Rangkuman Singkat Perjalanan Prancis Menuju Final Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Makin dekat dengan gelar juara dunia keduanya

Timnas Prancis sudah memastikan diri di partai final Piala Dunia 2018 setelah menumbangkan Belgia 1-0, dini hari tadi (11/7/2018). Samuel Umtiti menjadi pahlawan kemenangan Les Bleus melalui gol tunggalnya di menit ke-51. Tinggal selangkah lagi anak asuh Didier Deschamps ini bakal merengkuh trofi Piala Dunia keduanya. 

Di babak final, Prancis akan menghadapi pemenang duel antara Inggris dan Kroasia. Berikut perjalanan singkat Prancis hingga mencapai babak final Piala Dunia 2018.

1. Perkasa di babak kualifikasi zona Eropa

Rangkuman Singkat Perjalanan Prancis Menuju Final Piala Dunia 2018FIFA

Di babak kualifikasi zona Eropa, Prancis tergabung di Grup A bersama Swedia, Belanda, Bulgaria, Luksemburg, dan Belarusia. Di babak ini, Hugo Lloris dan kolega tampil perkasa dengan mengoleksi 23 poin hasil dari tujuh menang, dua imbang, dan hanya sekali menelan kekalahan. Satu-satunya kekalahan Prancis adalah saat ditumbangkan Swedia 1-2.

Di akhir kualifikasi, Prancis memuncaki klasemen dan lolos secara langsung ke Rusia. Di babak ini, mereka menyingkirkan tim kuat Belanda yang hanya menempati posisi ketiga.

2. Mulus di fase grup

Rangkuman Singkat Perjalanan Prancis Menuju Final Piala Dunia 2018FIFA

Pada Piala Dunia kali ini, Prancis bergabung di Grup C yang relatif mudah. Mereka tergabung bersama Denmark, Peru, dan Australia. Hasilnya, sudah bisa ditebak bahwa Prancis dengan mudah melewati fase ini dan lolos ke babak selanjutnya.

Dalam tiga pertandingan, Prancis menang dua kali dan hanya imbang sekali. Kemenangan diraih saat menumbangkan Australia 2-1, menang tipis 1-0 atas Peru, dan imbang 0-0 melawan Denmark.

3. Sempurna di fase gugur

Rangkuman Singkat Perjalanan Prancis Menuju Final Piala Dunia 2018FIFA

Di fase inilah, kekuatan Prancis mulai diuji. Mereka mulai bertemu tim-tim yang lebih tangguh dan selevel. Argentina, Uruguay, dan Belgia menjadi lawan di fase gugur ini.

Di babak 16 besar, mereka harus bertemu wakil Amerika Selatan, Argentina yang menjadi runner up Grup D. Bermodal pemain-pemain terbaiknya, Prancis sedikit kesulitan menghadapi Tim Tango yang diperkuat Lionel Messi. Beruntung, mereka mampu menyudahi perlawanan Argentina dengan skor 4-3.

Kylian Mbappe menjadi pahlawan kemenangan Prancis melalui dua gol yang diciptakannya. Sementara, dua gol lainnya disumbangkan oleh Antoine Griezmann dan Benjamin Pavard. Sedangkan, gol Argentina diciptakan Angel di Maria, Gabriel Mercado, dan Sergio Aguero.

Di babak perempat final, Prancis lagi-lagi bertemu wakil Amerika Selatan lainnya, Uruguay. Di laga ini, lini depan Prancis benar-benar mendapat ujian. Pasalnya, Uruguay menjadi tim dengan pertahanan terbaik di ajang kali. Mereka hanya kebobolan dua gol di laga sebelumnya.

Prancis membuktikan kualitasnya saat mampu menembus pertahanan La Celseste dengan skor 2-0 lewat Raphael Varane dan Griezmann.

4. Singkirkan generasi emas Belgia di semifinal

Rangkuman Singkat Perjalanan Prancis Menuju Final Piala Dunia 2018FIFA

Di babak semi final, Prancis menghadapi Belgia yang menjadi tim tersubur di Piala Dunia kali ini. Kini, barisan lini pertahanan yang mendapatkan ujian. Di laga ini lagi-lagi Prancis menunjukkan kualitasnya. Mereka tak hanya tajam di depan, namun juga kuat di belakang. 

Dalam 90 menit pertandingan, Belgia seperti kesulitan menembus pertahanan Prancis yang dikomandoi Varane dan Samuel Umtiti. Prancis berhasil mengalahkan Belgia melalui sundulan Varane yang memanfaatkan tendangan pojok Griezmann.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya