Comscore Tracker

Tim-tim Ini Terancam Terdegradasi dari Liga 1, Persija Salah Satunya!

Persija harus meraih poin maksimal di laga sisa

Jakarta, IDN Times - Liga 1 2019 tinggal menyisakan tiga pekan lagi. Namun persaingan di papan bawah justru semakin bergolak. Setidaknya ada 8 tim yang berpotensi tergelincir ke zona degradasi, salah satunya Persija Jakarta.

Tim lain yang bisa tergelincir antara lain Badak Lampung (peringkat 33 klasemen), Semen Padang (31), dan Kalteng Putra (30). Secara berurutan mereka merupakan tiga tim dengan posisi paling bawah di klasemen sementara Liga 1 sampai pekan ke-32.

Selain itu TR Kabo (31), PSIS Semarang (31) hingga Persela juga belum benar-benar aman!

1. Badak Lampung, Semen Padang, dan Kalteng Putra paling berpotensi terdegradasi dari Liga 1 2019

Tim-tim Ini Terancam Terdegradasi dari Liga 1, Persija Salah Satunya!Pemain Kalteng Putra bersiap untuk tendangan bebas menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Minggu (1/12/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Badak Lampung memiliki tugas yang cukup berat. Mereka harus bisa meraih kemenangan atas Bhayangkara FC pada laga kandang yang dihelat Kamis (12/12). Sebab, usai itu mereka harus menjalani dua laga away yang sangat berat, yakni bertandang ke markas Persib Bandung dan dilanjutkan ke rumah Persebaya pada laga terakhir. Jika meraih poin maksimal, nilai 42 akan mereka dapatkan sambil berdoa tim di atasnya terpeleset.

Sementara Semen Padang juga tak kalah tertekan. Pasukan Kabau Sirah harus ketar-ketir lantaran harus melewati satu laga kandang dan dua tandang. Dan, yang paling menyita perhatian tentu pertandingan terakhir saat mereka harus menyambangi markas Persela Lamongan yang sama-sama tengah berjuang untuk bisa lolos dari lubang jarum musim ini.

Setali tiga uang, tim paling buncit, Kalteng Putra juga merasakan hal serupa. Walau sedikit diuntungkan karena bakal memainkan laga kandang yang lebih banyak, Kalteng Putra juga tak digaransi bisa lolos dari degradasi lantaran mereka bakal bersua tim-tim yang juga kuat seperti Persipura, Bhayangkara, dan Persija.

2. TR Kabo di tepi zona degradasi

Tim-tim Ini Terancam Terdegradasi dari Liga 1, Persija Salah Satunya!liga-indonesia.id

TIRA-Persikabo pun demikian. Usai tampil digdaya selama putaran pertama dan menduduki juara paruh musim, performa mereka tiba-tiba anjlok. Bahkan mereka tak pernah meraih kemenangan usai memasuki paruh kedua kompetisi, dengan rincian lima kali imbang dan sembilan kali kalah, membuat mereka memiliki 38 poin, sama dengan Persija tapi kalah head to head. Hal itu mengantarkan TIRA-Persikabo di posisi ke-15 klasemen Liga 1.

Mereka mesti meraih maksimal enam poin jika ingin memastikan diri tetap bertahan musim depan. Torehan 44 poin bisa memuluskan langkah mereka untuk bersaing dengan empat tim paling berpotensi terjungkal di papan bawah.

3. Persija harus berjuang meraih poin maksimal untuk bertahan di Liga 1 musim depan

Tim-tim Ini Terancam Terdegradasi dari Liga 1, Persija Salah Satunya!ANTARA FOTO/Fakhri Firmansyah

Paling ironis melihat Macan Kemayoran. Juara bertahan Liga 1 ini kini justru terseok-seok sepanjang musim ini. Padahal, tahun sebelumnya mereka mampu meraih prestasi menawan setelah berhasil keluar sebagai juara kompetisi kasta tertinggi Tanah Air itu. Namun, kondisinya berubah 180 derajat usai Stefano "Teco" Cugurra memilih hengkang ke Bali United.

Andai tiga pertandingan terahir, termasuk saat menjamu Madura United, mereka kalah. Posisi mereka bisa melorot ke zona bahaya karena bisa disalip Badak Lampung yang perolehan poin maksimalnya nanti bisa meraih 40 poin (dengan catatan menang di tiga laga sisa). Torehan yang bisa melampaui nilai Persija jika melewati tiga laga sisa dengan nirpoin lantaran hanya bisa mengumpulkan 38 poin.

Lebih menyakitkan jika, kondisi dua tim papan bawah lain menang pada semua pertandingan sisa dan Persija sebaliknya. Semen Padang dan Kalteng Putra, berpotensi mendepak Persija ke juru kunci. Semen Padang poin maksimalnya 40, dan Kalteng Putra paling mentok mengumpulkan 39, semua bisa melewati poin Persija.

4. Lima poin tambahan bisa selamatkan Persija musim ini tanpa harus ditentukan nasibnya oleh pertandingan lain

Tim-tim Ini Terancam Terdegradasi dari Liga 1, Persija Salah Satunya!Persija.id

Tim kebanggaan ibu kota itu memang tak diberi banyak opsi pada akhir musim ini. Syarat mereka agar tetap aman bertahan di Liga 1 adalah meraih lima poin. Andai saja itu meleset, atau misalnya mereka cuma bisa mengumpulkan empat poin saja, Persija bakal tergantung hasil pada laga lainnya.

Sebab, jika cuma empat poin saja yang didapat, Persija maksimal bakal meraup 42 poin saja. Hal itu tentu tak aman lantaran Badak Lampung juga bakal memiliki poin yang sama jika berhasil meraih poin maksimal. Hanya saja, hasil itu bakal menguntungkan Badak Lampung lantaran mereka unggul head to head atas Persija musim ini. Sebaliknya, Persija harus turun kasta jika mengacu pada regulasi kompetisi yang berlaku.

Namun, jika Persija memang benar-benar tak bisa meraup sebiji poin pun dalam tiga pertandingan sisa. Peluang untuk lolos pun masih ada, dengan catatan tim-tim pesaingnya juga menuai hasil buruk. Tapi, layak kah tim sekelas Persija harus berharap keajaiban dari tim lain jika ingin bertahan di Liga 1 musim depan?

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Romantisme Tukar Guling Pemain di Balik Rivalitas Persib-Persija

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You