Comscore Tracker

Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka di Piala AFF

Timnas Indonesia belum pernah juara di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan berada di pot tiga dalam undian Piala AFF 2020. Hal tersebut dikonfirmasi lewat draft undian ajang tersebut yang dirilis pada Senin (20/9/2021).

Hal ini membuat rumor skuad Garuda yang bakal masuk dalam pot empat tak jadi kenyataan. Padahal, dalam sepekan terakhir nama Timnas Indonesia kencang diisukan hanya berada di pot empat. 

Untuk undian ajang dua tahunan ini, sub-konfederasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) menjadwalkan bakal menggelarnya pada Selasa (21/9/2021). Agenda tersebut bakal dihelat secara virtual dan disiarkan melalui laman resmi AFF. 

1. Vietnam dan Thailand berada di pot pertama drawing Piala AFF 2020

Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka di Piala AFFthe-afc.com

Undian kali ini bakal dibagi ke dalam lima pot. Setiap pot bakal diisi dua tim, mulai dari unggulan pertama hingga terakhir. 

Vietnam yang saat ini menjadi negara dengan peringkat FIFA terbaik di Asia Tenggara, berada di pot pertama. Mereka berada di posisi tersebut bersama dengan Thailand yang secara rangking ada di bawah Vietnam. 

Hal ini membuat keduanya dipastikan tak akan berada dalam satu grup yang sama di Piala AFF 2020. Apalagi, 

Baca Juga: Pelatih PSM Sentil Cara Shin Tae-yong Pilih Pemain Timnas Indonesia

2. Timnas Indonesia berpotensi gabung grup neraka

Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka di Piala AFFTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Selanjutnya, pot dua diisi oleh Malaysia dan Myanmar. Menyusul di belakang keduanya (pot tiga) ada Indonesia dan Filipina. Singapura dan Kamboja berada di pot empat. Lalu, Laos dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam atau Timor Leste, berada di pot terakhir.

Melihat peta persaingan dari masing-masing pot, Timnas Indonesia tentu sangat berpotensi bergabung dengan sejumlah tim unggulan dalam satu grup. Apalagi, pembagian tim di masing-masing pot terlihat cukup merata.

Tim besutan Shin Tae Yong ini bisa saja bergabung dengan Thailand, Malaysia, Singapura, atau dengan kemungkinan lainnya.

3. Skuad Garuda belum pernah meraih trofi ajang bergengsi di Asia Tenggara

Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka di Piala AFFTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas Indonesia mengusung target tinggi di Piala AFF 2020. Shin Tae Yong diberi tugas berat untuk mempersembahkan gelar perdana untuk Merah Putih. Padahal, mereka belum pernah sama sekali mendaptakan trofi sejak ajang ini digelar pertama kali pada 1996.

Sebetulnya, Timnas Indonesia sudah sering tampil dalam laga puncak sepanjang sejarah ajang ini. Tercatat, lima kali Indonesia tampil di pertandingan final Piala AFF. Namun, semua kesempatan yang didapat tak pernah menghasilkan satu trofi pun.

Thailand jadi negara paling banyak meraih gelar Piala AFF dengan catatan lima kali juara. Setelah mereka, ada Singapura (empat gelar), Vietnam (dua gelar), Malaysia (satu gelar) yang berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara.

Terakhir kali mentas di Piala AFF, yakni saat 2018 lalu, Timnas Indonesia tak mampu berbuat banyak. Mereka harus tersingkir di babak penyisihan lantaran tak mampu bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Baca Juga: 36 Pemain Dapat Panggilan ke Timnas Indonesia, Banyak Senior

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya