Semangat Menolak Menyerah Pemain Timnas Indonesia di Final Piala AFF

Timnas Indonesia harus menang lebih dari lima gol

Jakarta, IDN Times - Peluang Timnas Indonesia untuk meraih gelar perdana Piala AFF cukup berat. Hal itu tak lepas dari kekalahan yang diderita skuad Garuda dari Thailand 0-4 dalam laga final leg pertama di National Stadium, Rabu (29/12/2021). 

Dalam laga ini, Nadeo Arga Winata harus kebobolan empat gol lewat Chanathip Songkrasin (2', 52'), Supachok Sarachat (67'), dan Bodin Phala (83'). 

Walau kans untuk juara menipis, para pemain Timnas Indonesia tak akan putus asa. Nadeo menyebut, walau situasinya sulit, leg kedua bakal tetap tampil maksimal pada laga terakhir.

"Bukan hasil yang kami inginkan, tapi Indonesia tak kenal kata menyerah, apa pun yang terjadi," cuit Nadeo dalam akun twitter-nya.

1. Asnawi pantang mundur

Usai laga, Asnawi yang juga kapten Timnas Indonesia, tetap tegar walau merasakan kekalahan menyakitkan pada laga final leg 1. Dia pun memastikan tak akan menyerah dalam laga leg kedua kontra Thailand nanti.

"Hasbunallah Wanikmal Wakil. Belum usai!" tulis Asnawi dalam unggahan di akun Instagram-nya.

Doa yang diucapkan Asnawi merupakan permohonan untuk meminta pertolongan umat muslim kepada Allah SWT. Artinya, "sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami."

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Disoraki saat Indonesia Dihantam Thailand 

2. Klub-klub Liga 1 beri dukungan untuk Timnas Indonesia

Dukungan juga mengalir dari berbagai pihak dan terus berdatangan, termasuk dari klub-klub besar Liga 1. Walau kalah, mereka tetap memastikan bakal setia memberikan semangat kepada para pemain Timnas Indonesia, termasuk saat pertandingan final leg 2 nanti.

"Anda berdiri untuk kami. Maka, kami akan berdiri untuk Anda, kami Indonesia," tulis Bali United dalam akun Instagram-nya. 

Hal serupa juga dilakukan Persib Bandung. Dalam unggahannya mereka menyebut jika perjuangan Timnas Indonesia tidak pernah berakhir.

3. Timnas Indonesia butuh kemenangan dengan margin lima gol

Semangat Menolak Menyerah Pemain Timnas Indonesia di Final Piala AFFGelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, di laga lawan Thailand dalam final Piala AFF, Rabu (29/12/2021) / Dokumentasi PSSI

Timnas Indonesia selanjutnya dijadwalkan akan melakoni laga final leg 2 melawan Thailand pada 1 Januari 2021. Kedua tim bakal kembali bertemu dalam duel yang digelar di National Stadium tersebut.

Tim besutan Shin Tae Yong harus meraih kemenangan dengan margin lima gol atau lebih untuk bisa merebut gelar juara Piala AFF 2020. Walau sulit, semoga para pemain bisa melakoni laga nanti dengan baik.

Baca Juga: Piala AFF Usai, SEA Games Langsung Menanti Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya