Comscore Tracker

TIRA-Persikabo vs Persipura: Jangan Remehkan Mutiara Hitam!

Persipura belum pernah meraih sekalipun kemenangan

Jakarta, IDN Times - TIRA-Persikabo berpeluang merangsek ke papan atas, atau tepatnya lima besar kelasemen Liga 1 2019. Syaratnya, Skuat Laskar Pajajaran bisa meraih tiga poin saat menjamu Persipura Jayapura pada pekan kelima di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (23/6).

Klub asal Bogor tersebut memiliki kans cukup besar untuk bisa mengalahkan Persipura. Pasalnya, Osas Saha dan kolega sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai menahan Persib dalam laga tunda pekan pekan kedua. Ditambah, sang lawan tengah menjadi pesakitan dalam memulai start di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air tersebut.

1. Di mata RD Persipura tetaplah tim kuat dan dihuni pemain berpengalaman

TIRA-Persikabo vs Persipura: Jangan Remehkan Mutiara Hitam!IDN Times/Hendy Wardhana

Sebagaimana diketahui, Persipura belum pernah sekalipun meraih kemenangan dalam tiga laga yang telah dijalani musim ini. Pada laga perdana, Persipura langsung dikuliti Persib (3-0), selanjutnya hanya bermain imbang melawan Persela (2-2), dan ditahan tamunya PSS (1-1) di Stadion Mandala sebelum jeda lebaran.

"Walau belum pernah menang, Persipura tetaplah tim kuat dan mereka dihuni pemain-pemain berpengalaman," kata pelatih TIRA-Persikabo, Rahmad Darmawan, perihal kekuatan bekas tim yang pernah ditukanginya dalam sesi konferensi pers sebelum laga, Sabtu (22/6).

Baca Juga: Mengapa Persipura Kalah dari Persib? Ini Alasan Pelatih

2. RD mewaspadai kecepatan para pemain Persipura

TIRA-Persikabo vs Persipura: Jangan Remehkan Mutiara Hitam!Liga-Indonesia.id

Terang saja, RD, sapaan Rahmad Darmawan, pantang untuk meremehkan calon tamunya itu. Sebab, ia sudah berpengalaman beberapa tahun melatih Persipura, jadi ia tahu betul bagaimana talenta-talenta pemain Papua yang sangat berpotensi merepotkan tim yang dinakhodainya kali ini.

Pemain-pemain asal Papua sudah masyhur memiliki kemampuan individu di atas rata-rata dalam urusan mengolah bola dan punya lari yang cukup kencang. Tak pelak, RD pun mengaku sudah menyiapkan antisipasi terkait kelebihan Persipura yang berpotensi jadi batu sandungan TIRA-Persikabo dalam duel nanti.

"Pertama, kami harus bermain kolektif, percaya diri, dan punya motivasi tinggi seperti melawan Persib, sebab tanpa itu kami pasti kesulitan. Hal yang paling diwaspadai dari Persipura adalah kecepatan mereka dalam melakukan serangan," ujar RD.

3. Luciano pastikan bakal mendepak pemain yang minim kontribusi di lapangan

TIRA-Persikabo vs Persipura: Jangan Remehkan Mutiara Hitam!IDN Times/Galih Persiana

Sementara, Persipura masih saja dirundung masalah perihal performa tim yang belum moncer. Hal itu, diakui oleh pelatihnya, Luciano Leandro, beberapa waktu lalu. Namun, arsitek berpaspor Brasil itu mengatakan sudah berbenah agar bisa menghentikan tren negatif di Liga 1 ini.

"Kami sudah ada evaluasi, untuk pemain yang tak terlihat kontribusinya, tentu akan kami ganti posisinya. Tapi, kami tak akan melakukan banyak perubahan," tutur pelatih yang semasa bermain pernah memperkuat Persija Jakarta ini.

4. Punya banyak waktu untuk melakukan perbaikan, Luciano lebih optimitis

TIRA-Persikabo vs Persipura: Jangan Remehkan Mutiara Hitam!pialapresiden.id

Luciano lebih optimistis dalam menghadapi laga kali ini. Menurut dia, jeda kompetisi memberikan banyak waktu untuk melakukan perbaikan dalam tubuh timnya. Tak pelak, ia yakin bisa meraih poin dalam lawatannya kali ini.

Eks pelatih PSM Makassar itu juga tak mau menilai individu setiap pemain TIRA-Persikabo dan enggan mewaspadai satu pemain yang dianggap berbahaya. Ia hanya meminta penggawa Persipura untuk fokus dan bisa mengantisipasi permainan TIRA-Persikabo yang musim ini mengandalkan kecepatan jika ingin meraih tripoin perdana di Bogor.

Baca Juga: [BREAKING] Tampil di Kandang, Persib Ditahan TIRA-Persikabo 1-1

5. Perkiraan susunan pemain TIRA-Persikabo kontra Persipura

TIRA-Persikabo vs Persipura: Jangan Remehkan Mutiara Hitam!Dok. TIRA-Persikabo/Alvino Hanafi

Perkiraan Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra; Rifad Marasabessy, Andy Setyo, Khursed Bekhazarov, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Louise Parfait, Ciro Alves; Osas Saha, ,  Loris Arnaud, Wawan Febrianto.

Persipura (4-4-2): Dede Sulaiman; Tinus Pae, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Valentino Telaubun; Ian Kabes, M. Tahir, Oh In-kyun, Gunansar Mandowen; Boaz Solossa, Marinus Wanewar.

Baca Juga: Ditahan Imbang PS TIRA-Persikabo, Rene Akui Persib Telat Panas

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Anata Siregar

Just For You