Barito Kalah Dramatis, RD: Gol Telat Persija Menyakitkan

RD tetap apresiasi pemainnya

Bekasi, IDN Times - Barito Putera mengakui keganasan Persija dalam laga lanjutan Liga 1 2022/23. Sempat unggul lebih dulu dalam duel yang dihelat di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (22/2/2023), mereka harus kalah melalui gol di menit akhir. 

Barito sempat unggul melalui Gustavo Tocantins (32'), sebelum akhirnya Persija menyamakan kedudukan lewat Riko Simanjuntak (34'). Namun, saat laga hampir dipastikan bakal usai dengan skor imbang, Hansamu Yama sukses memastikan kemenangan tuan rumah usai tandukannya menggetarkan jala Barito menit 90+8

Gol yang diciptakan Persija membuat Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, merasakan sakit hati. Sebab, gol sundulan dari Hansamu Yama pada detik akhir membuat Barito gagal merebut satu poin.

"Kita kecurian satu gol yang pasti menyakitkan. Tapi itu sepak bola, kita tidak pernah bisa tau," kata Rahmad Darmawan di Stadion Patriot, Rabu (22/2/2023).

1. RD beryukur tidak ada pemain Barito Putera yang cedera

Barito Kalah Dramatis, RD: Gol Telat Persija MenyakitkanPelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan. (IDN Times/Imam Faishal)

Meski begitu, pelatih yang akrab disapa Coach RD ini, bersyukur karena seluruh pemainnya yang mentas dalam laga ini tidak ada yang mengalami cidera.

"Alhamdulilah kita bisa menyelesaikan pertandingan tanpa ada pemain yang cedera hari ini, selamat untuk Persija tiga poinnya hari ini," kata eks pelatih RANS Nusantara ini.

Baca Juga: Persija Sikat Barito Putera, Hansamu Jadi Pahlawan

2. Barito sempat mengontrol jalannya pertandingan

Barito Kalah Dramatis, RD: Gol Telat Persija MenyakitkanPesepak bola Barito Putera Renan Alves (tiga kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Persita pada pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (24/12/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.

RD juga mengatakan, anak asuhannya dapat mengontrol pertandingan ini. Para pemain bisa meredam taktik yang olahan Thomas Doll sehingga pemainnya dapat mendominasi jalannya pertandingan.

"Secara keseluruhan sebenarnya kita mampu meredam beberapa cara main mereka (Persija), walaupun ada beberapa peluang tapi kita mampu, sampai akhirnya kita bisa membuat gol," katanya.

Dia juga menyebut, setelah melakukan pergantian pada babak kedua, Barito Putra sempat kehilangan ritmenya. Alhasil, hal itu dapat dimanfaatkan skuad Macan Kemayoran.

"Babak kedua kita mulai melakukan penggantian pemain, mencoba mengatasi kesulitan di lini tengah, (namun) mulai Persija menangkan dan cukup ada perlawanan," ujarnya.

3. RD tetap berikan apresiasi pemainnya

Barito Kalah Dramatis, RD: Gol Telat Persija MenyakitkanPesepak bola Barito Putera Rafael Silva (tengah) mencoba melewati hadangan pesepak bola Persita Agustin Cattaneo (kiri) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (24/12/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.

Meski menelan kekalahan, RD tetap memberikan apresiasi kepada seluruh pemainnya karena telah mengikuti semua arahannya.

Dia berharap, kekalahan saat melawan Persija tidak akan mengganggu pertandingan selanjutnya.

"Saya harap anak-anak bisa bangkit, dari drop mental mereka saat ini yaa, karena segitu hebat melakukan perlawanan," ujar dia mengharapkannya.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya