5 Finalis Golden Boy 2018 tanpa Kylian Mbappe

Kylian Mbappe adalah peraih Golden Boy Award tahun 2017.

Jakarta, IDN Times - Pengumuman 5 finalis Golden Boy 2018 menuai kejutan besar. Juara bertahan tahun lalu, yang juga masuk nominasi tahun ini, Kylian Mbappe, tidak masuk dalam jajaran lima besar.

Ini menjadi kejutan besar mengingat eks pemain AS Monaco ini sukses antarkan Prancis menjadi juara dunia di Piala Dunia 2018 Rusia. Di turnamen itu, ia juga sukses cetak 4 gol. Musim ini pula, dirinya tengah memimpin daftar top skor Ligue 1 dengan koleksi 11 gol dari 13 laga bersama Paris Saint-Germain.

Walau tanpa Mbappe sekali pun, 5 finalis Golden Boy 2018 masih dihuni nama-nama pemain muda berkualitas.

1. Trent Alexander-Arnold

5 Finalis Golden Boy 2018 tanpa Kylian MbappeTwitter @trentaa98

Baca Juga: 9 Pemain yang Pernah Raih Status Golden Boy dan Kini Jadi Pemain Top

Sejak debut di tim utama Liverpool pada 2017 lalu, Trent Alexander-Arnold langsung melesat menjadi buah bibir. Ia awalnya seorang gelandang tengah. Cederanya Nathaniel Clyne dan Joe Gomez membuat Juergen Klopp mengubahnya menjadi bek kanan.

Di posisi itu, pemuda berusia 20 tahun itu justru temukan konsistensi. Ia masuk skuat Gareth Southgate untuk Piala Dunia 2018 dan bermain satu kali di turnamen prestisius tersebut. Selain itu, ia baru cetak gol perdana bersama skuat The Three Lions di laga persahabatan melawan Amerika Serikat, (16/11). Ini yang buat dirinya layak masuk 5 finalis Golden Boy 2018.

2. Vinicius Junior

5 Finalis Golden Boy 2018 tanpa Kylian MbappeTwitter @vini11Oficial

Namanya mulai mencuri perhatian saat didatangkan Real Madrid dengan banderol 45 juta euro dari Flamengo. Di hari ia resmi dibeli Madrid, ia bahkan belum berusia 18 tahun. Awal musim panas, pemain berposisi sebagai winger ini rutin dimainkan bersama tim Castilla.

Naiknya Solari mengubah peruntungan Vinicius. Ia cetak satu gol di kemenangan 2-0 Real Madrid atas Valladolid. Dari total 3 kali bermain di tim utama Los Blancos, ia sudah sumbang 1 gol. Walau begitu, dibanding Vinicius, nama Kylian Mbappe tampaknya jauh lebih superior secara capaian tim dan individual.

3. Matthijs de Ligt

5 Finalis Golden Boy 2018 tanpa Kylian MbappeTwitter @AFCAjax

Ini dia bek muda modern yang akan jadi calon bek mahal dunia. Usianya baru 19 tahun dan menurut situs Transfermarkt, Matthijs de Ligt sudah dibanderol di angka 45 juta paun. Sejak debut di timnas senior Belanda pada Maret 2017, ia kini jadi andalan di jantung pertahanan De Oranje bersama sang kapten, Virgil van Dijk, dan baru saja bawa Belanda lolos ke semifinal UEFA Nations League A. Namanya sangat layak masuk di 5 finalis Golden Boy 2018

4. Patrick Cutrone

5 Finalis Golden Boy 2018 tanpa Kylian MbappeTwitter @acmilan

Sedikit mengejutkan melihat Patrick Cutrone masuk di 5 finalis Golden Boy 2018. Musim ini, pamornya menurun karena menit bermain yang terpangkas imbas kedatangan Gonzalo Higuain dari Juventus. Namun, ia masih sanggup cetak 2 gol di Serie A. Ini yang sedikit mengherankan kenapa ia lebih terdepan dibanding Kylian Mbappe.

Sinar terang Cutrone sejatinya di musim lalu. Dari 46 laga di semua kompetisi bersama AC Milan, penyerang berusia 20 tahun ini gelontorkan 18 gol dan ukir 6 asis. Itu juga membuatnya mendapat debut timnas senior Italia pada Maret 2018 lalu.

5. Justin Kluivert

5 Finalis Golden Boy 2018 tanpa Kylian MbappeTwitter @ASRomaEN

Justin Kluivert sedikit bernasib seperti Patrick Cutrone di daftar Golden Boy 2018 ini. Musim ini adalah debutnya di Serie A bersama AS Roma. Sempat debut dan mencetak 1 asis di laga pembuka Serie A kontra Torino, selebihnya, sang pemain cukup sering duduk di bangku cadangan. Dari 12 pekan, ia 'hanya' bermain 7 kali dengan menit bermain mencapai angka 280 menit saja.

Tapi musim lalu, anak Patrick Kluivert ini memang bersinar terang bersama Ajax Amsterdam. Dari 30 laga di Eredivisie, ia gelontorkan 10 gol dan ukir 5 asis. Ia juga sudah debut di timnas senior Belanda pada Maret 2018. Sejauh ini, ia baru punya 2 caps.

Baca Juga: 10 Potret Kylian Mbappé Bintang Muda Harapan Timnas Prancis

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya