Comscore Tracker

Timnas Indonesia Jumpa 2 Musuh Bebuyutan di Piala AFF

Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Undian Piala AFF 2020 rampung digelar. Hasilnya, Timnas Indonesia dipastikan bergabung di Grup B bersama tim-tim unggulan lainnya.

Pengundian fase grup Piala AFF kali ini dihelat di markas AFF, Kuala Lumpur, Malaysia (21/9/2021). Acara tersebut digelar secara virtual lantaran kondisi pandemik yang masih berlangsung.

Skuad Garuda berada di grup berat lantaran harus bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja. Apalagi, mereka punya catatan kurang bagus saat bertemu Vietnam dan Malaysia dalam beberapa pertemuan terakhir ini.

1. Thailand bakal berada di Grup A dengan Myanmar

Timnas Indonesia Jumpa 2 Musuh Bebuyutan di Piala AFFTwitter/@d_ozradiobali

Sementara, Grup A bakal diisi Thailand, Myanmar, Singapura, dan pemenang fase playoff ajang dua tahunan ini. 

Satu tiket terakhir itu akan diperebutkan Brunei Darussalam dan Timor Leste yang bakal bentrok dalam jadwal ditentukan AFF nantinya. Brunei mendapat sedikit keuntungan, karena mereka dipastikan jadi tuan rumah dalam pertandingan tersebut.

Sejatinya, ajang ini digelar pada 23 November hingga 31 Desember 2020. Hanya saja, rencana tersebut batal, karena pandemik COVID-19 pada saat itu berada dalam gragfik yang tinggi. Selain itu, belum banyaknya orang-orang yang menerima vaksin juga masuk pertimbangan dalam penundaan Piala AFF 2020.

Kini, AFF sudah menentukan jadwal penggantinya. Mereka bakal menghelat turnamen bergengsi di Asia Tenggara ini pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka di Piala AFF

2. Indonesia bergabung dalam grup neraka karena berada di pot ketiga

Timnas Indonesia Jumpa 2 Musuh Bebuyutan di Piala AFFTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Sebelumnya, Timnas Indonesia dipastikan berada di pot tiga dalam undian Piala AFF 2020. Mereka bersama Fipilina ada di pot tiga di bawah Vietnam dan Thailand (pot pertama), serta Malaysia dan Myanmar (pot kedua).

Menyusul di bawahnya ada Singapura dan Kamboja berada di pot empat. Lalu, Laos dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam atau Timor Leste, berada di pot terakhir.

Timnas Indonesia mengusung target tinggi di Piala AFF 2020. Shin Tae Yong diberi tugas berat untuk mempersembahkan gelar perdana untuk Merah Putih. Padahal, mereka belum pernah sama sekali mendaptakan trofi sejak ajang ini digelar pertama kali pada 1996.

3. Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar di Piala AFF

Timnas Indonesia Jumpa 2 Musuh Bebuyutan di Piala AFFPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sebetulnya, Timnas Indonesia sudah sering tampil dalam laga puncak sepanjang sejarah ajang ini. Tercatat, lima kali Indonesia tampil di pertandingan final Piala AFF. Namun, semua kesempatan yang didapat tak pernah menghasilkan satu trofi pun.

Thailand jadi negara paling banyak meraih gelar Piala AFF dengan catatan lima kali juara. Setelah mereka, ada Singapura (empat gelar), Vietnam (dua gelar), Malaysia (satu gelar) yang berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara.

Terakhir kali mentas di Piala AFF, yakni saat 2018 lalu, Timnas Indonesia tak mampu berbuat banyak. Mereka harus tersingkir di babak penyisihan lantaran tak mampu bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Baca Juga: 36 Pemain Dapat Panggilan ke Timnas Indonesia, Banyak Senior

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya