Misi Tembus Ranking 25 FIFA, PSSI Buat Road Map 'Menuju 2045'

Apa saja sih target federasi? bikin penasaran nih!

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) membidik misi agar timnas Indonesia masuk 25 besar ranking FIFA beberapa tahun kedepan. Guna wujudkan ambisinya, ferderasi olahraga tertua di Indonesia itu merancan program dalam road map PSSI yang bertajuk ‘Menuju 2045’. 

Jika sesuai rencana, target itu tercapai sekitar 27 tahun lagi. Kenapa demikian? karena hal itu bertepatan dengan peringatan 100 tahun Indonesia merdeka pada 2045.

1. PSSI inginkan progamnya diketahui masyarakat

Misi Tembus Ranking 25 FIFA, PSSI Buat Road Map 'Menuju 2045'instagram/@ratu.tisha

Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkapkan dalam road map tersebut terdapat beberapa target yang berkesinambungan yang golnya adalah misi utama menuju 25 besar dunia. Oleh sebab, itu ia menginginkan program ini bisa diketahui masyarakat luas agar bisa membantu mewujudkannya secara bersama-sama.

"Seluruh masyarakat harus tahu apa yang akan dilakukan PSSI dengan target jangka panjangnya. Dalam menyambut 100 tahun kemerdekaan Indonesia, mudah-mudahan semua elemen turut membantu," kata Tisha di acara Forum Diskusi Bola di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta pekan lalu.

2. Pijakan pertama timnas Indonesia adalah masuk fase semifinal Asian Games

Misi Tembus Ranking 25 FIFA, PSSI Buat Road Map 'Menuju 2045'pssi.org

Pijakan pertama PSSI adalah mencapai empat besar atau babak semifinal di Asian Games 2018. Hal itu sangat masuk akal, sebab kali ini timnas Indonesia sedikit diuntungkan karena tampil sebagai tuan rumah di ajang multi event olahraga terbesar se-Asia ini.

Selanjutnya, timnas Indonesia ditagetkan tampil di Olimpiade 2024. Hal itu untuk akan erus mengatrol posisi Indonesia di peringkat FIFA.

Kemudian tahun 2030, skuat Garuda diharapkan bisa mencatatakan sejarah baru mampu tampil di Piala Dunia. Baru setelah itu, federasi proyeksikan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen serupa bersama negara-negara ASEAN selang empat tahun setelahnya.

Puncaknya pada 2045 yang bertepatan dengan satu abad Indonesia merdeka, Tim Merah-Putih mampu menembus 25 besar ranking FIFA.

3. PSSI tengah menguatkan fondasi

Misi Tembus Ranking 25 FIFA, PSSI Buat Road Map 'Menuju 2045'pssi.org

Tisha Mengutarakan:

"Bagaimana caranya? Tak akan mudah. Level timnas itu harus didukung oleh beberapa bidang lainnya, yaitu organisasi, pengembangan, kompetisi, dan aktivitas bisnis."

Oleh sebab itu, Tisha memaparkan bahwa federasi tengah fokus menguatkan fondasi guna wujudkan misi sulit itu. Tak ayal, mulai dari sektor pembinaan, infrastruktur, dan kompetisi tidak luput dari perbaikan PSSI.

“Kami ingin membuat sepak bola sebagai wajah baru Indonesia. Kami fokus kuatkan fondasi untuk mewujudkannya."

4. Filanesia masih menjadi landasan pembentukan karakter pemain

Misi Tembus Ranking 25 FIFA, PSSI Buat Road Map 'Menuju 2045'pssi.org

Selain itu, pihak federasi juga membuat program pengembangan lainnya, yaitu pembentukan 11 regulasi dan standarisasi, pengembangan kepelatihan, serta mengatrol kualitas wasit. Hal itu dibantu oleh anggota PSSI (klub dan Asprov), FIFA Forward Programme, dan bermitra dengan organisasi internasional (DFB, FFA, dan JFA).

Dalam pengembangan pemain sendiri, federasi masih terus menjalankan filosofi sepak bola Indonesia atau yang dikenal dengan nama Filanesia menjadi landasan pembentukan karakter teknik para pemain.

*Untuk Hiperlink tidak ada karena saya menulis artikel olahraga nasional selalu dari data hasil liputan pribadi. jika bukan hasil pribadi pasti saya cantumkan lansiran atau kutipannya, terimakasih

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya