IDN Times - Ezra Walian sudah dipastikan bisa membela Timnas Indonesia di pertandingan internasional yang masuk kalender FIFA. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, pada Senin (14/6/2021).

Yunus menyebut proses administasi pemain kelahiran Belanda itu sudah dirampungkan FIFA. Alhasil, Ezra sudah bisa dimanfaatkan kemampuannya jika mendapat panggilan dari Shin Tae Yong.

"Benar, arahan Ketum PSSI agar proses alih status Ezra Walian jadi prioritas dan bersyukur hari ini kami terima surat dari FIFA tentang keputusan dari Komite Status Pemain mengenai status pemain pemain tersebut," kata Yunus Nusi dalam rilis resmi PSSI.

1. Ezra Walian berhak perkuat Timnas Indonesia di turnamen mana pun

Resmi! Ezra Walian Sudah Bisa Bela Timnas Indonesiainstagram.com/ezrawalian

Sejak melakukan proses naturalisasi pada 2017, Ezra belum pernah tampil membela timnas Indonesia di ajang internasional yang masuk kalender FIFA. Sejak putusan FIFA pada 2019, pemain Persib ini tak dapat membela Indonesia di ajang resmi FIFA lantaran beberapa masalah.

"Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad timnas Indonesia di turnamen apa pun," ujar Yunus Nusi.

Dengan terselesaikannya proses administrasi alih status Ezra, kini Shin Tae Yong punya banyak pilihan dalam menentukan penyerang utama yang selama ini sulit untuk dicari pascapensiunya Bambang Pamungkas.

Baca Juga: Hubungi FIFA, PSSI Berusaha Tuntaskan Proses Alih Status Ezra Walian

2. PSSI berharap Ezra segera dimaksimalkan Shin Tae Yong

Resmi! Ezra Walian Sudah Bisa Bela Timnas Indonesiainstagram.com/ezrawalian

Yunus menyebut, sebelumnya FIFA menuntut beberapa syarat yang harus dipenuhi agar alih status Ezra dari KNVB ke PSSI bisa disahkan. Syarat tersebut adalah punya darah keturunan dari ayah atau ibu kandung di wilayah asosiasi tujuan, nenek atau kakek yang lahir di wilayah asosiasi tujuan, dan sudah tinggal di asosiasi tujuan lebih dari lima tahun.

Persyaratan itu memang cukup menyita tenaga PSSI. Sebab, Ezra pernah bermain bersama timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16 dan U-17. Namun, perlahan hal itu mulai dilengkapi PSSI untuk bisa mengubah status Ezra dari KNVB ke PSSI.

"Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama timnas Indonesia. Terlebih, proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah,” ujar Yunus.

3. Beberapa pemain naturalisasi sudah berminat bela Timnas Indonesia

Resmi! Ezra Walian Sudah Bisa Bela Timnas Indonesiawww.essevee.be

Terkait proses naturalisasi pemain lainnya, PSSI belum mau berbicara banyak. Mereka masih menunggu rekomendasi dan road map pelatihnya. Sejauh ini, mereka pun belum melakukan evaluasi usai kegagalan timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Selain Ezra Walian, yang memang sudah lama merampungkan proses naturalisasi, sebetulnya ada beberapa nama. Para pemain keturunan itu sudah menyatakan diri siap membela Timnas Indonesia.

Mereka adalah Kevin Diks (Empoli) dan Sandy Walsh (K.V. Mechelen). Hanya saja, PSSI belum bisa memastikan apakah keduanya bisa membela timnas Indonesia atau tidak.

Baca Juga: Dion Cools Bisa Bela Malaysia Tapi Ezra Walian Tidak, PSSI Salah Apa?

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya