Fabiano Beltrame: Pertengahan April 2019, Saya Sudah Dinaturalisasi

Fabiano baru bergabung ke Persib pada Maret 2019 ini

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang bagi Persib Bandung setelah mereka memastikan perekrutan bek asing asal Brasil, Fabiano Beltrame. Mantan kapten Madura United itu kini sudah bergabung bersama tim dan tengah menjalani pemusatan latihan Persib di Batam. Kabar baik lain terkait Beltrame sendiri berkaitan dengan proses naturalisasi sang bek veteran tersebut.

Beltrame sendiri kini sudah berlatih bersama Persib dan sudah bertemu dengan rekan-rekan satu timnya.

"Ya, saya ketemu teman-teman di Persib, mereka terima saya baik. Saya yakin saya cepat adaptasi karena saya yakin mereka bantu saya," ujar Fabiano dalam rilis berita tertulis yang diterima IDN Times.

Terkait pemusatan latihan di Batam, Fabiano sendiri mengaku ia cukup kelelahan tapi sudah melakukan persiapan. "Ya, saya pikir bagus pemusatan di sini (Batam), meski pun pasti capek, ya. Tapi itu perlu buat persiapan tim, bagus juga karena saya bisa lebih dekat sama anak-anak. Lebih cepat juga buat saya agar bisa adaptasi," lanjut Fabiano.

1. Pertengahan April, Fabiano akan jadi WNI

Fabiano Beltrame: Pertengahan April 2019, Saya Sudah DinaturalisasiPersib.co.id

Terkait proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia (WNI), mantan bek Persija ini mengaku semua sudah akan kelar. Ia juga menyebutkan bahwa dalam pertengahan bulan April, semua proses perpindahan kewarganegaraannya akan kelar.

"Ya sekarang lagi di Setneg (Sekretariat Negara), tinggal ke Presiden kalau gak salah, nanti beliau yang tanda tangan dan saya datang untuk sumpah. Sedikit lagi, mungkin 10 hari atau maksimal pertengahan April 2019 nanti saya sudah WNI," ujar Fabiano.

"Di liga nanti, mungkin saya sudah WNI. Tadi Pak Teddy (Teddy Tjahyono, Direktur PT. Persib) sudah bicara sama mereka dan mereka sudah memberikan kepastian prosesnya. Makanya, Persib meminta saya bergabung untuk adaptasi dengan teman-teman," lanjut Fabiano.

Baca Juga: [BREAKING] Persib Bandung Resmikan Kedatangan Fabiano Beltrame

2. Fabiano sudah berkarier selama 15 tahun di Indonesia

Fabiano Beltrame: Pertengahan April 2019, Saya Sudah DinaturalisasiTwitter/@Persib

Terkait keputusannya mengajukan diri untuk proses menjadi WNI, mantan pemain Persela Lamongan ini menyebutkan karena anak-anaknya sudah betah di Indonesia. Selain itu, Fabiano juga sudah puluhan tahun berkarier di Liga Indonesia.

"Saya per 15 Juni nanti sudah 14 tahun di Indonesia. Anak saya sudah datang ke Indonesia sejak umur 6 bulan, sekarang sudah umur 15 tahun. Mereka betah dan mau tinggal di sini. Indonesia negara yang ramah, mau terima orang asing yang baik. Kita lebih aman tinggal di sini daripada di Brasil," jelas Fabiano lagi.

3. Pelatih Persib puji Fabiano

Fabiano Beltrame: Pertengahan April 2019, Saya Sudah DinaturalisasiIDN Times/Galih Persiana

Di sisi lain, pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic, memuji kualitas pemain asingnnya yang sebentar lagi menjadi WNI tersebut. Menurutnya, bek berusia 36 tahun ini akan menawarkan kepemimpinan di lini belakang Maung Bandung yang banyak dihuni bek-bek muda seperti Henhen Herdiana dan Indra Mustafa.

"Saya sudah tahu Fabiano dari waktu saya main. Dia pemain yang berkualitas, dia punya kualitas untuk jadi leader di belakang dan leader untuk pemain muda. Bagus kalau pemain muda belajar dari pemain yang berpengalaman. Ini bagus untuk kombinasi. Setiap tim kalau bagus kombinasinya, berarti itu tim yg bagus," puji Radovic kepada Fabiano.

Baca Juga: Fabiano: Persija Inginkan Saya, Tapi Saya Sudah Janji akan ke Persib

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya