5 Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs Uruguay

#WorldCup2018 Bakal sengit nih pertandingannya!

Timnas Portugal akan menghadapi Uruguay dalam babak 16 besar Piala Dunia 2018, Minggu (1/6) dini hari WIB di Fisht Stadium, Sochi. Uruguay tampil mengesankan pada babak penyisihan lalu dengan mengoleksi poin sempurna dan tanpa sekalipun mengalami kebobolan. Sementara Portugal menempati posisi runner up Grup B dengan hasil satu kali menang dan dua kali imbang.

Laga kedua tim diprediksi bakal berjalan menarik karena Uruguay memiliki lini bertahan yang solid melawan Portugal yang mempunyai lini depan yang tajam. Berikut beberapa fakta menarik jelang laga tim bertabur bintang ini.

1. Uruguay tim dengan lini pertahanan terkuat 

5 Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs UruguayFIFA

Uruguay menjadi tim dengan lini pertahanan terbaik sejauh ini karena tak pernah kebobolan dalam tiga pertandingan awal babak penyisihan. Jika kembali tak kebobolan, maka Uruguay akan menyamai rekor Brasil pada 1986 yang tak pernah kebobolan dalam empat laga Piala Dunia.

2. Pertemuan ketiga antara Portugal dan Uruguay

5 Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs UruguayLatestly.com

Pertandingan kali ini adalah pertemuan pertama antara Uruguay dan Portugal di ajang Piala Dunia. Sementara dua pertandingan sebelumnya terjadi pada laga persahabatan. Pertandingan pertama terjadi pada 1966 lalu, dengan hasil Portugal menang 3-0. Sementara pertemuan keduanya terjadi pada 1972 dengan hasil imbang 1-1.

3. Uruguay selalu cetak gol dari set pieces

5 Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs UruguayFIFA

Lini serang Uruguay dimotori oleh dua penyerang papan atas, Luis Suarez dan Edinson Cavani. Duet penyerang tersebut merupakan ancaman yang nyata bagi Portugal. Kombinasi keduanya telah mencatatkan tiga gol bagi Uruguay (Cavani satu gol dan Suarez dua gol).

Selama babak penyisihan, Uruguay telah mencatatkan lima gol dan semuanya berasal dari bola mati. Maka, Portugal harus mengurangi pelanggaran-pelanggaran di dekat kotak penaltinya jika tidak ingin bola bersaarang di gawangnya.

4. Tendangan jarak jauh Portugal berbahaya

5 Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs Uruguaydaylistar.co.uk

Dalam tiga laga babak penyisihan grup, Portugal telah menciptakan lima gol. Dari lima gol tersebut, tiga gol di antaranya tercipta dari luar kotak penalti. Sumber gol utama dari Portugal adalah Cristiano Ronaldo yang menyumbangkan empat gol.

Sialnya, Ronaldo tidak pernah menciptakan gol saat memasuki fase gugur. Tujuh gol yang ia ciptakan sejauh ini terjadi pada babak penyisihan grup. Maka pertandingan kali ini Portugal harus bermain lebih kolektif dengab tidak hanya mengandalkan Ronaldo.

5. Pertemuan dua manajer sarat pengalaman

5 Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs UruguayTheathletic.com

Pertandingan antara Portugal dan Uruguay juga menjadi pertemuan dua pelatih sarat pengalaman. Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez telah memimpin La Celeste di empat turnamen Piala Dunia yang berbeda. Capaian terbaiknya adalah mengantar anak asuhnya mencapai babak semifinal pada 2010 silam.

Sementara pelatih Portugal, Fernando Santos telah memimpin anak asuhnya di empat turnamen besar. Dalam empat turnamen tersebut, Portugal selalu lolos ke fase gugur, yakni perempay final Piala Eropa 2012, 16 besar Piala Dunia 2014, final Piala Eropa 2016, dan babak 16 besar pada Piala Dunia kali ini. Capaian terbaiknya adalah mengantar Portugal juara Piala Eropa 2016 lalu.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya