Jam Canggih ini Dipakai Wasit di Piala Dunia 2018, Siapa Mau Beli?

#WorldCup2018 Keren juga ya jam tangan ini

Piala Dunia 2018 tak hanya jadi ajang unjuk skill pemain saja. Sebab, turnamen sepak bola terakbar sejagad ini ternyata juga jadi ajang pamer kecanggihan sebuah teknologi. Selain muncul Video Assistant Referees (VAR) yang membantu wasit menentukan keputusan, wasit pun masih dibekali peranti canggih.

Para pengadil lapangan semuanya dipersenjatai smartwatch yang berfungsi untuk mengecek gol dari brand kenamaan Hublot. Jam tersebut ternyata akan memunculkan notifikasi ketika sebuah gol telah dianggap sah oleh sistem.

1. Jam yang menentukan sah atau tidaknya gol

Jam Canggih ini Dipakai Wasit di Piala Dunia 2018, Siapa Mau Beli?thesun.co.uk

Jelas sekali ini merupakan barang mewah dan canggih, karena selain menunjukkan waktu, smartwatch ini bakal memberi tanda getar kalau sebuah gol tercetak. Padahal, sebelumnya teknologi penentu sah atau tidaknya gol itu sudah ada, yakni lewat goal-line.

Jika ingin tahu bagaimana kinerjanya, Smartwatch ini pun telah teruji oleh beberapa wasit selama berlangsungnya babak penyisihan. Termasuk saat laga antara Jepang kontra Kolombia.

Teknologi dalam jam ini mampu berjalan dengan baik karena bisa memberikan informasi yang tepat mengenai gol dari Juan Quintero.

2. Hublot ditanam peranti canggih

Jam Canggih ini Dipakai Wasit di Piala Dunia 2018, Siapa Mau Beli?thesun.co.uk

Wajar demikian, karena jam canggih ini dibekali OS Wear yang juga ditemukan di Tag Heuer Connected Modular 45 yang populer itu. Lalu, jam ini juga ditanam prosesor Intel Atom Z34XX dengan layar 400x400 AMOLED.

Ditambah lagi, perangkat wasit yang satu ini juga dilengkapi dengan koneksi Bluetooth 4.1, 802.11n WiFi dengan kapasita baterai sebesar 410 mAh. Tentunya, dengan spesifikasi tersebut, smartwatch ini membuat kesalahan wasit jadi semakin kecil.

3. Jam Hublot edisi Piala Dunia dijual terbatas

https://www.youtube.com/embed/8hwCwD589S8

Selain jam tangan ini digunakan oleh wasit selama gelaran Piala Dunia 2018, ternyata smartwatch ini juga bisa dibeli lho. Namun, dijual dengan jumlah yang terbatas. Hanya 2.018 buah saja.

Jika melihat dari rilisnya, jam Hublot yang canggih ini dibanderol seharga US$ 5200 atau sekitar Rp 74 juta lebih (1 US$ = Rp 14280 per tanggal 30 Juni 2018) dengan desain khusus Piala Dunia. Wah, termasuk mahal juga ya jam tangan ini.

Spesifikasi Hublot:

  • 5.4mm watchface
  • 400 x 400 AMOLED screen
  • Bluetooth 4.1
  • 802.11n Wi-Fi
  • 410mAh battery
  • Wear OS
  • Intel Atom Z34XX processor.
Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya