Bakal Menarik Nih, Inilah Keunggulan 4 Semi Finalis Piala Dunia

#WorldCup2018 Terbaik dari yang terbaik

Tak terasa Piala Dunia 2018 telah mencapai babak semi final. Empat negara yang akan bertarung di babak ini adalah Inggris kontra Kroasia, dan Belgia melawan Prancis. Laga-laga tersebut dijamin bakal berjalan menarik dan penuh kejutan.

Hal tersebut karena setiap tim memiliki keunggulan masing-masing. Berikut keunggulan empat tim peserta semi final Piala Dunia 2018.

1. Belgia jadi tim tersubur

Bakal Menarik Nih, Inilah Keunggulan 4 Semi Finalis Piala DuniaFIFA

Dari keempat semi finalis, Belgia menjadi tim yang paling subur. Dari lima pertandingan yang dilakoninya, tim berjuluk Setan Merah ini telah menciptakan 14 gol. Pemain yang menjadi sumber gol utama Belgia adalah Romelu Lukaku dengan empat gol, dan Eden Hazard yang mengoleksi dua gol.

Fakta menarik lainnya adalah delapan gol sisanya diciptakan oleh delapan pemain berbeda. Hal ini menandakan bahwa Belgia tidak hanya mengandalkan satu atau dua pemain saja. Mereka terbukti bermain lebih kolektif.

Sayangnya, kesuburan Belgia tidak diimbangi oleh barisan belakang mereka. Hazard dan kolega sejauh ini telah kebobolan lima gol dari lima pertandingan. Artinya, dalam setiap laga mereka selalu mengalami kebobolan.

Kelemahan dalam bertahan ini harus benar-benar diperbaiki jika ingin mengalahkan Prancis dan sampai ke final.

2. Prancis paling sedikit kebobolan

Bakal Menarik Nih, Inilah Keunggulan 4 Semi Finalis Piala Duniachinadailyhk.com

Dalam babak semi final ini Prancis boleh sedikit berbangga diri. Pasalnya, Les Blues menjadi semi finalis yang paling sedikit mengalami kebobolan. Hal tersebut menandakan mereka memiliki pertahanan yang solid dan sulit ditembus.

Dikutip dari Soccerway, dalam lima laga sebelumnya, Prancis hanya kebobolan empat gol. Gol terbanyak yang bersarang di gawang Prancis adalah saat menang 4-3 dari Argentina. Andalan Prancis di lini belakang adalah Samuel Umtiti dan Raphael Varane.

Tak hanya itu, Prancis ternyata menjadi tim yang clean sheet atau tidak kebobolan dalam satu pertandingan paling banyak. Sejauh ini, mereka mencatatkan tiga kali clean sheet. Catatan tersebut lebih baik dari Belgia dan Kroasia yang masing-masing clean sheet dua kali.

Adapun Inggris baru mencatatkan satu kali clean sheet saat mengalahkan Swedia dengan skor 2-0.

3. Inggris jago bola-bola mati

Bakal Menarik Nih, Inilah Keunggulan 4 Semi Finalis Piala Dunia@optajoe

Satu keunggulan yang membuat Inggris bisa sampai ke babak semi final adalah pemanfaatan bola mati. Anak asuh Gareth Southgate ini menjadi tim yang paling jago di antara para semi finalis dalam hal memanfaatkan bola mati. Tercatat, delapan gol dari 11 gol yang dicetak oleh Harry Kane dan kolega berasal dari situasi bola mati.

Tak hanya itu, dikutip dari Squawka Football, Inggris menjadi tim terbanyak di Piala Dunia yang menciptakan gol melalui sundulan. Total, lima gol tercipta dari sundulan empan pemain Inggris yang berbeda. Keempat pemain tersebut adalah Harry Kane, John Stones, Dele Ally, dan Harry Maguire.

Tak salah, jika Inggris sangat difavoritkan untuk menjuarai Piala Dunia kali ini. Mereka sangat berbahaya saat melakukan penyerangan. Bahkan, ujung tombak mereka, Harry Kane menjadi top scorer sementara dengan torehan enam gol.

4. Lini tengah Kroasia tangguh

Bakal Menarik Nih, Inilah Keunggulan 4 Semi Finalis Piala DuniaDailyhunt.in

Tak perlu diragukan lini tengah Kroasia adalah yang terbaik di Piala Dunia kali ini. Tulang punggung Vatreni di lini tengah adalah duo sarat pengalaman, Ivan Rakitic dan Luka Modric. Keduanya mampu bekerja sangat baik saat bertarung dan menciptakan peluang dari lini tengah.

Kombinasi keduanya telah menciptakan tiga gol dan dua assist sejauh ini. Selain itu, masih ada nama Ivan Perisic, Mateo Kovacic, dan Marcelo Brosovic. Ketiga pemain tersebut juga bermain sama baiknya di lini tengah Kroasia.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya