Harapan Rahmad Darmawan Buat Erick Thohir di PSSI

Wasit jadi sorotan RD

Bekasi, IDN Times - Erick Thohir akhirnya resmi menjadi Ketua Umum PSSI setelah mengalahkan La Nyalla Mattalitti dalam Kongres Luar Biasa PSSI pada Kamis (16/2/2023) lalu. Munculnya Erick sebagai Ketua Umum, tentu membuka harapan publik, kalau PSSI akan lebih baik.

Harapan serupa diungkapkan oleh pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan. Dia berharap Erick bisa memberikan terobosan baru terhadap sepak bola Indonesia.

"Pertama, selamat. Tentu, pengalaman pak Erick pada tim-tim yang kualitas dunia seperti Inter Milan, LA Galaxy, dan beberapa yang lain itu, bisa menjadi gambaran pendekatan yang ideal kepada sepak bola kita," katanya kepada wartawan di Stadion Patriot Bekasi, Jumat (17/2/2023).

1. Memperhatikan infrastruktur lapangan latihan

Harapan Rahmad Darmawan Buat Erick Thohir di PSSIpotret Rahmad Darmawan (instagram.com/maduraunited.fc)

RD (sapaannya_ berharap Erick dapat memperhatikan infrastruktur lapangan latihan. Menurutnya, lapangan latihan yang bagus baik untuk pembinaan pemain muda.

"Memperbanyak infrastruktur lapangan latihan. Terutama, bukan stadion yang megah tapi lapangan latihan untuk para pemain muda agar bisa berkembang lagi," jelasnya.

Membangun lapangan, menurut RD, juga bisa bermanfaat buat masyarakat sekitar. Sebab, dengan lapangan tersebut, masyarakat juga bisa lebih dekat dengan sepak bola

Baca Juga: Hari Pertama Erick Thohir Pimpin PSSI Dinodai Bentrok di Semarang

2. Berharap kepastian kompetisi

Harapan Rahmad Darmawan Buat Erick Thohir di PSSILogo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

RD juga berharap adanya kepastian kompetisi, terutama Liga 2 dan Liga 3 yang saat ini terhenti bisa kembali digulirkan. Bahkan tingkat Elite Pro Academy (EPA) PSSI harus dihidupkan.

"Pasti (berharap Liga 1 dan 2 berjalan), semua kompetisi sepatutnya berjalan. Karena marwah dari federasi untuk menggelar semua kompetisi mulai tertinggi hingga paling rendah, yakni EPA harus berjalan," katanya.

3. Perbaiki kualitas wasit

Harapan Rahmad Darmawan Buat Erick Thohir di PSSIIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Dia juga berharap, PSSI di tangan Erick bisa memperbaiki kualitas wasit Indonesia. Menurut RD, kualitas setiap wasit dapat berubah setiap memimpin pertandingan.

"Saya rasa banyak yang bagus. Kadang-kadang, bagus dalam memimpin pertandingan hari ini, tapi besoknya drop," ujarnya.

Dia juga menginginkan, PSSI bisa menggunakan video assistant referee (VAR) dalam semua kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Iya pasti (inginkan VAR), saya sudah dari empat tahun yang lalu ketika pertama kali keluar itu menjadi penting untuk edukasi perwasitan di Indonesia, tapi juga penonton," ujar RD.

Baca Juga: Erick Thohir Singgung Kanjuruhan Usai Bentrok Suporter di Semarang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya