Arsenal vs Burnley: The Gunners Kembali ke Jalur Kemenangan

Pierre-Emerick Aubameyang jadi aktor protagonis di laga ini

Jakarta, IDN Times - Arsenal menjamu Burnley di laga kandang terakhir di tahun 2018 pada lanjutan pekan ke-18 Premier League 2018/2019. Menjelang laga ini, skuat asuhan Unai Emery dalam tren tak baik setelah kalah dua kali beruntun usai unbeaten selama 22 laga.

Setelah kalah dari Southampton di pekan ke-17, Arsenal dipermalukan oleh Tottenham Hotspur pada babak perempat-final Piala Carabao. Bermain di kandang sendiri, mereka kalah 0-2 dan tersingkir. Modal buruk itu yang dibawa jelang menjamu Burnley, tim papan bawah yang terkenal alot asuhan Sean Dyche.

1. Arsenal memulai laga dengan baik dan unggul lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang

Arsenal vs Burnley: The Gunners Kembali ke Jalur KemenanganTwitter/@Arsenal

Tak seperti biasanya, kini Arsenal memulai laga dengan intensitas tinggi dan menekan serta menyerang dengan baik. Di menit ke-2 misalnya, mereka sudah menekan lewat sepakan Ainsley Maitland-Niles yang masih bisa ditepis oleh Joe Hart.

Namun di menit ke-14, The Gunners akhirnya benar-benar membuka skor. Proses build-up yang enak diakhiri dengan sontekan Aubameyang yang memperdaya Hart. Mesut Oezil menjadi protagonis di proses gol ini ketika umpannya ke Sead Kolasinac membius pertahanan Burnley dan berujung kepada gol pembuka yang dicetak Aubameyang.

2. Arsenal unggul di jeda babak pertama untuk pertama kali musim ini di Premier League

Arsenal vs Burnley: The Gunners Kembali ke Jalur KemenanganTwitter/@Arsenal

Ya, walau sempat unbeaten di 14 laga Premier League, nyatanya, Arsenal tak pernah memimpin skor pada jeda babak pertama. Tapi kali ini, Oezil dan kolega sukses mengakhiri babak pertama dengan keunggulan satu gol untuk pertama kalinya musim ini di Premier League 2018/2019.

3. Aubameyang cetak gol kedua di menit ke-48

Arsenal vs Burnley: The Gunners Kembali ke Jalur KemenanganTwitter/@Eurosport_UK

Memasuki babak kedua, Arsenal langsung memulai dengan tancap gas. Lewat skema serangan balik yang rapi, The Gunners sukses menambah keunggulan menjadi 2-0. Serangan balik dimulai ketika Mohamed Elneny merebut bola, lalu diteruskan ke Matteo Guendouzi.

Gelandang muda asal Prancis itu mengirim umpan ke jalur lari Kolasinac, sebelum akhirnya bek asal Bosnia & Herzegovina itu meneruskan bola ke Alexandre Lacazette. Melihat Aubameyang tak terkawal di sisi kanan pertahanan Burnley, Lacazette meneruskan ke rekannya asal Gabon tersebut dan dieksekusi Aubameyang dengan manis untuk bawa Arsenal unggul dua gol.

4. Burnley curi satu gol lewat Ashley Barnes

Arsenal vs Burnley: The Gunners Kembali ke Jalur KemenanganTwitter/@OptaJoe

Di menit ke-63, Burnley mendapat berkah dari keberanian mereka menaikkan intensitas serangan. Bola umpan lambung yang masuk ke kotak penalti Arsenal, gagal dibuang dengan baik oleh pemain The Gunners. Bola liar kemudian bergulir kepada Barnes yang tak terkawal di sisi kanan gawang Bernd Leno. Tanpa kesulitan berarti, Barnes membobol gawang Leno dan bawa Burnley perkecil ketinggalan menjadi 2-1.

5. Arsenal kunci kemenangan dengan skor akhir 3-1

Arsenal vs Burnley: The Gunners Kembali ke Jalur KemenanganTwitter/@Arsenal

Tertekan di sisa 25 menit babak kedua, Arsenal mengubah peruntungan di saat-saat terakhir laga. Masuknya Alex Iwobi memberi dimensi berbeda, utamanya di kecepatan, ketika bek-bek Burnley sudah kelelahan. Puncaknya, di menit ke-90+1, pemain asal Nigeria itu mencetak gol ketiga Arsenal.

Gol ini mengunci skor akhir di angka 3-1 dan membuat Arsenal menyamai poin Chelsea yakni 37 poin. Namun, The Blues masih berhak untuk posisi 4 karena unggul selisih gol dan baru akan jalani laga kontra Leicester City ketika berita ini ditulis.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya