Inilah 6 Fakta Menarik Jelang Semi Final Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Belgia paling produktif ya

Babak perempat final Piala Dunia 2018 telah paripurna. Hasilnya, empat tim dari Eropa mampu melaju ke babak semi final. Yakni Prancis, Belgia, Inggris, dan Kroasia yang berhasil menaklukkan lawannya masing-masing.

Di laga Pertama, Prancis mampu menundukkan wakil zona Comnebol, Uruguay dengan skor 2-0. Belgia mampu menundukkan favorit juara, Brasil 2-1 di laga kedua yang dihelat di Kazan Arena. Sementara, Inggris mampu jinakkan Swedia 2-0. Terakhir, tuan rumah Rusia harus kalah dramatis lewat adu penalti (4-3).

Menuju ke babak semi final ini banyak fakta menarik yang bisa disajikan. Berikut fakta-fakta menarik dilansir dari OptaJoe, di antaranya:

1. Tak ada wakil Amerika Selatan

Inilah 6 Fakta Menarik Jelang Semi Final Piala Dunia 2018fifa.com

Untuk kali pertama dalam kurun waktu 12 tahun terakhir tak ada wakil dari Amerika selatan di babak semifinal. Total kelima kali dalam sejarah Piala Dunia, semi finalis dihuni oleh tim-tim dari Eropa. Sebelumnya terjadi pada Piala Dunia 1934, 1966, 1982, dan 2006.

Tak ayal jika turnamen di Rusia ini bak kuburan bagi wakil-wakil Benua Biru.

2. Penantian panjang kontestan menuju babak semi final

Inilah 6 Fakta Menarik Jelang Semi Final Piala Dunia 2018dailymail.co.uk

Seluruh semi finalis Piala Dunia 2018 harus menunggu lama untuk kembali tampil di fase ini. Paling cepat, Prancis menunggu dua edisi (PD 2006). Sisanya, Belgia (PD 1986), Inggris (1990), dan Kroasia (1998).

3. Belgia paling digdaya dan produktif

Inilah 6 Fakta Menarik Jelang Semi Final Piala Dunia 2018fifa.com

Belgia adalah satu-satunya tim yang selalu menang sepanjang putaran final Piala Dunia (Lima kali), dan status skuat Rode Duivels pun jadi tim paling produktif dengan 14 gol sejauh ini di Piala Dunia 2018.

5. Pelatih asing berprestasi

Inilah 6 Fakta Menarik Jelang Semi Final Piala Dunia 2018fifa.com

Pelatih Belgia, Roberto Martinez (Berpaspor Spanyol) jadi pelatih kedua yang membawa negara lain (Belgia) tampil di babak semi final. Ia jadi pelatih pertama yang melatih negara lain di empat besar.

Pertama, dilakukan Luiz Felipe Scolari (Brasil) saat membawa Portugal ke fase yang sama di Piala Dunia 2006.

5. Vatreni raja adu tos-tosan

Inilah 6 Fakta Menarik Jelang Semi Final Piala Dunia 2018fifa.com

Kroasia adalah raja adu penalti di Piala Dunia. Sebab, skuat Vatreni menyamai torehan Argentina pada Piala Dunia 1990 yang berhasil memenangi dua drama adu penalti. Lalu mereka juga punya dua catatan rekor. Yakni tak terkalahkan dan selalu mencetak gol dalam sembilan pertandingan terakhir.

6. Kali ketigaThe Three Lions ke semi final

Inilah 6 Fakta Menarik Jelang Semi Final Piala Dunia 2018fifa.com

Inggris untuk pertama kalinya menang dalam drama adu penalti di ajang Piala Dunia saat babak 16 besar, setelah tiga kali kesempatan selalu gagal. The Three Lions juga catatkan tiga kali tampil di babak semifinal selama mengikuti Piala Dunia.

Pertama pada 1966 di kandang sendiri, kemudian 1990 di Italia, dan kali ini di Rusia.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya