Ramirez Kembali Terjungkal di Tangan Selecao

#WorldCup2018 Ramirez pernah dikalahkan Brasil lho!

Rekor minor pelatih Kosta Rika, Oscar Ramirez kala bersua Brasil di ajang Piala Dunia belum berubah. Hal itu terjadi setelah Kosta Rika dikalahkan Brasil dengan skor 2-0, Jumat (22/6).

Kekalahan dari Brasil ini membuat Ramirez masih belum mampu menjungkalkan Selecao sebagai pemain maupun pelatih. Pasalnya, saat menjadi pemain di Piala Dunia 1990, Ramirez dkk. dikalahkan Brasil dengan skor 1-0 di Stadion Delee Alpi, Turin.

Hal ini membuat pelatih kepala Kosta Rika, Oscar Ramirez tentu kecewa karena tak mampu mengulangi prestasi Kosta Rika empat tahun lalu lolos ke babak 16 besar. Ia tak bisa menyamai rekor yang dibuat oleh pelatih Los Ticos di PD edisi sebelumnya, yakni Jorge Luis Pinto.

Padahal, di bawah arahan Ramirez sebenarnya Kosta Rika mencatatkan hasil yang bagus pada babak kualifikasi. Ia mampu membawa timnya mencapai semi final Piala Emas CONCACAF 2017 dan membawa Kosta Rika sebagai tim ke-13 ke putaran final Piala Dunia 2018.

1. Ramirez pelatih syarat prestasi

Ramirez Kembali Terjungkal di Tangan Selecaocronica.cr

Mantan pelatih LD Alajuelense itu mulai menangani Kosta Rika pada tahun 2015 lalu. Ia menggantikan posisi Paulo Wanchope yang mengundurkan diri dari jabatannya karena menyusul pertengkaran fisik kala dikalahkan Panama di tribun di Estadio Maracana.

Ia sebetulnya bukan sosok asing bagi timnas Kosta Rika. Pasalnya, Ramirez sebelumnya telah menjadi staf pelatih timnas dari 2006-2008, bekerja sebagai asisten Hernan Medford.

Pelatih berusia 50 tahun itu datang sebagai pelatih Kosta Rika dengan prestasi mentereng, bersama klubnya Alajuelense, ia berhasil mengoleksi lima gelar di liga domestik.

Karier kepelatihannya dimulai pada tahun 2009, ia mengambil kendali kursi pelatih di Santos de Guapiles. Kurang dari setahun kemudian, ia menjadi pelatih kepala Alajuelense, di mana ia memenangkan berbagai gelar hingga ia keluar pada tahun 2012.

2. Ramirez pernah bawa Kosta Rika melaju ke babak 16 Piala Dunia 1990

Ramirez Kembali Terjungkal di Tangan Selecaoticotimes.net

Sebelum menjadi pelatih, Ramirez merupakan yang cukup disegani di negaranya. Ia punya prestasi cukup baik sebagai seorang pemain. Bersama timnas Kosta Rika ia mampu meraih 75 caps selama medio 1985-1997 dan berhasil mencetak enam gol. Bahkan, ia terlibat di semua pertandingan dan mampu membawa Kosta Rika melaju ke putaran kedua Piala Dunia FIFA 1990.

Di level klub, pemain yang berposisi sebagai pemain tengah itu pun punya rekor yang bagus. Ia mampu memenangkan total delapan gelar liga domestik bersama klubnya Alajuelense dan Saprissa.

3. Mimpi Ramirez yang tak terwujud

Ramirez Kembali Terjungkal di Tangan Selecaoxinhuanet.com

Hanya saja, mimpi Ramirez melampaui prestasinya sebagai pemain tak bisa terwujud. Prestasinya sebagai pelatih klub masih belum bisa membuatnya mampu menangani Kosta Rika ke level tertinggi. Ia harus mengubur mimpinya lantaran Kosta Rika dipastikan tersingkir usai mengalami dua kekalahan di babak penyisihan.

Posisi Ramirez pun terancam digusur akibat hasil minor ini. Pastinya, Federación Costarricense de Fútbol (FEDEFUTBOL) sebagai federasi akan melakukan evaluasi kepada Gomez terkait gugurnya Kosta Rika di Piala Dunia kali ini.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya