Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Kita Tak Boleh Memaksakan

Timnas U-23 dipastikan gagal mempertahankan gelar Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memaklumi keputusan PSSI dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, yang membatalkan skuad Garuda untuk ambil bagian di Piala AFF U-23 2020. 

Sebelumnya, PSSI membatalkan Timnas U-23 untuk mentas di turnamen tersebut. Hal itu dikarenakan badai COVID-19 yang melanda tim. Sebanyak tujuh pemain dinyatakan terjangkit COVID-19 jelang keberangkatan ke Kamboja pada Jumat (11/2/2022).

“Kita tidak boleh memaksakan diri di tengah situasi seperti ini. Itu adalah kejadian di luar kehendak pelatih, federasi, apalagi pemerintah,” kata Amali.

1. Sebanyak tujuh pemain positif COVID-19

Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Kita Tak Boleh MemaksakanRonaldo Kwateh di laga lawan Timor Leste. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Tujuh pemain yang harus menepi akibat COVID-19 itu adalah Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi. 

Sementara, empat pemain Timnas U-23, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan, harus melakukan isolasi, karena sekamar dengan pemain-pemain yang dinyatakan positif. 

Hal itu tentu menggerus daya gedor skuad Garuda yang sebelumnya sudah kehilangan beberapa pemain karena cedera, seperti Ramai Rumakiek, Gunansar Mandowen, dan Muhammad Iqbal. Sementara, di sektor penjaga gawang hanya tersisa Muhammad Riyandi yang baru menjalani karantina 10 hari.

Baca Juga: Batal ke Kamboja, Shin Tae Yong: Kondisi Timnas U-23 Buruk

2. Yakin para pemain Timnas U-23 bakal cepat pulih

Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Kita Tak Boleh MemaksakanZainudin Amali (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Amali menerima apa yang sudah diputuskan PSSI. Apalagi, kondisi kesehatan pemain dinilainya sangat penting. Oleh karenanya, politikus Partai Golongan Karya itu pun meminta PSSI fokus kepada pemulihan para pemain Timnas U-23 yang saat ini terpapar COVID-19. 

Dia yakin, para pemain Timnas U-23 yang terpapar COVID-19 bakal cepat sembuh. Berkaca pada pengalaman di PON XX Papua 2021 lalu, di mana atlet yang terpapar penyembuhannya bisa segera pulih.

“Seperti ketika PON XX di Papua yang lalu, walaupun banyak atlet yang terpapar tapi recovery-nya cepat. Karena para atlet sesungguhnya punya kebugaran fisik yang bagus. Apalagi mereka semuanya sudah divaksinasi. Semoga kondisi mereka segera pulih,” harap Amali.

3. Tak bisa mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23

Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Kita Tak Boleh MemaksakanWinger Timnas Indonesia, Saddil Ramdani. Dok.IDN Times/Istimewa

Sejatinya, Timnas U-23 bakal berangkat pada 10 Februari 2022. Dari jadwal yang sudah dirilis, mereka tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos, dalam Piala AFF. 

Seharusnya Timnas U-23 akan memulai aksinya di Piala AFF dengan bersua Laos pada 15 Februari 2022. Berselang tiga hari, Garuda Muda akan diuji Myanmar dalam pertandingan yang digelar di Prince Stadium.

Duel pamungkas atau laga penentu di fase grup, saat Timnas U-23 harus bentrok dengan musuh bebuyutannya, Malaysia pun sudah dipastikan tak jadi digelar. 

Dengan kondisi seperti ini, Timnas U-23 pun dipastikan tak akan bisa mempertahankan gelar juara yang sebelumnya diraih Sany Rizky dan kolega di Piala AFF U-23 sebelumnya.

Baca Juga: Maunya Striker, Shin Tae Yong Malah Dapat 2 Bek Buat Naturalisasi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya