Undian Piala Asia U-20 2023: Timnas U-20 Masuk Pot Dua

Skuad Garuda Muda ada di pot dua dalam turnamen ini

Jakarta, IDN Times - Timnas U-20 Indonesia dipastikan masuk pot dua dalam undian fase grup Piala Asia 2023. Hal ini dianggap cukup menguntungkan bagi skuad Garuda Muda untuk menjalani turnamen bergengsi tersebut.

Kepastian ini muncul usai semua pertandingan di babak kualifikasi Piala Asia U-20 rampung pada Selasa (18/10/2022) kemarin. Sebanyak 16 tim pun dipastikan bakal ambil bagian dalam laga ini.

1. Timnas U-20 berada di pot dua bersama Jepang

Undian Piala Asia U-20 2023: Timnas U-20 Masuk Pot DuaKiper Timnas U-19 Cahya Supriadi tampil menawan di bawah mistar gawang saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Timnas U-20 bakal berada di pot dua bersama Australia, Jepang, dan Tajikistan dalam ajang Piala Asia U-20 kali ini. Alhasil, keempatnya dipastikan tak bakal berada dalam satu grup yang sama dalam fase penyisihan nanti.

Tim besutan Shin Tae Yong ini bisa masuk kontestan yang ada di unggulan kedua, karena di ajang serupa edisi sebelumnya, berhasil lolos hingga babak perempat final. Kala itu, mereka harus menyerah dari Jepang.

Baca Juga: Timnas U-20 Bakal Lakoni TC di Spanyol dan Turki

2. Timnas U-20 bisa saja bersua Arab Saudi hingga Korea Selatan

Undian Piala Asia U-20 2023: Timnas U-20 Masuk Pot DuaPenggawa Timnas U-20, Robi Darwis. (dok. PSSI).

Sementara, tim-tim unggulan yang masuk pot satu, berpeluang bakal jadi lawan berat Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023 nanti. Mereka adalah Arab Saudi, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Qatar.

Hokky Caraka Bintang Briliant juga berpotensi bertemu tim kuat yang kebetulan ada di pot ketiga seperti Vietnam, Yordania, China, dan Irak. Berarti, duel panas Timnas U-20 melawan Vietnam pun bisa saja berlanjut di babak penyisihan nanti.

Sedangkan, empat tim terakhir yang berada di pot empat, hampir semuanya berasal dari Timur Tengah, yakni Suriah, Iran, Oman, dan Kirgiztan.

3. Pembagian pot dalam undian grup Piala Asia U-20

Undian Piala Asia U-20 2023: Timnas U-20 Masuk Pot DuaDuel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Timnas U-20 sebetulnya bakal tampil tanpa beban dalam ajang Piala Asia U-20 2023. Sebab, mereka tak harus berjuang keras meraih tiket lolos ke Piala Dunia U-20, karena sudah dipastikan lolos otomatis dengan status tuan rumah.

Hanya saja, Shin Tae Yong tentu tak mau Timnas U-20 dibuat malu dalam ajang ini. Sebab, selain untuk membuktikan diri anak asuhnya layak bersaing di kancah dunia, hasil bagus akan jadi modal terbaik sebagai bekas tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Pot 1
Arab Saudi, Korea Selatan, Qatar, Uzbekistan

Pot 2
Indonesia, Jepang, Australia, Tajikistan

Pot 3
Vietnam, Yordania, China, Irak

Pot 4
Iran, Suriah, Oman, Kirgizstan

Baca Juga: Timnas U-20 ke Eropa, Ketum PSSI: Pemain Jangan Berbuat Aneh-aneh 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya