6 Catatan Menarik Setelah Rusia Singkirkan Spanyol

#WorldCup2018 Pecahkan rekor-rekor baru

Tuan rumah Rusia secara mengejutkan mampu menyingkirkan Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia, Minggu (1/7/2018) malam. Rusia mampu memulangkan Spanyol lewat babak adu penalti dengan skor 3-4. Dalam dua kali 45 menit, kedua tim bermain imbang 1-1. Skor tersebut berlanjut saat kedua tim bermain di dua kali 15 menit waktu tambahan, sehingga harus dilanjutkan di babak adu penalti.

Berikut catatan-catatan menarik tentang laga kedua kesebelasan.

1. Dua kali gol bunuh diri Rusia

6 Catatan Menarik Setelah Rusia Singkirkan SpanyolFIFA

Rusia menjadi tim pertama sejak 1966 yang melakukan dua gol bunuh diri dalam turnamen Piala Dunia. Sebelumnya, tim yang pernah bunuh diri lebih dari satu gol adalah Bulgaria.

Gol bunuh diri pertama Rusia tercipta saat kalah 0-3 dari Uruguay yang dilakukan oleh Denis Cheryshev pada menit ke-23. Pemain kedua yang melakukannya adalah Sergei Ignashevich di babak pertama melawan Spanyol. 

2. Sejarah pertama Rusia

6 Catatan Menarik Setelah Rusia Singkirkan SpanyolFIFA

Sejak sejarah digelarnya Piala Dunia, baru pada tahun ini Rusia mampu mencapai babak perempatfinal. Rusia telah mengikuti tiga edisi Piala Dunia sebelumnya, yakni 1994, 2002, dan 2014. Untuk diketahui, pada tahun 1930 hingga 1990, Rusia masih sebagai Uni Soviet.

3. Akinfeev jadi man of the match

6 Catatan Menarik Setelah Rusia Singkirkan SpanyolFIFA

Tampil luar biasa sepanjang laga membuat Igor Akinfeev terpilih menjadi pemain terbaik. Kiper berusia 32 tahun ini melakukan beberapa penyelamatan gemilang. Whoscored mencatat, Akinfeev teah mencatatkan sembilan penyelamatan gemilang dalam waktu 120 menit pertandingan. Selain itu, ia juga mampu menggagalkan penalti dari Iago Aspas dan Koke di babak adu penalti.

4. Tuan rumah selalu menang di babak adu penalti

6 Catatan Menarik Setelah Rusia Singkirkan SpanyolFIFA

Catatan Opta, tuan rumah Piala Dunia tidak pernah kalah di babak adu penalti. Prancis melakukannya pada 1998, Korea Selatan 2002, Jerman 2006, dan Brasil 2014, dan yang terbaru adalah Rusia yang mengalahkan Spanyol lewat babak adu penalti. Di babak perempat final Rusia akan berhadapan dengan pemenang laga antara Kroasia dan Denmark.

5. Tim-tim besar tumbang

6 Catatan Menarik Setelah Rusia Singkirkan SpanyolFIFA

Spanyol menjadi tim unggulan terbaru yang tersingkir dari Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Rusia di babak adu penalti. Sebelumnya, tim-tim besar juga sudah pulang terlebih dahulu, seperti Jerman, Argentina, dan Portugal.

6. Rusia menjadi tim pertama yang menggunakan 4 pergantian pemain

6 Catatan Menarik Setelah Rusia Singkirkan SpanyolSquawka

Dalam sejarah Piala Dunia, Rusia menjadi tim pertama yang melakukan empat pergantian pemain. Rusia melakukannya pada menit ke-97 saat Alexandr Erokhin menggantikan Daler Kuzyaev. Seperti diketahui, dalam peraturan FIFA terbaru, sebuah kesebelasan boleh melakukan empat pergantian pemain jika pertandingan dilanjutkan di babak perpanjangan waktu.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya