Timnas U-23 Kalah dari Pohang, Shin Soroti Tempo Permainan Tim

Timnas U-23 mengalami kekalahan di laga uji coba kedua

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 harus kalah dari Pohang Steelers 2-0 dalam laga uji coba di Steel Yard Stadium, Sabtu (23/4/2022). Hal itu membuat juru taktik skuad Garuda Muda, Shin Tae Yong, memberikan beberapa catatan penting untuk anak asuhnya. 

Setelah meraih kemenangan atas Andong Science College 4-2 pada laga uji coba pertama dalam rangkaian pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, Shin menilai, pada laga ini para pemainnya tak bisa mengimbangi umpan cepat sang lawan, lalu beberapa kali hilang momentum.

"Kami tak bisa imbangi tempo pertandingan, lawan umpannya cepat dengan satu sentuhan. Sedang, kami tak bisa mengejarnya. Evaluasi saya salah satunya ini, soal tempo pertandingan dan waktu memberi umpan," kata Shin dalam rilis PSSI.

1. Timnas U-23 sempat imbangi Pohang Steelers

Timnas U-23 Kalah dari Pohang, Shin Soroti Tempo Permainan TimTimnas U-23 dikalahkan Pohang Steelers 2-0 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Sebetulnya, Timnas U-23 sudah bisa menahan gempuran lawan sepanjang babak pertama laga uji coba itu. Mereka bahkan membuat klub yang tiga kali juara Liga Champions itu kesulitan hingga pengujung laga. Namun, pertahanan mereka jebol sepuluh menit akhir lewat gol menit 82 dan 89.

"Lalu, ada momen kemasukan gol, ada peluang cetak gol pemain yang dari belakang tak naik sama sekali. Jadi ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki pelan-pelan," ujar pelatih berusia 52 tahun itu.

2. Ketum PSSI sebut Timnas U-23 tunjukan peningkatan

Timnas U-23 Kalah dari Pohang, Shin Soroti Tempo Permainan TimKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan meninjau stadion Mandala Krida Yogyakarta. (IDN TImes/Tunggul Kumoro)(IDN TImes/Tunggul Kumoro)

Sementara, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut jika hasil ini jadi salah satu bagian dari proses menuju SEA Games 2021 mendatang. Dia menyiratkan, yang terpenting pemain bisa terus berkembang hingga tampil apik di kejuaraan resmi.

"Meski kalah, perkembangan pemain selama mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan terus meningkat. Saya harap pemain terus fokus, disiplin dan terus berjuang keras apalagi di SEA Games nanti kami menargetkan meraih emas," kata Iriawan.

3. Timnas U-23 jadwalkan satu laga uji coba lagi di Korsel

Timnas U-23 Kalah dari Pohang, Shin Soroti Tempo Permainan TimTimnas U-19 dikalahkan klub K-League 1 Pohang Steeler FC 1-5 dalam laga uji coba do Korea Selatan, Sabtu (9/4/2022). (Dok. PSSI)

Selanjutnya, Timnas U-23 direncanakan akan menggelar laga uji coba terakhir melawan Daejon Hana Citizen pada 27 April 2022. Setelah itu mereka akan kembali dulu ke Jakarta sebelum bertolak ke Vietnam pada tangggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Gamas 2021.

"Kami akan fokus conditioning agar bisa tanding lebih baik setelah uji coba lawan Daejon, lalu kami akan terbang ke Jakarta," ujar Shin.

Pada ajang SEA Games 2021, Indonesia tergabung di Grup A. Timnas U-23 akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Cabang olahraga sepak bola sudah dimulai sejak tanggal 6 Mei 2022.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya