Amerika Serikat vs Inggris: Final Dini di Piala Dunia Perempuan 2019

Inggris kalah head to head dari Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times - Final terlalu dini nampaknya patut disematkan pada laga panas di babak semifinal Piala Dunia Perempuan 2019 yang mempertemukan dua tim kuat, Inggris melawan Amerika Serikat, dalam laga yang digelar di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon pada Rabu (3/7) dini hari nanti.

Bukan tanpa alasan dua tim tersebut lebih cocok bersua di partai puncak, sebab keduanya telah tampil memukau sejak babak penyisihan dimulai dan menjadi dua tim favorit yang digadang-gadang bisa jadi kampiun di Piala Dunia edisi kali ini.

Timnas AS mau pun Inggris sama-sama tampil sempurna, alias bisa menyapu bersih kemenangan di tujuh pertandingan yang telah dijalani. Dan keduanya terlihat terus menunjukkan performa luar biasa. Terutama, di laga terakhir keduanya pada babak perempat final.

1. Inggris dan Amerika Serikat tampil sempurna sejak babak penyisihan

Amerika Serikat vs Inggris: Final Dini di Piala Dunia Perempuan 2019fifa.com

Inggris menghasilkan performa terbaik mereka di turnamen ini setelah menyingkirkan Norwegia dengan skor 3-0. Lalu, Amerika Serikat juga tak kalah ganas dengan menundukkan tuan rumah lewat skor tipis, 1-2, yang sebelumnya difavoritkan jadi kampiun turnamen elite di dunia ini.

Walau kedua tim dinilai memiliki kekuatan yang sama, Amerika Serikat nampak lebih unggul dalam beberapa pertemuan terakhirnya melawan Inggris. Tercatat, dari lima kali bentrok di laga internasional, AS cuma sekali menderita kekalahan. Sisanya, mereka begitu digdaya, termasuk dalam duel satu-satunya mereka di Piala Dunia edisi 2007 dengan skor 3-0.

Baca Juga: 3 Laga Pertemuan Terakhir antara Timnas Wanita Inggris vs Skotlandia

2. Phil Neville percaya diri menghadapi Amerika Serikat

Amerika Serikat vs Inggris: Final Dini di Piala Dunia Perempuan 2019fifa.com

Namun, pelatih Inggris, Phil Neville, enggan terpengaruh dari statistik mengecewakan tersebut. Sebab, laga itu sudah berlangsung cukup lama. Sebaliknya, ia optimistis menatap laga ini karena di duel teranyar kedua tim, Inggris bisa menahan imbang AS 2-2 di turnamen SheBelieves Cup pada awal tahun 2019.

"Pertandingan Maret adalah pertandingan yang bagus untuk kedua tim. Kami bermain sangat baik dan pertandingan itu memberi kami kepercayaan diri dan keyakinan yang besar. Kami adalah orang-orang yang berdiri di turnamen itu dan mengangkat trofi di sana. Ketika Anda memenangkan sesuatu, itu memberi Anda rasa percaya diri yang besar," kata Neville dalam sesi konferensi pers, Senin (2/7), seperti dilansir BBC Sport.

3. Megan Rapinoe adalah ancaman nyata pertahanan Inggris

Amerika Serikat vs Inggris: Final Dini di Piala Dunia Perempuan 2019fifa.com

Melihat performa lawannya, Inggris nampaknya perlu mewaspadai lini serang AS yang tampil cukup ganas. Terbukti, mereka berhasil mencetak 25 gol dan cuma kemasukan tiga gol saja. Hal itu tak lepas dari performa gemilang Megan Rapinoe di turnamen ini dengan menyumbangkan lima gol dan tiga asis. Kehebatannya pun sudah diakui oleh Neville.

"Megan adalah pemain yang saya kagumi. Selain merupakan pesepakbola yang luar biasa, saya juga kagum dengan pesonanya baik di dalam maupun di luar lapangan. Tapi sekarang saya harus melupakan itu karena kami harus fokus mengalahkan Amerika Serikat," ujar dia.

4. AS sedikit diunggulkan atas lawannya

Amerika Serikat vs Inggris: Final Dini di Piala Dunia Perempuan 2019fifa.com

Di atas kertas, AS memang sedikit diunggulkan dibandingkan lawannya tersebut. Terlebih, rekor mereka di turnamen yang digelar lima tahun sekali ini cukup luar biasa dengan catatan tak pernah gagal mencapai babak semifinal dan sudah empat kali berturut-turut tampil di babak final. Tak salah jika salah satu penggawanya, Ali Krieger, mengatakan bahwa AS adalah tim terbaik dunia.

Pelatih AS, Jill Ellis, menilai hal itu bukan pernyataan arogan. Sebaliknya, pernyataan Krieger adalah kepercayaan diri timnya, tanpa meremehkan Inggris dalam laga nanti. Ia juga sadar bahwa pertandingan menghadapi Inggris di babak semifinal adalah laga yang berat.

5. Perkiraan susunan pemain Inggris kontra Amerika Serikat

Amerika Serikat vs Inggris: Final Dini di Piala Dunia Perempuan 2019fifa.com

Perkiraan pemain

Timnas Inggris (4-3-3): Karen Bardsley; Lucy Bronze, Steph Houghton, Millie Bright, Demi Stokes; Keira Walsh, Jill Scott, Fran Kirby; Nikita Parris, Toni Duggan, Ellen White.

Timnas Amerika Serikat (4-3-3): Alyssa Naeher; Kelley O’Hara, Abby Dahlkemper, Becky Sauerbrunn, Crystal Dunn; Julie Ertz, Samantha Mewis, Rose Lavelle; Tobin Heath, Megan Rapinoe, Alex Morgan.

Baca Juga: Segala yang Perlu Kamu Tahu dari Piala Dunia Perempuan 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya