Timnas Indonesia Sempat Tak Boleh Keluar Kamar Hotel di Dubai

Timnas Indonesia jalani tiga laga sisa

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia mulai melakukan persiapan menuju pertandingan di kualifikasi Piala Dunia 2022. Usai menjalani pemusatan latihan (TC) dan digasak Afghanistan serta Oman di laga uji coba, kini skuad Garuda sudah berada di penginapan bersama tim-tim di Grup H. 

Timnas meninggalkan tempat pemusatan latihan yang sebelumnya di Jebel Ali (JA) Hotels and Resort Beach, menuju Crowne Plaza Hotel, Dubai Festival City, Uni Emirat Arab, Minggu (30/5/2021) sore waktu setempat. Para pemain, pelatih, dan ofisial tim pun sempat menjalani tes PCR dan isolasi. 

"Setiap tim yang sudah masuk hotel sini tidak bisa ke mana-mana, untuk hari pertama masuk hotel, setelah tes usap, semuanya masuk ke kamar masing-masing, makanan pun diantarkan ke kamar," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Baca Juga: Pembelajaran untuk Timnas Indonesia dari Dua Laga Uji Coba

2. Protokol kesehatan yang diterapkan membuat pemain tak bisa keluar kamar

Timnas Indonesia Sempat Tak Boleh Keluar Kamar Hotel di DubaiLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Namun, per hari Senin (31/5/2021), usai menjalani isolasi di kamar, para pemain mulai bisa ke luar untuk sarapan dan makan. Hanya saja, sebelum masuk ruangan, tim harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan pistol temperatur.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong menyebut, hal itu merupakan protokol yang wajib dijalankan tim jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar.

"Buat pemain dan semua personel tim, saya jelaskan aturan ini bukan dari hotel, tapi langsung AFC. Mereka sangat ketat dengan aturannya. Itu untuk menjaga kondisi kesehatan dari para atlet dan semua orang yang menjadi peserta turnamen," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

2. Shin Tae Yong terus benahi permainan skuad Garuda

Timnas Indonesia Sempat Tak Boleh Keluar Kamar Hotel di DubaiShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin terus melakukan perbaikan yang terlihat dalam dua laga uji coba, di mana mereka kalah 2-3 melawan Afghanistan, dan 1-3 di laga kedua melawan Oman.

"Jujur, dari dua laga kemarin, ada sejumlah masalah yang ditemukan, khususnya untuk bek tengah, itu yang harus dicari solusinya. Itu juga kekhawatiran saya, akan kami perbaiki satu per satu nanti," ujar Shin

"Memang, pemain sangat bekerja keras di atas lapangan saat laga kemarin. Walaupun hasil skornya 1-3, sangat terlihat baik dari permainan. Lawan kami beberapa level juga tingkatnya dari Afghanistan di laga pertama. Namun, para pemain sudah bekerja keras," lanjut dia.

3. Timnas Indonesia usung target tinggi di tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia Sempat Tak Boleh Keluar Kamar Hotel di DubaiTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Tergabung di Grup H, Timnas Indonesia masih menyisakan tiga laga lagi di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertama, Adam Alis dan kolega bakal berhadapan dengan musuh bebuyutan, Thailand, pada 3 Juni 2021 dalam laga yang akan dilangsungkan di UEA.

Setelah itu, mereka bakal bersua tim-tim kuat seperti Vietnam (7 Juni) dan Uni Emirat Arab (11 Juni).

Walau Timnas dipastikan sudah tak bisa lagi lolos ke fase selanjutnya, Shin menargetkan anak asuhnya meraih hasil maksimal. Selain demi mengatrol posisi Timnas Indonesia di peringkat FIFA, kemenangan bakal jadi modal yang bagus untuk mengangkat moril anak asuhnya di kalender internasional selanjutnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia yang Harus Belajar Usai Telat Panas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya