Kumpulan 5 Gol Cantik dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Mana yang menurutmu paling keren?

Sudah ada 116 gol yang tercipta hingga partai terakhir Grup A yang mempertemukan Uruguay kontra tuan rumah Rusia, Senin (25/6) dalam gelaran Piala Dunia 2018. Sebanyak 35 gol lahir dari situasi bola mati.

Dari semua gol yang dikreasi lewat bola mati, 15 gol lahir lewat titik putih, dan 11 sisanya mampu dilahirkan lewat tendangan bebas.

Meski banyaknya gol yang terlahir lewat bola mati, bukan berarti setiap tim bisa memanfaatkan peluang tersebut menjadi gol. Banyak juga yang berakhir sia-sia karena tak semua tim memiliki eksekutor bola mati yang andal.

Bisa juga, tempat terjadinya pelanggaran (posisi melakukan tendangan bebas) tak cukup ideal untuk dilakukan tendangan bebas langsung. Ini yang membuat gol yang terlahir lewat tendangan bebas cantik, begitu sedikit terjadi di Piala Dunia kali ini.

Total, hanya ada lima gol lewat direct free-kick yang terlahir. Berikut adalah sederet gol yang terlahir lewat tendangan bebas langsung.

1. Cristiano Ronaldo (Portugal)

https://www.youtube.com/embed/V-Bu97M3K5A

Gol melalui set piece bukan hal baru bagi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki kemampuan dalam mengeksekusi bola mati dengan cukup piawai. Pemain dengan segudang rekor pribadi itu memamerkannya saat Seleccao melawan Spanyol.

Dia menciptakan gol yang sangat penting lewat tendangan bebas. Posisi tendangan yang tepat ditengah membuat Ronaldo mampu mengarahkan bola dengan ideal. Dengan kaki kanannya, Ronaldo melepaskan tembakan yang menghujam sisi kiri atas gawang kiper Spanyol, David De Gea di menit ke-33.

2. Aleksandr Golovin (Rusia)

Kumpulan 5 Gol Cantik dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2018fifa.com

Pesta gol Rusia pada laga pertama kontra Arab Saudi diwarnai gol tendangan bebas lewat kaki Aleksandr Golovin, yang tampil luar biasa sepanjang laga pembuka Grup A.

Bahkan, sebelum Golovin berhasil mengukir gol, ia bisa menjadi otak lahirnya dua gol masing-masing untuk gol pertama dan ketiga. Ia meberikan sepasang assist yang membuat timnya pesta gol ke kandang Arab Saudi.

Gol Golovin merupakan gol kelima Rusia selama pergelaran Piala Dunia. Proses gol itu berawal tendangan bebas yang tepat di tengah, pemain berusia 22 tahun itu mengeksekusi tendangan bebas dengan kaki kanan. Bola masuk ke sisi kiri atas gawang Arab Saudi.

3. Aleksandar Kolarov (Serbia)

https://www.youtube.com/embed/8RfK6QKTL0Y

Aleksandar Kolarov, yang mencetak dua gol tendangan bebas di Serie A 2017/18 bersama Roma, langsung mendapat tantangan terkait kepiawaiannya tersebut versus Kosta Rika pada gim perdana Grup E.

Serbia mendapat tendangan bebas di sisi tengah kiri pertahanan Kosta Rika. Posisi yang merupakan makanan empuk bagi Kolarov yang berkaki kidal. Mantan bek Manchester City itu melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Bola melambung dan masuk ke sudut kiri gawang Kosta Rika.

4. Jose Quintero (Colombia)

https://www.youtube.com/embed/qJ6jZEQHYs4

Luar biasa. itulah kata yang tepat menggambar­kan proses gol yang diukir gelandang Kolombia Juan Quintero saat kalah 1-2 dari Jepang di Grup H. Quintero mampu mengecoh pagar betis para pemain Jepang yang sudah terlebih dulu melompat lewat tendangan pelan mendatar.

Kiper Jepang, Eiji Kawashima, sebetulnya bisa menangkap bola itu, hanya bola tetap melesat masuk ke dalam gawangnya.

5. Luis Suarez

https://www.youtube.com/embed/_3x2WeKzAv0

Suarez kembali menunjukan ketajamannya kala Uruguay berhadapan dengan tuan rumah Rusia. Ia berhasil membuat gol lewat tendangan bebas. Sepakan mendatarnya ke sudut kiri gawang Rusia tak mampu diantisipasi oleh kiper, Igor Akinfeev.

Selanjutnya, masih ada banyak laga yang harus dilalui pada Piala Dunia 2018. Kira-kira bakal terjadi gol cantik yang seperti apa lagi ya?

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya