Berapa Lama Waktu Penyembuhan Cedera Patah Kaki Bagus Kahfi?

Di usia masih muda, patah tulang biasanya lebih mudah sembuh

Jakarta, IDN Times - Dikonfirmasi oleh tim pelatih Garuda Select, striker muda potensial Indonesia, Bagus Kahfi, dipastikan mengakhiri petualangannya di sisa program Garuda Select angkatan kedua ini.

Cedera patah pergelangan kaki yang dialaminya di laga kontra Reading U-18 pada Selasa (3/3) malam lalu, mengharuskan Bagus untuk operasi dan jalani proses rehabilitasi untuk memulihkan cederanya selama beberapa bulan ke depan.

Kira-kira, berapa lama top skor Garuda Select ini akan absen dari lapangan hijau?

1. Estimasi waktu absen 4-6 bulan, namun bisa lebih cepat

Berapa Lama Waktu Penyembuhan Cedera Patah Kaki Bagus Kahfi?Penyerang Garuda Select, Bagus Kahfi. Dok. Mola TV

Normalnya, dilansir dari Halodoc, pemulihan cedera yang melibatkan kasus patah tulang dan sejenisnya butuh waktu sembuh sekitar 4-6 bulan, tergantung dari keberhasilan sewaktu operasi dan masa penyembuhannya.

Namun, penyembuhan cedera patah tulang juga bisa lebih cepat bagi pemain muda, karena faktor usia. Biasanya, proses pemulihan cedera patah tulang bisa lebih cepat bagi anak usia muda atau masih dalam masa pertumbuhan dibanding kepada mereka yang berusia 25 tahun ke atas atau usia lanjut.

Mengingat Bagus Kahfi masih berusia 18 tahun dan tak punya riwayat cedera patah kaki serius sebelumnya, penyerang kelahiran Magelang itu seharusnya bisa pulih lebih cepat dari 6 bulan.

Baca Juga: Cedera hingga Dilarikan ke Rumah Sakit, Kondisi Bagus Kahfi Dipantau

2. Berkaca dari cedera Andre Gomes, ada peluang Bagus Kahfi bisa pulih lagi dalam 100 hari

Berapa Lama Waktu Penyembuhan Cedera Patah Kaki Bagus Kahfi?Bolatimes.com

Meski cederanya tak serupa, namun cedera patah kaki yang dialami Andre Gomes, pemain milik Everton, bisa jadi patokan untuk proses penyembuhan Bagus Kahfi.

Gomes menderita cedera patah kaki pada bulan November 2019, kala Everton bertemu Tottenham Hotspur. Jalani operasi dan pemulihan berkala selama 112 hari, gelandang asal Portugal itu sudah kembali bermain membela Everton pada akhir Februari lalu, lho!

Hal yang sama bisa terjadi pula pada proses pemulihan Bagus Kahfi, mengingat kabar yang disebutkan Dennis Wise, Direktur Teknik Garuda Select, bahwa penyerang berambut kribo itu akan ditangani dokter Timnas Inggris selama proses penyembuhan cederanya.

3. Bagus Kahfi bisa kembali dilibatkan di Garuda Select angkatan tiga?

Berapa Lama Waktu Penyembuhan Cedera Patah Kaki Bagus Kahfi?Bagus Kahfi beraksi bersama Garuda Select di laga lawan QPR. Dok. Mola TV

Bila skenario di atas berjalan baik, apalagi jika operasi Bagus Kahfi berlangsung mulus, pemain yang identik dengan nomor punggung 20 ini bisa kembali ke lapangan hijau pada bulan Mei atau Juni mendatang.

Berkaca juga dari pengalaman Andre Oktaviansyah yang alami cedera di Garuda Select angkatan pertama dan kembali dipanggil pada angkatan kedua ini, ada juga peluang Bagus akan dipanggil lagi untuk terlibat di program Garuda Select angkatan ketiga yang kabarnya akan mulai berlangsung lagi pada bulan Oktober mendatang.

Apalagi, Bagus Kahfi adalah top skor Garuda Select saat ini dengan koleksi 16 gol. Keterlibatannya di program ini pada angkatan ketiga nanti juga dipastikan akan semakin memperbesar peluangnya merumput di Eropa.

Baca Juga: Patah Pergelangan Kaki, Bagus Kahfi Ditangani Dokter Timnas Inggris

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya