Comscore Tracker

Timnas U-19 Ditempatkan di Pot 2 Piala AFC U-19 2020, Ini Alasannya

Timnas U-19 berhasil menjadi juara Grup K

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 dipastikan melaju ke babak utama Piala AFC U-19 2020 yang bakal digelar di Uzbekistan. Mereka lolos lantaran mampu menjadi juara Grup K pada babak kualifikasi dengan menduduki peringkat pertama dengan torehan tujuh poin.

Bagus Kahfi dan kolega mampu meraih kemenangan atas Timor Leste (3-1), Hong Kong (4-0), dan menahan imbang Korea utara (1-1) sehingga mampu unggul dua poin atas Korea Utara yang menduduki peringkat dua dengan perolehan lima poin.

1. Timnas U-19 ditemani sembilan kampiun di grup lain untuk tampil pada babak utama Piala AFC U-19

Timnas U-19 Ditempatkan di Pot 2 Piala AFC U-19 2020, Ini Alasannya(Foto hanya ilustrasi) ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) merilis sejumlah tim yang dipastikan lolos. Timnas U-19 menemani 9 pemuncak klasemen di grup lain Qatar (Grup B), Tajikistan (C), Iran (D), Bahrain (E), Arab Saudi (F), Malaysia (G), Australia (H), Korea Selatan (I), dan Jepang (J).

Sedangkan, dua tim dari runner-up terbaik berhasil diambil Laos (H), Vietnam (J), dan Uzbekistan yang lolos karena bertindak sebagai tuan rumah.

Sedangkan dua jatah sisa masih diperebutkan oleh beberapa tim yang menunggul hasil di Grup A. Sebab, mereka masih belum memainkan pertandingan babak kualifikasi Piala AFC U-19 yang digelar di Oman.

Baca Juga: Ditahan Imbang Korea Utara, Timnas U-19 Lolos ke Piala AFC U-19 2020!

2. Timnas U-19 ditempatkan di pot 2

Timnas U-19 Ditempatkan di Pot 2 Piala AFC U-19 2020, Ini AlasannyaANTARA/Hafidz Mubarak A/foc

Dari 14 tim yang sudah lolos, AFC baru menentukan tim-tim yang menghuni pot 1, 2, sebagian di pot 3, dan pot 4 saja. Sebab, mereka baru bisa lengkap membagi tim dalam tiga pot usai 16 tim dipastikan lolos ke putaran final.

Tuan rumah Uzbekistan berada di pot 1 dengan tim-tim kuat macam Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Yang mengejutkan tentu Indonesia yang masuk pot dua bersama Qatar, Tajikistan, dan Australia. Jelas itu jadi tanda tanya besar bagi para pencinta sepakbola Indonesia.

3. Pemilihan pot dari AFC berdasarkan pada performa tim pada Piala AFC U-19 2018

Timnas U-19 Ditempatkan di Pot 2 Piala AFC U-19 2020, Ini Alasannya(Foto hanya ilustrasi) ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Timnas U-19 ditempatkan di pot dua lantaran AFC berpatokan pada hasil turnamen serupa tahun lalu. Sebagaimana diketahui, Timnas U-19 berhasil melaju ke babak perempat final Piala AFC U-19 tahun 2018 silam.

Penempatan Timnas U-19 di pot dua tentu jadi keuntungan bagi mereka. Terlebih, mereka bakal terhindar dari tim-tim yang cukup kuat macam Qatar sampai Australia pada pengundian Piala AFC U-19 2020 mendatang.

Baca Juga: Kontrak Habis bersama Timnas U-19, Bagaimana Nasib Fakhri Husaini?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You