Liverpool vs FC Porto: Mampukah Si Naga Hentikan Si Merah?

Porto miliki rekor inferior menghadapi The Reds

Jakarta, IDN Times - Liverpool akan memulai laga perempat final di Liga Champions 2018/2019 dengan menjamu juara tahun 2003/2004, FC Porto. Wakil Portugal ini akan bertandang lebih dahulu ke Anfield, markas Liverpool, pada Rabu (10/4) dini hari nanti.

Bagaimana peluang Liverpool dan Porto dalam laga kali ini?

1. Liverpool superior atas Porto

Liverpool vs FC Porto: Mampukah Si Naga Hentikan Si Merah?Instagram.com/liverpoolfc

Bertemu di Liverpool di babak perempat final ini memang dianggap banyak pihak melapangkan jalan The Reds menuju semifinal. Opini tersebut tentu bukan tanpa alasan. Dari enam pertemuan Liverpool melawan Porto, Jordan Henderson dan kolega tidak pernah terkalahkan dengan catatan 3 kemenangan dan 3 hasil imbang.

Baca Juga: Jelang Hadapi Porto di Liga Champions, Klopp: Liverpool Sedang Onfire!

2. Musim lalu, Porto disingkirkan Liverpool di babak 16 besar

Liverpool vs FC Porto: Mampukah Si Naga Hentikan Si Merah?ojogo.pt

Kedua klub ini memang cukup familiar di ajang Liga Champions. Selain memegang status sebagai sama-sama mantan juara, keduanya juga sudah bertemu musim lalu di fase 16 besar. Kala itu, Liverpool menghancurkan Iker Casillas dan kolega dengan agregat skor 5-0. Bertandang ke Portugal, Liverpool menang 0-5, sebelum berbagi hasil imbang 0-0 di leg kedua.

3. Liverpool wajib waspada terhadap Moussa Marega

Liverpool vs FC Porto: Mampukah Si Naga Hentikan Si Merah?Twitter/@GClubista

Nama penyerang asal Mali, Moussa Marega, patut jadi ancaman serius bagi Virgil van Dijk dan kolega yang mengawal lini belakang. Di Liga Champions musim ini, dari 7 kali bermain, Marega sudah sukses cetak 6 gol sejauh ini. Superioritas fisik Marega memang memberikan ancaman nyata bagi lawan Porto.

Fisiknya kekar dan kokoh, sangat sulit untuk dilawan dalam duel satu lawan satu. Belum lagi, ia ditopang oleh para winger lincah seperti Otavio Edmilson dan Yacine Brahimi. Juga jangan lupa tandem sehati Marega, Francisco "Tiquinho" Soares, yang jadi andalan Porto dalam skema dua penyerang.

4. Liverpool tampil tanpa Andrew Robertson

Liverpool vs FC Porto: Mampukah Si Naga Hentikan Si Merah?www.liverpoolfc.com

Kapten timnas Skotlandia yang juga merupakan bek kiri andalan Liverpool, Andrew Robertson, harus absen di laga ini. Ketiadaan Robertson memang dikhawatirkan mengurangi agresivitas dan kesolidan di sisi sebelah kiri The Reds. Hal ini yang patut diwaspadai Liverpool karena Porto punya Otavio, yang biasa meneror sisi kiri pertahanan lawan.

Di kubu sebelah, The Dragons sendiri tanpa tiga pilar utama mereka. Vincent Aboubakar, Pepe, dan Hector Herrera dipastikan absen di laga dini hari nanti. Walau begitu, Porto punya pemain pengganti yang tak kalah berkualitas untuk mengganti ketiganya seperti Danilo dan Marega.

Baca Juga: 4 Alasan Liverpool Unggul dari Porto di Perempat Final Liga Champions

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya