Comscore Tracker

Michael Obafemi, Pemupus Tiga Angka Manchester United

Obafemi mencetak gol di menit akhir untuk curi satu poin

Jakarta, IDN Times - Nama penyerang muda Southampton, Michael Obafemi, mencuri perhatian di laga lawan Manchester United, Selasa (14/7/2020) dini hari tadi. Berlaga di markas lawan, Obafemi yang turun di 6 menit terakhir laga justru sukses mencetak gol penting.

Masuk di menit ke-87 menggantikan Oriol Romeu, Obafemi sukses memanfaatkan skema sepak pojok untuk menyamakan skor 2-2 di menit ke-96. Gol itu juga yang memupus ambisi Setan Merah boyong 3 poin dan kini masih tertahan di peringkat kelima klasemen sementara.

Lalu, siapakah Michael Obafemi ini? Usut punya usut, pemuda berusia 20 tahun ini ternyata punya rekam jejak yang unik, lho!

https://www.youtube.com/embed/CFmNArEwiwA

1. Sempat cicipi akademi Chelsea dan Arsenal, sebelum diboyong Southampton dari Leyton Orient

Michael Obafemi, Pemupus Tiga Angka Manchester UnitedMichael Obafemi saat berlaga bersama Southampton. Twitter/@SFC_Foundation

Sebelum diboyong Southampton, Michael Obafemi sempat mencicipi berbagai pengalaman di akademi klub-klub seperti Chelsea dan Arsenal, sebelum dirinya berakhir bersama Leyton Orient. Dan di sinilah, bakatnya terendus oleh Southampton.

Soton kemudian memboyong sang bocah ke St. Mary pada 2016 dan kemudian mempromosikan Obafemi ke tim utama pada usia 19 tahun, di awal musim 2018/2019 lalu.

Mencicipi 6 laga di tim utama selama musim itu, di musim 2019/2020, menit bermain sang striker muda makin meningkat. Musim ini ia sudah main 18 kali dengan 6 kali di antaranya turun sebagai starting eleven. Obafemi juga sudah mencetak 3 gol di musim ini, dibanding musim lalu yang hanya 1 gol. Dan salah satu gol yang ia cetak adalah gol dini hari tadi ke gawang David de Gea, di Old Trafford.

Baca Juga: Jelang Manchester United Vs Southampton Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

2. Keturunan Nigeria dan kini membela Timnas Republik Irlandia

Michael Obafemi, Pemupus Tiga Angka Manchester UnitedMichael Obafemi sudah catatkan 1 cap bersama Timnas Republik Irlandia. Twitter/@michaelobafemi_

Lahir di Dublin, Irlandia, dari orangtua asli Nigeria, membuat latar belakang Michael Obafemi memang cukup unik. Namun, sejak usia belia, penyerang setinggi 170 sentimeter ini sudah membela Timnas U-19 Irlandia, sebelum akhirnya ia mencicipi debut di tim senior.

Panggilan bersejarah bagi Obafemi datang pada 19 November 2018. Dalam laga UEFA Nations League di kandang Denmark, Obafemi masuk di menit ke-80 untuk menggantikan Callum O'Dowda. Di laga yang berkesudahan 0-0 itu jadi satu-satunya penampilan Obafemi dan nampaknya panggilan selanjutnya tak akan lama melihat performanya musim ini bersama Southampton.

3. Mekar di musim ini, Obafemi bisa jadi tandem terbaik untuk Danny Ings

Michael Obafemi, Pemupus Tiga Angka Manchester UnitedMichael Obafemi usai mencetak gol penyama kedudukan di laga lawan Manchester United, Selasa (14/7/2020) dini hari tadi. Twitter/@michaelobafemi_

Di musim ini, Obafemi memang punya banyak kesempatan menunjukkan kemampuannya. Meski banyak turun dari bangku cadangan, ia masuk daftar 5 besar top skor timnya yang musim ini sangat bergantung pada ketajaman Danny Ings. Ings sendiri sudah mencetak 19 gol sejauh ini.

Fasih dimainkan sebagai penyerang sayap atau gelandang sayap, membuat Obafemi bisa jadi opsi untuk menambah daya dobrak Southampton yang sudah diisi Ings dan Nathan Redmond. Dengan usia masih muda dan pengalaman yang mulai matang, Michael Obafemi bisa jadi komoditi panas di tahun mendatang.

Baca Juga: Southampton Vs Manchester United Tanpa Pemenang

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya