Comscore Tracker

Ini Alasan Mengapa Kroasia Diprediksi Bisa Jadi Juara Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Ini baru tim kuda hitam, setuju gak?

Pecinta sepak bola pasti akan selalu ingat prestasi tertinggi Kroasia, yaitu mampu mengejutkan publik dengan menjadi juara ketiga Piala Dunia 1998. Kala itu tim yang dijuluki Vatreni mampu meraih prestasi tertinggi saat ditangani oleh pelatih yang sampai sekarang tetap disanjung rakyat Kroasia, yakni Miroslav Blazevic.

Kini, Kroasia dibawah arahan Zlatco Dalic yang tengah berjuang di fase gugur Piala Dunia 2018 berusaha meraih prestasi yang pernah dipersembahkan Blazevic. Luka Modric dkk. ingin menorehkan sejarah baru dengan melebihi torehan yang diraih Davor Suker, Zvonimir Boban, Slaven Bilic dll. di gelaran turnamen serupa.

1. Vatreni sedang dalam top performance

Ini Alasan Mengapa Kroasia Diprediksi Bisa Jadi Juara Piala Dunia 2018ciroblazevic.com

Cukup realistis jika melihat kondisi skuat Vatreni di Piala Dunia Rusia ini, mereka bisa dibilang sedang dalam performa yang sangat baik. Tak heran jika sang pahlawan yang pernah membawa Kroasia melangkah sangat jauh, yakni Blazevic merasa yakin negaranya akan lebih meledak dibandingkan saat ia memegangnya 20 tahun silam.

“Selalu ada kandidat juara tradisional. Namun, saya yakin kali ini akan ada kejutan. Kroasia adalah favorit juara di Rusia 2018 dan akan menjadi lokomotif terdepan tim kejutan,” ujar Blazevic kala ditanya soal prediksi Piala Dunia 2018.

2. Dejan Lovren yakin torehkan sejarah baru

Ini Alasan Mengapa Kroasia Diprediksi Bisa Jadi Juara Piala Dunia 2018fifa.com

Senada dengan Blazevic, penggawa Kroasia yang juga pemain Liverpool, Dejan Lovren optimis dengan kedalam skuat yang dimilikinya. Ia yakin negaranya mampu berbicara banyak di PD edisi ini.

“Kami bisa melakukannya, bahkan lebih baik. Ketika melihat materi skuat, kami punya pemain yang lebih bagus ketimbang Kroasia 20 tahun lalu, beber Lovren dilansir dari The Independent.

3. Kroasia tak diunggulkan, tapi berpotensi

Ini Alasan Mengapa Kroasia Diprediksi Bisa Jadi Juara Piala Dunia 2018fifa.com

Memang jika ukuannya adalah materi pemain, Kroasia punya skuat mentereng dan kenyang pengalaman di kompetisi top Eropa. Luka Modric misalnya, pemain yang mejadi pilar Real Madrid di kompetisi domestik ini mampu menjadi sosok sentral dan metronom di engine room skuat Vatreni.

Lalu ada Ivan Rakitic (Barcelona) yang mampu membuat Messi tak mampu berbuat apa-apa kala Argentina ditaklukan Kroasia di baba penyisihan. Selanjutnya, kita tak bisa mengesampingkan Mario Mandzukic (Juventus) dan Ivan Perisic (Inter Milan) yang memiliki mental petarung dan konsisten meneror lawan dengan kegesitannya.

Memang jika melihat sejarah, di atas kertas Kroasia bukanlah tim unggulan utama. Tapi, di atas lapangan Vatreni adalah tim dengan kekuatan komplit dan kaya potensi. 

Ilyas Mujib Photo Community Writer Ilyas Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You