Argentina Dibantai Kroasia Tiga Gol Tanpa Balas

#WorldCup2018 Messi seperti kehilangan taringnya

Nizhny Novgorod, IDN Times - Argentina secara mengejutkan menelan kekalahan di laga kedua babak penyisihan Grup D, Jumat (21/6). Bermain di stadion Nizhny Novgorod, ‎La Albiceleste takhluk dengan skor 0-3 dari Kroasia. Hasil tersebut membuat peluang Argentina lolos ke babak 16 besar semakin tipis.

Kemenangan tersebut membuat Kroasia memimpin grup dengan poin sempurna dan berhak lolos ke babak 16 besar.

1. Jalannya pertandingan

Argentina Dibantai Kroasia Tiga Gol Tanpa BalasFIFA

Laga berjalan empat menit, Kroasia mengancam pertahanan Argentina lewat aksi Ivan Perisic. Namun, tendangannya masih bisa ditepis penjaga gawang Argentina, Wilfredo Caballero.

Menit ke-21 Argentina hampir saja memecah kebuntuan. Sayang, tendangan spekulasi Maxmiliano Meza dari sisi kiri pertahanan Kroasia hanya membentur tiang gawang.

Delapan menit berselang, buruknya koordinasi lini bertahan Kroasia hampir saja berbuah gol bagi Argentina. Namun, sambaran Enzo Perez di dalam kotak penalti masih menyamping dari gawang Kroasia. Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Argentina langsung meningkatkan serangannya. Sementara Kroasia mengandalkan serangan balik cepat dan berbahaya. Argentina justru tertinggal terlebih dahulu setelah Caballero membuat blunder pada menit ke-53. Tendangannya mengenai pemain depan Kroasia, Ante Rebic. Tanpa ampun, Rebic menghujamkan tendangan keras dan merobek gawang Argentina, 1-0 Koriasia memimpin. 

Tertinggal satu gol membuat Argentina bermain lebih menyerang. Sang pelatih memasukan Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala untuk menambah daya gedornya. Memasuki menit ke-63 Messi hampir menyamakan kedudukan andai tendangannya tak ditepis Subasic.

Secara mengejutkan Kroasia justru mampu menambah koleksi golnya pada menit ke-81. Vatreni unggul lewat sepakan Luka Modric dari luar kotak penalti.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Argentina justru kembali kebobolan. Kali ini lewat aksi Rakitic memanfaatkan serangan balik cepat. Skor 3-0 untuk kemenangan Kroasia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

2. Laga berjalan keras

Argentina Dibantai Kroasia Tiga Gol Tanpa BalasFIFA

Partai antara Argentina melawan Kroasia berjalan dengan intensitas tinggi menjurus keras. Bahkan dalam laga tersebut pemain kedua kesebelasan memeragakan pelanggaran-pelanggaran kasar.

Tercatat Argentina melakukan 14 pelanggaran dan Kroasia sebanyak 22 pelanggaran . Di laga tersebut, wasit mengeluarkan enam kartu kuning, tiga untuk Argentina dan tiga untuk Kroasia.

Sementara dalam hal penguasaan bola, Argentina unggul dengan 58 persen berbanding 42 milik Kroasia . Namun, Kroasia lebih efektif dengan melepaskan 11 tembakan dan lima mengarah ke gawang, dua di antaranya berbuah gol. Argentina sendiri melepas enam tembakan dan hanya tiga yang mengarah ke gawang.

3. Messi kembali puasa gol

Argentina Dibantai Kroasia Tiga Gol Tanpa BalasFIFA

Telah diprediksi sebelumnya, Messi mendapat perhatian khusus dari para pemain belakang Kroasia. Ia selalu dikawal setidaknya dua hingga tiga pemain Kroasia. Tak ayal, tak banyak peluang yang bisa diciptkan Messi dalam laga kali ini. Hingga akhir laga Messi tak mampu mencatatkan namanya di papan skor.

4. Susunan pemain

Argentina Dibantai Kroasia Tiga Gol Tanpa BalasFIFA

Dalam laga tersebut, Argentina dibawa pelatih Sampaoli menggunakan formasi 353. Sementara Kroasia sama seperti pertandingan sebelumnya dengan formasi terbaiknya 4231.

Berikut susunan Pemain kedua tim:

Argentina (353): Caballero, Mercado, Otamendi, Tagliafico, Salvio, Mascherano, Perez, Messi, Kun Aguero, Meza

Kroasia (4231): Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic, Rakitic, Brozovic, Modric, Rebic, Mandzukic, Perisic

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya