Comscore Tracker

Hadapi Persebaya, Persela Tanpa Diperkuat 4 Pemain Andalannya

Persela tampil pincang di derby Jatim

Laga bertajuk derby Jawa Timur akan tersaji di Gelora Bung Tomo yang mempertemukan Persebaya kontra Persela dalam lanjutan pekan ke-19 Liga 1 Indonesia, Minggu (5/8/2018) sore. Laga tersebut diprediksi berjalan sengit mengingat kedua tim sama-sama menargetkan poin sempurna.

Persela membutuhkan poin penuh untuk merangsek ke papan atas klasemen. Saat ini, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut posisi ke-8 dengan raihan 27 poin, berjarak dua poin dari posisi ketiga PSM Makassar.

Sementara Persebaya membutuhkan kemenangan untuk mengangkat mental pemainnya yang sebelumnya mengalami kekalahan tiga kali secara beruntun.

1. Persela tidak diperkuat empat pemain andalannya

Hadapi Persebaya, Persela Tanpa Diperkuat 4 Pemain Andalannyaperselafootball.com

Dalam lawatannya ke Surabaya, Persela dipastikan tidak akan diperkuat empat pemain andalannya. Mereka adalah Loris Arnaud, Diego Assis, Fahmi Al Ayyubi, dan Saddil Ramdhani. Dengan absennya para pemain tersebut tentu membuat kekuatan Persela pincang.

Fahmi menepi karena masih mengalami cedera hamstring dan engkel saat Persela mengalahkan Persipura dengan skor 3-2 pada pekan lalu. Sementara Arnaud dan Assis harus absen karena masih menjalani hukuman larangan bermain. Adapun Saddil harus bergabung dengan Timnas Indonesia untuk persiapan ajang Asian Games 2018 nanti.

"Fahmi mengalami hamstring dan engkel sehingga tak bisa diturunkan melawan Persebaya. Arnaud harus menerima akumulasi kartu kuning," ungkap Aji Santoso dikutip dari laman resmi klub, perselafootball.com.

Seperti diketahui, para pemain ini merupakan tulang punggung permainan Persela pada putaran pertama lalu. Arnaud merupakan ujung tombak yang menjadi andalan Persela untuk menciptakan gol. Sejauh ini penyerang asal Prancis tersebut telah menyumbang sembilan gol. Sedangkan Fahmi dan Saddil merupakan andalan Persela di sektor sayap. Sementara, Assis merupakan tulang punggung Persela di lini tengah.

2. Andalkan tiga rekrutan anyar

Hadapi Persebaya, Persela Tanpa Diperkuat 4 Pemain Andalannyaperselafootball.com

Pada bursa transfer putaran kedua ini, Persela telah mendatangkan tiga pemain anyar, yakni Dendy Sulistyawan, Gian Zola dan Ahmet Atayev. Ketiga pemain tersebut diharapkan tampil apik dan mampu menggantikan peran pemain Persela yang absen dalam laga nanti. 

"Dendy harus kami maksimalkan karena tak ada pilihan lain. Mudah-mudahan dapat poin dengan memaksimalkan pemain yang ada," lanjut Aji.

Meski baru bergabung di putaran kedua, Dendy membuktikan dirinya sebagai penyerang haus gol. Penyerang berusia 21 tahun tersebut sebelumnya tampil tajam dengan mencatatkan trigol saat Persela menang 3-2 atas tamunya, Persipura.

Maka, meski tak diperkuat ujung tombang andalannya, Persela diprediksi mampu merepotkan pertahanan Persebaya.

3. Persebaya ganti pelatih usai alami tiga kekalahan beruntun

Hadapi Persebaya, Persela Tanpa Diperkuat 4 Pemain AndalannyaPersebaya.id

Menghadapi Persela di depan ribuan pendukungnya tentu menjadi ujian mental bagi Persebaya. Mereka diwajibkan untuk memenangkan pertandingan untuk mengangkat mental tanding para pemainnya.

Pasalnya, dalam tiga laga sebelumnya, tim berjuluk Bajol Ijo ini tampil buruk karena mengalami tiga kekalahan beruntun. Mereka kalah 0-1 dari PSIS Semrang, tumbang 3-4 dari Persib Bandung, dan digulung Perseru Serui dengan skor 1-3. 

Tak hanya itu, Persebaya juga sedang dihinggapi masalah terkait mundurnya pelatih Angel Alfredo Vera. Pelatih yang membawa Persebaya ke Liga 1 tersebut mundur setelah timnya mengalami rentetan hasil minor dalam tiga laga sebelumnya. Manajemen Persebaya sendiri telah menunjuk Bejo Sugiantoro sebagai pelatih sementara untuk dua pertandingan berikutnya.

Dalam laga nanti, Bejo tentu mengemban beban berat. Ia dibebani untuk mengangkat mental pemainnya dan harus memenangkan pertandingan di hadapan Bonek, julukan pendukung Persebaya.

Di papan klasemen, Persebaya saat ini menempati posisi ke-14 dengan raihan 22 poin. Menang menjadi kewajiban mengingat mereka hanya berjarak dua poin dari zona degradasi.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya