Comscore Tracker

Juventus Ungkap Detail Transfer Arthur Melo, Klaim Untung Rp670 Miliar

Bagaimana detail biaya transfer Arthur Melo-Miralem Pjanic?

Jakarta, IDN Times - Upaya Juventus mendatangkan Arthur Melo akhirnya membuahkan hasil pada Senin (29/6) waktu Indonesia. Menggelontorkan dana sebesar 72 juta euro (dengan estimasi penambahan 10 juta euro berikut klausul bonusnya), Si Nyonya Tua mendapatkan servis gelandang kelahiran Brasil berusia 23 tahun tersebut.

Mengutip dari dokumen yang dirilis Juventus dan dipublikasikan oleh jurnalis The Athletic, James Horncastle, Juventus menjabarkan detail biaya transfer Arthur Melo sekaligus membeberkan keuntungan ekonomi yang didapatkan Bianconeri dari keputusan melepas Miralem Pjanic ke Barcelona.

1. Juventus akan membayar 72 juta euro kepada Barcelona selama 4 tahun

Juventus Ungkap Detail Transfer Arthur Melo, Klaim Untung Rp670 Miliartottenhamhotspur-mad.co.uk

Untuk transfer Arthur Melo ke Turin, Juventus menyebutkan bahwa mereka membayar total 72 juta euro dengan klausul bonus 10 juta euro. Dalam detailnya, Juventus membayar 72 juta tersebut dengan skema cicilan selama 4 tahun. Lalu, 10 juta euro adalah bonus yang nantinya akan dibayarkan kepada Barcelona, mengacu pada keadaan-keadaan selama Arthur nanti membela Si Nyonya Tua.

Sayangnya, detail klausul bonus 10 juta euro itu tak dijelaskan secara gamblang oleh Juventus ke publik. Bila mengacu kepada beberapa detail transaksi, klausul bonus itu bisa berbentuk macam-macam mulai dari jumlah penampilan, performa pemain bersama klub barunya, hingga nominal yang harus dibayarkan klub pembeli kepada klub penjual jika sang pemain menjuarai sesuatu bersama klub barunya.

Baca Juga: Juventus Sepakati Transfer Rp1,2 Triliun untuk Boyong Arthur Melo!

2. Juventus klaim dapat keuntungan 41,8 juta euro atau setara Rp670 miliar dari transfer Pjanic ke Barcelona

Juventus Ungkap Detail Transfer Arthur Melo, Klaim Untung Rp670 Miliartwitter.com/Miralem_Pjanic

Khusus untuk transfer Miralem Pjanic sendiri, skema yang sama juga dipakai oleh Barcelona. Kepada Juventus, Blaugrana membayarkan total 60 juta euro untuk eks gelandang AS Roma ini. Pun sama seperti Si Nyonya Tua, Barcelona juga mencicil total 60 juta euro itu selama 4 tahun.

Bedanya adalah, Barcelona menyepakati klausul bonus tambahan 5 juta euro kepada Juventus, berbeda dengan Juventus yang menyematkan angka 10 juta euro untuk bonus transfer Arthur Melo.

Namun uniknya, di bagian kedua dokumen transfer yang dirilis Juventus, klub rival Torino itu mengeluarkan pernyataan bahwa dari transfer tukar guling ini, pihaknya mendapatkan keuntungan senilai 41,8 juta euro atau sekitar Rp670 miliar. Sayangnya, pihak Juventus tak merinci dengan pasti dari mana angka sebesar ini didapatkan dan kemudian disebut sebagai keuntungan dari bisnis dengan Barcelona.

3. Arthur Melo dan Miralem Pjanic resmi bertukar klub

Juventus Ungkap Detail Transfer Arthur Melo, Klaim Untung Rp670 Miliarbesoccer.com

Sama-sama dikonfirmasi oleh kedua klub, baik Arthur Melo dan Miralem Pjanic sama-sama menyelesaikan proses transfer kedua pemain pada Senin (29/6) malam. Keduanya lolos tes medis di hari yang sama dan menandatangani kontrak di hari yang sama pula.

Arthur akan segera bergabung bersama Juventus tepat ketika LaLiga musim 2019/2020 berakhir dan sebaliknya, Pjanic juga akan melakukan hal serupa tepat ketika Arthur sudah diperkenalkan sebagai pemain baru Juventus.

Baca Juga: [BREAKING] Barcelona dan Juventus Resmikan Transfer Arthur Melo-Miralem Pjanic

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya