Wasit di Liga Meksiko Sepak Selangkangan Pemain, Kok Bisa?

Romero menganggap wasit manusia biasa yang bisa buat salah

Jakarta, IDN Times - Seorang wasit bernama Fernando Hernandez melakukan aksi brutal dengan menendang selangkangan pemain dengan lututnya dalam sebuah pertandingan Liga Meksiko. Hal itu membuat federasi terkait melakukan penyelidikan kepada sang pengadil.

Dikutip Daily Star, Hernandez tertangkap kamera menggerakkan lutut kirinya ke arah selangkangan gelandang Leon, Lucas Romero, saat bentrok dengan Club America Liga MX pada Sabtu, 1 April 2023. Tindakannya itu bahkan menjadi viral di media sosial.

1. Pemain sempat melakukan protes

Akibat tendangan tersebut, Romero jatuh di lapangan.

Awalnya, Romero melakukan protes dan mepertanyakan keputusan Hernandez. Namun, saat diberi kartu, Romero juga ditendang bagian selangkangannya, tapi usai laga dia enggan memperpanjang masalah karena wasit bisa saja melakukan kesalahan.

“Jelas (wasit) adalah manusia biasa. Mereka sering melakukan kesalahan. Hal itu berkembang menjadi sesuatu. Sehingga, muncul kesalahpahaman,” kata Romero berbicara kepada TUDN dikutip Daily Star.

"Saya tidak meminta apa pun, dia mengatakan kepada saya itu tidak disengaja. Namun, mereka juga harus menghormati kami karena kami menghormati mereka di lapangan. Terlebih mereka adalah perangkat pertandingan.” lanjut dia.

Baca Juga: Kontroversi Wasit dalam Laga Inter Milan Vs Juventus

2. Hernandez dikritik mantan wasit

Walau Romero tak memperpanjang urusan tersebut, Federasi Sepak Bola Meksiko tetap melakukan penyelidikan. Mereka mencari tahu penyebab sang wasit melakukan hal itu. Bisa jadi ancaman sanksi membuat Hernandez tak bisa memimpin pertandingan lagi.

Hal itu diakui pula oleh eks wasit Feliper Ramos. Menurut dia, aksi itu bisa berisiko membuat Hernandez kehilangan pekerjaan. Apalagi, selain lututnya yang masuk ke selangkangan pemain, dia juga melakukan beberapa kesalahan dalam mengambil keputusan di lapangan.

“Tindakan itu tidak bisa diterima. Menendang dengan lutut dari wasit ke pemain Leon, ini bisa membuat Fernando Hernandez kehilangan karirnya. Bagaimana Anda menjelaskan agresi dari wasit ini?" kata Felipe.

3. Hernandez terancam sanksi berat

Wasit di Liga Meksiko Sepak Selangkangan Pemain, Kok Bisa?express.co.uk

Dalam laga tersebut, Leon sendiri bermain imbang 2-2 melawan Club America. Berstatus sebagai tuyan rumah, mereka bahkan sempat unggul dalam pertandingan. Sayang, sesaat sebelum laga usai, kemenangan yang sudah di depan mata dibuyarkan Club America.

Terlepas dari hasil pertandingan, kini nasib Fernando Hernandez berada di ujung tanduk. Jika penyelidikan menemukan kejanggalan saat lututnya mengenai selangkangan Lucas Romero, bukan tak mungkin dia harus mencari pekerjaan lain selan wasit.

Baca Juga: Pertama Kali di Dunia Sepak Bola, Wasit Keluarkan Kartu Putih

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya