4 Tim Play Off Eropa yang Bisa Lolos ke Fase Gugur di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Ini baru from zero to hero!

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 berakhir. Sebanyak 16 tim sudah memastikan satu tempat untuk bertarung memperebutkan tiket ke fase perempat final.

Delapan tim dari masing-masing grup lolos dengan status juara grup, diantaranya Uruguay, Spanyol, Prancis, Kroasia, Brasil, Swedia, Belgia, dan Kolombia. Sedangkan, posisi runerup diraih Jepang, Inggris, Meksiko, Swiss, Argentina, Denmark, Portugal, dan Rusia.

Uniknya, Dari 16 tim diatas ada empat tim yang statusnya lolos ke PD Rusia melalui babak play off kualifikasi zona Eropa. Padahal mayoritas tim yang lansung lolos dari babak kualifikasi justru malah gugur.

Siapa sajakah mereka? Berikut tim-tim yang melangkah ke fase gugur yang sebelumnya harus melalui babak play off untuk lolos ke Piala Dunia 2018:

1. Kroasia

4 Tim Play Off Eropa yang Bisa Lolos ke Fase Gugur di Piala Dunia 2018fifa.com

Kroasia mampu lolos ke babak 16 besar dengan sangat mulus. Luka Modric dkk. mampu mengalahkan unggulan juara Argentina, Islandia, dan Nigeria. Padahal sebelumnya mereka harus susah payah untuk masuk melangkah ke Rusia.

Tim besutan Zlatko Dalic ini berhasil meraih poin sempurna dengan membukukan tujuh gol dan hanya sekali kemasukan. Mereka lolos dengan status menjadi juara grup. Di babak knockout, tim yang dijuluki Vatreni ini akan berhadapan dengan Denmark.

2. Swedia

4 Tim Play Off Eropa yang Bisa Lolos ke Fase Gugur di Piala Dunia 2018fifa.com

Swedia menghadapi hal serupa dengan Kroasia. Mereka harus terlebih dahulu melewati fase play off untuk memastikan satu tiket di PD 2018 sebelum akhirnya lolos ke babak 16 besar.

Tim yang dijuluki Blagult ini semakin menasbihkan diri sebagai pembunuh tim-tim raksasa.

Mereka bisa membuat juara tiga PD 2014, Belanda gagal ke Rusia, menaklukkan Italia di babak play off, dan terakhir membuat Jerman pulang lebih cepat.

3. Denmark

4 Tim Play Off Eropa yang Bisa Lolos ke Fase Gugur di Piala Dunia 2018fifa.com

Denmark dianggap meragukan sebelum memulai aksinya di PD 2018. Sebab, mereka tak mampu meraih tiket ke Rusia secara langsung. Mereka harus terlebih dahulu melewati babak play off.

Beruntung The Dynmite mampu menumbangkan Republik Irlandia 5-1 di laga itu.

Kasper Schmeichel dan kolega berhasil lolos setelah mampu menang dua kali, masing-masing saat melawan Korea Selatan (1-0) dan Meksiko (3-0).

Tim yan dinahkodai Åge Hareide ini hanya mengalami satu kekalahan dari juara bertahan Jerman (1-0).

4. Swiss

4 Tim Play Off Eropa yang Bisa Lolos ke Fase Gugur di Piala Dunia 2018fifa.com

Walaupun memiliki reputasi sebagai tim yang susah dikalahkan di PD 2018, tak ada yang tahu kalau Swiss harus bersusah payah dulu untuk merebut satu jatah lolos ke Rusia. Beruntung La Nati mampu merebut jatah itu dari Irlandia Utara.

Kini, Swiss masih akan berusaha untuk menjaga statusnya sebagai tim paling alot di babak 16 besar. Enam pemain andalan mereka, yakni Stephan Lichtsteiner, Fabian Schaer, dan Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, Valon Behrami, dan Ricardo Rodriguez akan menjadi batu karang untuk menahan ganasnya tim pembunuh raksasa, Swedia.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya