Roma Jadi Klub Paling Aktif di Bursa Transfer Selama Piala Dunia

#Worldcup2018 Era baru AS Roma

Piala Dunia 2018 telah berjalan tiga pekan. Banyak kejutan terjadi, dari tumbangnya tim-tim unggulan hingga munculnya bintang-bintang baru masa depan. Maka, tak heran jika banyak penikmat sepak bola hanya fokus menyaksikan ajang sepak bola terbesar di dunia ini dan tak memperhatikan berita dari klub kesayangannya.

Untuk diketahui, berbarengan dengan Piala Dunia ini ternyata bursa transfer pemain juga sudah dibuka. Dan kabar terbaru dari bursa transfer ini, AS Roma menjadi klub yang paling menarik untuk diperhatikan. Pasalnya, klub asal ibu kota Italia ini sangat aktif membeli pemain-pemain baru. Total, mereka telah mendatangkan 11 pemain baru di bursa transfer musim panas ini.

 1. Roma sudah datangkan 11 pemain

Roma Jadi Klub Paling Aktif di Bursa Transfer Selama Piala Dunia@ASRomaEN

AS Roma menjadi klub yang paling aktif di bursa tansfer musim panas ini. Klub berjuluk I Giallorossi ini total membeli 11 pemain baru. Yang terbaru adalah datangnya Daniel Fuzato, kiper 21 tahun dari klub Brasil, Palmeiras.

Sementara 10 pemain yang datang sebelumnya adalah Antonio Mirante (Bologna), Ivan Marcano (FC Porto), William Bianda (RC Lens), Davide Santon (Inter Milan), Javier Pastore (Paris Saint-Germain), Ante Coric (Dinabo Zagreb), Nicolo Zaniolo (Inter Milan), Justin Kluivert (Ajax Amterdam), Patrick Schick (Sampdoria), dan Gregoire Defrel (Sassuolo). Untuk dua nama terakhir, mereka dibeli permanen setelah sebelumnya dipinjam selama satu musim.

Sedangkan untuk pemain yang keluar adalah Marco Tumminello (Atalanta), Radja Nainggolan (Inter Milan), Lukasz Skorupski (Bologna), Bruno Peres (Sao Paulo).

2. Investasi Roma pada pemain muda

Roma Jadi Klub Paling Aktif di Bursa Transfer Selama Piala Dunia@ASRomaEN

Direktur olahraga Roma saat ini dijabat oleh Ramon Rodriguez Verejo alias Monchi. Monchi sendiri bersama Sevilla sebelumnya dikenal ahli dalam menemukan bakat-bakat baru dan mengembangkan pemain dari akademi klub. Dani Alves, Grzegorz Krychowiak, Sergio Ramos, Jesus Navas, Jose Antonio Reyes, Adriano, Federico Fazio, serta Ivan Rakitic adalah bintang-bintang dunia yang berhasil ia temukan. Mereka biasanya dibeli dengan harga murah dan dijual dengan harga setinggi-setingginya.

Kehadiran Monchi juga nampaknya mempengaruhi kebijakan transfer Roma. Kini, mereka lebih gemar mendatangkan pemain-pemain muda ketimbang membeli pemain bintang dengan harga tinggi. Dari 11 pemain yang datang, praktis hanya Schick dan Pastore yang terbilang mahal. Kedua pemain ini ditebus dengan harga 35 juta euro atau sekitar Rp 580 miliar. 

Sedangkan investasi pada pemain muda didapat pada diri Kluivert, Coric, Zaniolo, dan Fuzato. Keempat pemain tersebut usianya masih di bawah 21 tahun. Harapannya, di masa mendatang para pemain ini menjadi bintang kelas dunia.

3. Pertaruhan besar Roma

Roma Jadi Klub Paling Aktif di Bursa Transfer Selama Piala DuniaASRoma.com

Dengan banyaknya pemain yang datang, maka Roma harus menjual beberapa pemainnya. Sejauh ini mereka telah kehilangan Radja Nainggolan yang hengkang ke Inter Milan. Dengan demikian, di musim depan Roma dibebani tugas untuk menemukan formasi terbaiknya. Seperti diketahui, menyatukan pemain lama dan baru bukan pekerjaan yang mudah. Jika ini tak segera ditemukan, bukan tak mungkin puasa juara Roma bakal semakin lama.

Selain itu, belum adanya nama bintang yang didatangkan bakal membuat Roma kesulitan di musim depan. Pemain bintang ini sangat berguna untuk mengangkat moral tim atau menjadi pemecah kebuntuan di sebuah pertandingan. Bahkan hingga saat ini, Roma belum menemukan pengganti yang sepadan untuk Mohamed Salah yang pindah ke Liverpool musim lalu.

Bandingkan dengan Juventus yang terus memperbaiki dan memperdalam skuatnya. Terbaru, Si Nyonya Tua telah resmi mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Mattia Perin. Padahal, mereka masih memiliki pemain yang berposisi sama dan bermain sama baiknya.

Imam Rosidin Photo Verified Writer Imam Rosidin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya